Kelly Clarkson Larang Anaknya Punya Akun Media Sosial

blog_10

LAINNYA

Jan 07 2024, 07.40

Musisi dan juga pembawa acara Kelly Clarkson tidak mengizinkan anak-anaknya memiliki media sosial. Ia berpendapat platform seperti X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), Facebook, Instagram, dan TikTok bisa sangat menyulitkan bagi anak-anak secara umum, terutama bagi anak-anak yang memiliki orang tua yang menjadi sorotan publik.

"Saya telah memberi tahu mereka bahwa mereka tidak boleh memiliki [media sosial] selama tinggal bersama saya,” kata Clarkson dikutip dari laman New York Times.

"Anak perempuan saya berkata, 'Bagaimana jika Ayah mengizinkan saya?' Saya berkata, 'Ya, kamu ada di sana empat hari dalam sebulan. Nikmatilah itu.' Dan saat ini dia juga tidak mengizinkan mereka melakukannya. Saya akan mendengarkan ketika mereka sudah lebih besar, tetapi sampai mereka memiliki argumen yang kuat, itu tidak boleh,” kata Clarkson.

Komentar Clarkson ini senada dengan apa yang disampaikan bintang film Jennifer Garner pada tahun lalu. Ia menjelaskan alasan menjauhkan anak-anaknya dari media sosial.

"Saya hanya berkata kepada anak-anak saya, 'Tunjukkan kepada saya artikel yang membuktikan bahwa media sosial baik untuk remaja, dan kemudian kita akan berdiskusi. Temukan bukti ilmiah yang sesuai dengan apa yang saya miliki yang mengatakan bahwa itu tidak baik untuk remaja, lalu kita akan mengobrol,” kata Garner dalam sebuah acara di Today Show.

Menurut Sensus Media Common Sense 2019, anak-anak berusia delapan hingga dua belas tahun menghabiskan hampir lima jam setiap hari di depan layar, sementara remaja online selama hampir tujuh setengah jam. 

Waktu yang dihabiskan anak-anak kita untuk online memiliki efek langsung pada kesehatan mental mereka. Terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial dapat menyebabkan perundungan, depresi, dan kecemasan. 

Menghabiskan lebih dari empat jam sehari untuk online secara signifikan meningkatkan risiko anak menjadi hiperaktif dan lalai, serta menurunkan perasaan harga diri. Media sosial dapat menjadi salah satu faktor utama yang memengaruhi kesehatan mental anak.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Tips Menggunakan Media Sosial dengan Bijak dan Bermanfaat

GAYA HIDUP

Jul 23 2024, 12.59

Alasan utama orang menggunakan media sosial adalah untuk terhubung dengan keluarga dan teman.


Generic placeholder image

Di Eropa, Anak Usia 13 Tahun Sudah Boleh Menggunakan WhatsApp

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 13 2024, 13.18

WhatsApp dituding mengutamakan keuntungan pemegang saham dan mengesampingkan keselamatan anak-anak.


Generic placeholder image

Di Kota Ini, Anak-Anak Dilarang Punya Akun Medsos

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 07 2024, 11.49

Orang tua harus punya kesempatan yang cukup untuk terlibat dalam pengambilan keputusan tentang penggunaan media sosial anak-anak mereka.


Generic placeholder image

Delapan Cara agar Anda Bisa Sukses Istirahat dari Medsos

GAYA HIDUP

Jan 19 2024, 14.13

Istirahat dari media sosial bukan hal yang mudah tetapi juga bukan sesuatu yang sulit.


Generic placeholder image

Meta Perketat Konten Sensitif untuk Remaja di Instagram dan Facebook

TEKNOLOGI DIGITAL

Jan 10 2024, 13.49

Perusahaan yang dikelola Mark Zuckerberg itu mengatakan langkah-langkah yang diperkirakan akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.


Copyright Katadata 2022