61% Pengguna TikTok Langsung Belanja saat Melihat Konten Komersial yang Menarik

blog_10

EKONOMI & BISNIS

May 03 2024, 08.15

TikTok menjadi platform yang paling ampuh bagi perusahaan untuk menjual atau mempromosikan produknya. Cara paling efektif melakukan promosi di TikTok yaitu dengan content driven commerce alias kkonten komersial yang sering disebut juga shoppertainment.

Head of Global Business Marketing TikTok SEA Anny Havercroft mengungkapkan, 61% pengguna TikTok langsung membeli produk setelah melihat content driven commerce atau shoppertainment.

“Anda perlu content yang menarik  di TikTok untuk memengaruhi orang untuk membeli produk Anda. Berdasarkan survei yang kami lakukan, konsumen tidak terlalu peduli dengan siapa yang merekomendasikan sebuah produk tapi lebih kepada informasi yang dikomunikasikan dalam konten komersial tersebut,” kata Anny saat menjadi pembicara di Asia Pacific Media Forum 2024 di Bali, Kamis (2/5/2024).

Anny menambahkan, 79% konsumen dipengaruhi oleh konten yang menarik dibandingkan potongan harga sedangkan 81% konsumen ingin merasakan pengalaman all in one shopping yaitu bisa belanja semuanya di satu tempat dan 73% konsumen terhubung dengan produk melalui konten yang cair.

“Jadi ada tiga kata kunci dalam memetakan perilaku konsumen terkait konten yang ada di TikTok yaitu mempertimbangkan di mana konsumen lebih tertarik kepada konten menarik, setelah mengonsumsi di mana konsumen hanya mau menelusuri sesuatu yang mudah untuk dibeli dan terakhir adalah terhubung di mana konsumen merasa dekat dengan konten yang dibuat,” jelas Anny.

Berdasarkan riset yang dilakukan Boston Consulting Group, Indonesia masih menjadi negara dengan pertumbuhan pasar TikTok terbesar yaitu 25% diikuti Jepang (21%), Korea Selatan (20%), Thailand (12%), Australia (11%) dan Vietnam (8%).

Anny menjelaskan, ada empat cara untuk melakukan promosi yang efektif di TikTok. Pertama adalah kepribadian yaitu bagaimana Anda menjangkau konsumen dan kapan waktu yang paling tepat. Cara ini fokus kepada segmentasi audiens.

Cara kedua adalah keanekaragaman yaitu apa saja yang Anda tawarkan kepada konsumen. Cara ini fokus kepada matriks dari produk, harga dan promosi serta komunikasi tentang produk itu.

Cara ketiga yaitu konten. Cara ini fokus kepada bagaimana Anda mengkomunikasika produk yang akan Anda tawarkan kepada konsumen melalui video singkat atau tayangan langsung. Cara ini biasanya yang paling sering dilakukan oleh para konten kreator dan juga perusahaan.

Cara terakhir yaitu pemberdayaan. Cara ini fokus kepada bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk meraih kesuksesan. Hal itu bisa dicapai dengan melakukan iklan dan juga pemasaran.

Anny mengungkapkan demografi pengguna TikTok adalah 41% orangtua, 41% masih lajang, 45% warga perkotaan yang aktif dan 50% orangtua yang sudah memiliki anak.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Akun TikTok CNN Diambilalih Peretas, Ini Komentar TikTok

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 05 2024, 06.01

Malware ini memungkinkan peretas untuk mengambil alih akun tanpa korban harus mengklik tautan apa pun.


Generic placeholder image

TikTok Uji Coba Pengguna Bisa Unggah Video Sampai 60 Menit

TEKNOLOGI DIGITAL

May 17 2024, 11.38

TikTok telah meningkatkan batas tersebut selama beberapa tahun terakhir.


Generic placeholder image

APMF 2024 Ajak Pengambil Keputusan untuk Tingkatkan Standar Dunia Industri di Indonesia

EKONOMI & BISNIS

May 04 2024, 07.40

Tema APMF 2024 yaitu Make Your Mark mengajak orang untuk berpikir panjang.


Generic placeholder image

77% Pendengar Menyimak Podcast YOLO dari Awal Hingga Akhir, Ini Strateginya

LAINNYA

May 03 2024, 13.37

Target audiens Podcast YOLO berubah dari 30-35 tahun menjadi 25-30 tahun.


Generic placeholder image

Ini Alasan Merek Masih Perlu Agensi atau Media untuk Mempromosikan Produknya

EKONOMI & BISNIS

May 03 2024, 12.52

Dua hal penting yang harus dimiliki agensi dan juga media dalam mempromosikan merek adalah kualitas dan originalitas.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022