Tidak Meminta Kenaikan Gaji Jadi Salah Satu Penyesalan Saat Berkarir

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Mar 22 2024, 07.31

Setiap orang melakukan kesalahan di tempat kerja, namun meskipun ada kesalahan kecil dan terlupakan keesokan harinya, ada pula kesalahan yang bisa berubah menjadi penyesalan karier yang merugikan.

Dilansir dari laman CNBC Make It, 66% pekerja mengatakan mereka memiliki penyesalan terkait pekerjaan, menurut laporan terbaru dari Resume Now, yang mensurvei 1.000 pekerja di AS, Inggris, Prancis, dan Jerman pada bulan Januari.

Penyesalan karir yang paling umum meliputi:
1. Tidak meminta kenaikan gaji (60%)
2. Tidak memprioritaskan keseimbangan kehidupan kerja (59%)
3. Bertahan di tempat kerja terlalu lama (58%)
4. Tidak menegosiasikan gaji untuk pekerjaan baru (58%)

Secara umum, banyak penyesalan berasal dari kelambanan dan bukan tindakan, catat Resume Now dalam laporannya. Misalnya saja, lebih banyak orang yang mengatakan mereka menyesali pekerjaan mereka terlalu lama dibandingkan dengan mereka yang menyesal berhenti dari pekerjaan (38%).

Secara keseluruhan, pekerja karir menengah mengatakan bahwa merekalah yang paling banyak mengalami penyesalan, yaitu sebesar 70% dari generasi milenial dan 69% dari generasi X, namun tingkat penyesalan tersebut menurun di kemudian hari, dan 52% dari generasi Baby Boomer mengalami penyesalan tersebut.

Demikian pula, penelitian lain menunjukkan bahwa kebahagiaan mencapai titik terendah ketika seseorang berusia akhir 40-an karena tekanan karier, keluarga, dan keuangan, namun kemudian pulih kembali di kemudian hari ketika orang yang lebih tua mendapatkan perspektif dan mempraktikkan rasa syukur atas apa yang telah mereka capai.

Cara meminta kenaikan gaji

Meminta kenaikan gaji memang rumit, namun tahukah Anda ada cara untuk bersikap strategis. Mulailah meletakkan dasar beberapa bulan sebelum mengajukan permintaan resmi, kata pakar keuangan Ramit Sethi.

Pertama, jadwalkan pertemuan dengan atasan Anda untuk mendiskusikan bagaimana mereka mengukur kesuksesan Anda dan apa yang mereka harapkan dari Anda. 

Bersama-sama, buatlah daftar dua hingga tiga tujuan yang dapat ditindaklanjuti untuk memajukan peran Anda. Saat Anda berupaya mencapai tujuan, terus berikan informasi terbaru kepada atasan sehingga Anda memiliki catatan kemajuan saat meminta kenaikan gaji setelah Anda mencapainya.

Bertahan di suatu pekerjaan terlalu lama dan tidak menegosiasikan gaji untuk pekerjaan baru adalah kesalahan yang merugikan lainnya. Data menunjukkan bahwa salah satu cara paling konsisten untuk mendapatkan lebih banyak uang adalah dengan berganti pekerjaan (walaupun kenaikan gaji karyawan baru telah stabil dalam beberapa bulan terakhir).

Ini adalah peluang bawaan untuk menetapkan gaji baru dan lebih tinggi untuk diri Anda sendiri. Kebanyakan orang tidak mengambil peluang tersebut, namun ketika mereka melakukannya, hal tersebut berhasil. 

Ada banyak sumber online untuk mengetahui berapa gaji suatu pekerjaan dan di mana Anda berada dalam kisaran tersebut, namun kuncinya adalah menjadi orang yang teliti, percaya diri, dan mampu membuktikan pencalonan Anda melalui keahlian dan antusiasme.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Dapatkah Pekerjaan Anda Melindungi Otak dari Demensia? Ini Penjelasannya

GAYA HIDUP

May 20 2024, 11.12

Pekerjaan yang melibatkan stimulasi mental, termasuk di bidang pendidikan dan teknik, dapat membantu membangun cadangan kognitif.


Generic placeholder image

Penelitian: Bekerja Shift Malam Rentan Alami Diabetes dan Obesitas

GAYA HIDUP

May 13 2024, 07.41

Peserta shift malam juga tidak memiliki sinkronisasi dalam proses yang terlibat dalam produksi dan sensitivitas insulin.


Generic placeholder image

60% Orang yang Melakukan Pekerjaan Berjam-jam Adalah Perempuan

EKONOMI & BISNIS

Mar 22 2024, 07.17

Bagi sebagian wanita, melakukan pekerjaan ganda lebih merupakan masalah pilihan daripada kebutuhan.


Generic placeholder image

Cara Menjawab Pertanyaan ‘Ceritakan Tentang Diri Anda’ Saat Interview Kerja

EKONOMI & BISNIS

Feb 21 2024, 07.25

Ini adalah salah satu pertanyaan wawancara kerja yang paling umum, tapi memerlukan perhatian khusus untuk merangkai jawabannya.


Generic placeholder image

Tiga Langkah Cara Memulai Usaha Sampingan

EKONOMI & BISNIS

Jan 24 2024, 10.32

Menjalankan bisnis sampingan tidak semudah itu jika Anda tak tahu harus mulai dari mana.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022