61% Pengguna TikTok Langsung Belanja saat Melihat Konten Komersial yang Menarik
EKONOMI & BISNIS
May 03 2024, 08.15
TikTok menjadi platform yang paling ampuh bagi perusahaan untuk menjual atau mempromosikan produknya. Cara paling efektif melakukan promosi di TikTok yaitu dengan content driven commerce alias kkonten komersial yang sering disebut juga shoppertainment.
Head of Global Business Marketing TikTok SEA Anny Havercroft mengungkapkan, 61% pengguna TikTok langsung membeli produk setelah melihat content driven commerce atau shoppertainment.
“Anda perlu content yang menarik di TikTok untuk memengaruhi orang untuk membeli produk Anda. Berdasarkan survei yang kami lakukan, konsumen tidak terlalu peduli dengan siapa yang merekomendasikan sebuah produk tapi lebih kepada informasi yang dikomunikasikan dalam konten komersial tersebut,” kata Anny saat menjadi pembicara di Asia Pacific Media Forum 2024 di Bali, Kamis (2/5/2024).
Anny menambahkan, 79% konsumen dipengaruhi oleh konten yang menarik dibandingkan potongan harga sedangkan 81% konsumen ingin merasakan pengalaman all in one shopping yaitu bisa belanja semuanya di satu tempat dan 73% konsumen terhubung dengan produk melalui konten yang cair.
“Jadi ada tiga kata kunci dalam memetakan perilaku konsumen terkait konten yang ada di TikTok yaitu mempertimbangkan di mana konsumen lebih tertarik kepada konten menarik, setelah mengonsumsi di mana konsumen hanya mau menelusuri sesuatu yang mudah untuk dibeli dan terakhir adalah terhubung di mana konsumen merasa dekat dengan konten yang dibuat,” jelas Anny.
Berdasarkan riset yang dilakukan Boston Consulting Group, Indonesia masih menjadi negara dengan pertumbuhan pasar TikTok terbesar yaitu 25% diikuti Jepang (21%), Korea Selatan (20%), Thailand (12%), Australia (11%) dan Vietnam (8%).
Anny menjelaskan, ada empat cara untuk melakukan promosi yang efektif di TikTok. Pertama adalah kepribadian yaitu bagaimana Anda menjangkau konsumen dan kapan waktu yang paling tepat. Cara ini fokus kepada segmentasi audiens.
Cara kedua adalah keanekaragaman yaitu apa saja yang Anda tawarkan kepada konsumen. Cara ini fokus kepada matriks dari produk, harga dan promosi serta komunikasi tentang produk itu.
Cara ketiga yaitu konten. Cara ini fokus kepada bagaimana Anda mengkomunikasika produk yang akan Anda tawarkan kepada konsumen melalui video singkat atau tayangan langsung. Cara ini biasanya yang paling sering dilakukan oleh para konten kreator dan juga perusahaan.
Cara terakhir yaitu pemberdayaan. Cara ini fokus kepada bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk meraih kesuksesan. Hal itu bisa dicapai dengan melakukan iklan dan juga pemasaran.
Anny mengungkapkan demografi pengguna TikTok adalah 41% orangtua, 41% masih lajang, 45% warga perkotaan yang aktif dan 50% orangtua yang sudah memiliki anak.