PLN Jamin Pasokan Listrik Aman Selama World Water Forum di Bali

blog_10

EKONOMI & BISNIS

May 02 2024, 20.41

PT PLN (Persero) memastikan persiapan pengawalan pasokan listrik untuk gelaran World Water Forum ke-10 di Bali akan rampung 100 persen pada awal Mei 2024. 

General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Bali I Wayan Udayana menjelaskan, saat ini persiapan PLN rata-rata telah mencapai 47 persen dan menegaskan akan merampungkan persiapan hingga 100 persen pada awal Mei nanti.

Dia mengungkapkan, BIN dan PLN sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang pengawalan sektor kelistrikan, khususnya untuk memastikan keandalan pasokan listrik dengan jaringan komunikasi yang baik hingga tingkat daerah di Bali.

"Pada setiap pertemuan yang dilakukan oleh pimpinan daerah umumnya selalu dilaporkan ke kepala BIN dan direktur PLN sehingga jalinan kerja sama untuk pertukaran informasi melalui nota kesepahaman ini memang diperlukan," kata Udayana dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Udayana menjelaskan Bali menjadi daerah yang penting karena sering menjadi penyelenggara berbagai acara berskala internasional serta sebagai etalase Indonesia. Hal itu membutuhkan keandalan kelistrikan serta risiko kelistrikan, baik dari pembangkit, transmisi, distribusi serta ketersediaan infrastruktur pendukung kendaraan listrik.

"Dari sisi kesiapan, PLN sudah melakukan beberapa upaya, antara lain di sisi energi primer dan pembangkitan, Hari Operasi Pembangkit (HOP) kami pastikan dalam kondisi cukup dan aman," ujar Udayana.

Ia menyatakan daya mampu sistem kelistrikan di Bali mencapai 1.408 megawatt (MW) dengan beban puncak tertinggi 1.107 MW sehingga masih terdapat cadangan daya hingga 21 persen.

Selain itu, di sisi transmisi juga terus dilakukan peremajaan peralatan dan sosialisasi ketertiban bermain layang-layang.

"Khusus di sisi distribusi, kami melakukan penguatan baik di jaringan tegangan rendah maupun menengah serta melakukan pengecekan di sisi instalasi masing-masing venue. Selain itu, juga simulasi pola operasi dilakukan agar dapat memetakan berbagai risiko dan memitigasinya," kata Udayana.

Masa siaga PLN berlangsung sejak 15 Mei hingga berakhirnya kegiatan dengan puncak siaga pada 19-20 Mei 2024 saat ajang World Water Forum berlangsung. Beberapa titik yang menjadi fokus pengamanan yakni Garuda Wisnu Kencana (GWK) sebagai tempat gala dinner, Bali International Convention Center (BICC) untuk tempat pembukaan, Bali Turtle Island Development (BTID), Kawasan Taman Hutan Ngurah Rai (Tahura), Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Hotel The Meru serta 15 hotel menginap di ITDC.

Selain itu, PLN juga menyiapkan electric vehicle charging dengan rincian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging (UFC) sebanyak 12 unit, SPKLU Standard Charging (SC) sebanyak 26 unit, dan SPLU 20 unit.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Jokowi Buka World Water Forum 2024, Elon Musk Jadi Pembicara

EKONOMI & BISNIS

May 15 2024, 20.53

Jokowi bersama Elon Musk yang turut hadir di World Water Forum akan sekaligus meresmikan layanan internet berbasis satelit Starlink,


Generic placeholder image

Polisi Siapkan Pola Pengamanan Sistem Klaster di World Water Forum

LAINNYA

May 13 2024, 20.53

Secara umum seluruh upaya pengamanan jajaran Polri dibalut dalam Operasi Puri Agung 2024.


Generic placeholder image

Kesuksesan Program Citarum Harum Dibawa ke World Water Forum 2024

EKONOMI & BISNIS

May 12 2024, 19.31

Program ini mampu menurunkan tingkat pencemaran air secara signifikan.


Generic placeholder image

TNI Turunkan Kendaraan Lapis Baja untuk Pengamanan World Water Forum

LAINNYA

May 11 2024, 21.58

Selain menyiapkan prajurit dan kendaraan dukung, TNI menyiagakan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista).


Generic placeholder image

Delegasi World Water Forum akan Merasakan Pengalaman Pariwisata yang Berkesan

EKONOMI & BISNIS

May 10 2024, 14.03

Bersama dengan Pemprov Bali dan Kementerian PUPR, Kemenparekraf akan menyelenggarakan Pawai Budaya World Water Forum 2024.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022, 00.00

 Sep 07 2022, 00.00

 Mar 21 2023, 00.00

Copyright Katadata 2022