Tur Eras Tingkatkan Penjualan di Sekitar Lokasi Acara

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Feb 12 2024, 08.39

Taylor Swift meninggalkan jejak yang tak terhapuskan pada budaya pop melalui lagu dan tur-turnya. Penyanyi-songwriter, yang mencapai status miliarder tahun lalu ini adalah salah satu musisi terlaris sepanjang masa, dan masih kuat sampai saat ini.

Namun, di balik ketenaran dan segala kegiatannya itu, ternyata memberikan dampak terhadap ekonomi yang sangat tinggi. Bahkan, para ekonom di Mastercard Economics Institute menjuluki Taylor Swift sebagai "Swift Lift”.

Dilansir dari Fox Business, para ekonom di Mastercard Economics Institute mengatakan bahwa melalui Eras Tour saja, yang mencakup 151 pertunjukan di lima benua ini dapat menjaring keuntungan miliaran, karena memberikan dorongan keuangan yang signifikan ke restoran dan akomodasi. Seperti hotel di area sekitar stadion tempat dia tampil.

Bahkan, “Swift Lift” ini juga berdampak pada musim NFL. Hubungannya dengan Travis Kelce membuatnya semakin menjadi sorotan, karena ia mendapatkan sekitar 2,5 juta pengikut media sosial setelah hubungan mereka go public.

Hal tersebut juga terlihat dari meningkatnya penonton Kansas City Chiefs, karena Swift ditampilkan berkali-kali di kamera saat dia mendukung Kelce.

Untuk menghitung secara akurat "Swift Lift" ini, Mastercard Economics Institute memeriksa peningkatan penjualan dalam jarak 2,5 mil dari setiap stadion yang dia tampilkan di AS selama tahun 2023. Selain itu, juga mengukur pengeluaran dalam radius 10 mil.

Apa yang ditemukan adalah bahwa pengeluaran di restoran di sekitar stadion yang dia tampilkan melonjak rata-rata 68% per hari selama durasi turnya. Tempat makan di area yang lebih luas, radius 10 mil, melihat peningkatan 7%, hal ini menggarisbawahi bagaimana lonjakan sebagian besar karena penonton konser.

Pengeluaran di restoran selama dua hari selama tur di Kansas City, Missouri, juga misalnya, setara dengan hampir dua minggu pengeluaran pada "periode normal" di area yang sama. Restoran di kota melihat peningkatan penjualan lebih dari 170%.

Demikian pula, restoran di Santa Clara, California, dan Glendale, Arizona, melihat peningkatan penjualan masing-masing sebesar 172,2% dan 168,9%.

Untuk akomodasi, seperti hotel, pengeluaran dinaikkan rata-rata 47% di area terdekat stadion. Demikian pula, rata-rata naik sekitar 32% untuk radius 10-mile, mengingat beberapa penonton konser- akan mencari hotel lebih jauh dari tempat tersebut.

Foxborough, Massachusetts, melihat pertumbuhan terbesar dalam pengeluaran akomodasi, dengan penjualan melonjak lebih dari 100% selama hari-hari tur. Akomodasi di Cincinnati melihat kenaikan terbesar kedua sekitar 63,9%, menurut data.

"Jika pernah ada keraguan tentang kekuatan konsumen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, 'Swift Lift' dari AS. 'Eras Tour' menunjukkan bahwa mereka dapat melepaskannya," kata kepala ekonom Mastercard Michelle Meyer.

Maka dari itu, dampak Swift terhadap ekonomi AS telah dicatat dengan baik, bahkan Federal Reserve mempertimbangkan seberapa banyak dia membantu meningkatkan penjualan di seluruh negeri. Dan sekarang, dengan Eras Tour yang baru saja dilanjutkan di Asia dan segera pergi ke Eropa, bintang pop itu kemungkinan akan memiliki pengaruh ekonomi internasional.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Dampak Ekonomi Konser Taylor Swift, Jepang dan Singapura Raup Rp3,5 T hingga Rp7,5 T

EKONOMI & BISNIS

Mar 02 2024, 21.43

Untuk negara kecil seperti Singapura, menyelenggarakan acara-acara penting seperti konser musik adalah langkah strategis.


Generic placeholder image

Efek Taylor Swift, Tarif Hotel di Singapura Naik 30 Persen

LAINNYA

Feb 23 2024, 11.26

Konser Swift di Singapura dapat menghasilkan pendapatan yang mungkin melebihi nilai ekonomi dari konsernya di Australia.


Generic placeholder image

Nilai Ekonomi Taylor Swift Lebih Besar dari 50 Negara

EKONOMI & BISNIS

Feb 21 2024, 06.32

Konser Taylor Swift di Arizona menghasilkan uang lebih banyak dibandingkan Super Bowl 2024.


Generic placeholder image

Nonton Konser Taylor Swift di Kota Ini Bebas dari Calo Tiket

LAINNYA

Feb 17 2024, 06.25

Major Events Act 2009 mencegah penjualan kembali tiket dengan harga selangit.


Generic placeholder image

The Eras Tour Tayang di Disney+, Taylor Swift Terima Rp1,5 Triliun

LAINNYA

Feb 11 2024, 19.03

The Eras Tour telah menjadi fenomena yang telah dan terus menggetarkan para penggemar di seluruh dunia.


Event Akan Datang

View all events

 Apr 28 2024, 00.00

Related Events

 Apr 05 2022, 00.00

 Sep 07 2022, 00.00

 Mar 21 2023, 00.00

Copyright Katadata 2022