Tips Menggunakan Media Sosial dengan Bijak dan Bermanfaat

blog_10

GAYA HIDUP

Jul 23 2024, 12.59

Di seluruh dunia, orang-orang secara aktif menggunakan platform media sosial, baik untuk membagikan beberapa bagian dari kehidupan mereka, mempromosikan bisnis mereka, atau secara diam-diam memata-matai perjalanan orang lain. 

Media sosial bisa sangat membantu untuk terhubung dengan individu lain, membangun jaringan dengan lancar, dan membangun komunitas. Namun, media sosial juga memiliki kecenderungan untuk menyebarkan emosi beracun seperti iri hati dan cemburu.

Menurut data dari Kepios, sebagaimana dilansir dari Morocco World News, alasan utama orang menggunakan media sosial adalah untuk terhubung dengan keluarga dan teman, sementara yang lain menggunakannya untuk membaca berita dan menemukan bentuk konten lainnya.

Sedangkan sebagian lainnya menggunakannya untuk mencari inspirasi belanja, menonton siaran langsung musik atau olahraga, dan membangun koneksi profesional.

Perangkap Media Sosial yang Harus Dihindari

Saat menggunakan aplikasi populer seperti Instagram atau Tiktok, orang-orang semakin sering membagikan rutinitas yang dikurasi dengan sempurna dan membanggakan gaya hidup mewah, yang menyoroti kesuksesan mereka, serta mengabaikan realitas tekanan hidup sehari-hari. Akibatnya, perilaku ini menggambarkan realitas yang salah, dan mempromosikan platform kebohongan yang tidak sehat. 

Banyak orang merasa perlu menggunakan media sosial untuk tetap terhubung dengan rekan-rekan mereka, dan mengikuti perkembangan minat atau berita umum. Sebuah makalah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Affairs menyoroti fokus pada rasa takut ketinggalan (FOMO) sebagai penentu utama dari hasil negatif tersebut.

Para penulis menyarankan pergeseran bagi pengguna media sosial dari FOMO menjadi "JOMO" (joy of missing out), serta praktik-praktik yang penuh kesadaran sebagai solusi untuk membantu konsumen menghindari scrolling tanpa berpikir.

Ketika menggunakan media sosial, mendapatkan perspektif yang sehat sangatlah penting dan diperlukan. Mengadopsi pola pikir kritis, dan memahami sepenuhnya bahwa feed hanyalah sebuah gulungan sorotan dari kehidupan seseorang akan membatasi beberapa emosi negatif yang dapat dipicu oleh aplikasi tersebut.

Menetapkan batas waktu yang tetap untuk melihat layar per hari juga dapat membantu, sehingga menghindari penundaan dan membuang-buang waktu di platform tersebut.

Cara Menggunakan Media Sosial untuk Mendapat Manfaat 

Dengan mengesampingkan kekurangannya, media sosial memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan jika pengguna menggunakannya dengan cara yang tepat. 

Media sosial dapat berfungsi sebagai saluran komunikasi, alat interaksi, dan platform kolaboratif dalam hal membangun jembatan antara guru dan murid, demikian menurut sebuah penelitian.

Pew Research Center mensurvei lebih dari 700 remaja, 80% di antaranya merasa bahwa platform media sosial sangat membantu mereka dalam berhubungan dengan teman. 

Sebagian besar responden juga melaporkan, bahwa media sosial menawarkan kepada mereka kemampuan untuk berinteraksi dengan kelompok orang yang lebih beragam, dan memberikan rasa aman serta dukungan selama masa-masa sulit. 

Media sosial juga dapat membantu pengguna menjangkau khalayak luas, yang bisa sangat membantu jika pengguna adalah seorang pengusaha yang bercita-cita tinggi. 

Jika pengguna memiliki ide bisnis yang sudah cukup lama terpikirkan, media sosial dapat membantu pengguna menemukan target audiens, melakukan riset, dan beriklan dengan lebih efektif. Media sosial memungkinkan pengguna untuk berbagi konten ke seluruh dunia dengan berbagai audiens, dan membangun koneksi dengan mereka.

Penting untuk mengadopsi perspektif yang sehat tentang konten media sosial, dan menggunakannya sebagai platform edukasi, di mana pengguna dapat menambah pengetahuan dan koneksi dengan cara yang produktif.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Di Eropa, Anak Usia 13 Tahun Sudah Boleh Menggunakan WhatsApp

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 13 2024, 13.18

WhatsApp dituding mengutamakan keuntungan pemegang saham dan mengesampingkan keselamatan anak-anak.


Generic placeholder image

Di Kota Ini, Anak-Anak Dilarang Punya Akun Medsos

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 07 2024, 11.49

Orang tua harus punya kesempatan yang cukup untuk terlibat dalam pengambilan keputusan tentang penggunaan media sosial anak-anak mereka.


Generic placeholder image

Delapan Cara agar Anda Bisa Sukses Istirahat dari Medsos

GAYA HIDUP

Jan 19 2024, 14.13

Istirahat dari media sosial bukan hal yang mudah tetapi juga bukan sesuatu yang sulit.


Generic placeholder image

Meta Perketat Konten Sensitif untuk Remaja di Instagram dan Facebook

TEKNOLOGI DIGITAL

Jan 10 2024, 13.49

Perusahaan yang dikelola Mark Zuckerberg itu mengatakan langkah-langkah yang diperkirakan akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.


Generic placeholder image

Kelly Clarkson Larang Anaknya Punya Akun Media Sosial

LAINNYA

Jan 07 2024, 07.40

Terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial dapat menyebabkan perundungan, depresi, dan kecemasan.


Copyright Katadata 2022