Disehatkan LPS, BPR Indramayu Jabar Jadi Bank Normal Lagi

blog_10

EKONOMI & BISNIS

May 29 2024, 14.42

LPS berhasil menyehatkan kembali Bank Perekonomian Rakyat Indramayu Jabar (BIMJ) menjadi bank normal yang sebelumnya masuk dalam kategori Bank Dalam Resolusi (BDR).

Sebelumnya, kondisi kesehatan BIMJ yang sebelumnya berstatus Bank Normal memburuk sehingga statusnya menjadi Bank Dalam Penyehatan (BDP). Seiring dengan waktu, kondisi kesehatan BIMJ tidak kunjung membaik sehingga OJK menetapkan status bank tersebut menjadi Bank Dalam Resolusi (BDR) untuk kemudian diserahkan penanganannya kepada LPS pada 12 Januari 2024.  

Anggota Dewan Komisioner LPS Bidang Program Penjaminan dan Resolusi Bank, Didik Madiyono  mengatakan, LPS melakukan berbagai upaya penyehatan BIMJ antara lain dengan menggandeng Bank BJB yang merupakan kreditur BIMJ untuk menjadi investor. 

“Hal ini merupakan langkah terobosan untuk penanganan bank yang lebih efektif, sehingga memungkinkan LPS melakukan tindakan penyelamatan oleh calon investor atau pihak lainnya, sebelum LPS memutuskan opsi resolusi yaitu purchase and assumption, bridge bank, penyertaan modal sementara, atau likuidasi,” ujar Didik Madiyono dalam keterangan tertulis.

Sebagaimana tertuang pada UU nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK), LPS berwenang melakukan penanganan bank yang berstatus BDR dimana LPS dapat melakukan penjajakan kepada bank yang berminat untuk mengambil alih seluruh, atau sebagian aset dan kewajiban bank serta penjajakan kepada calon investor lainnya, dimana sebelumnya LPS tidak memiliki kewenangan ini.

Penyehatan BIMJ merupakan milestone penting dalam penanganan bank dalam resolusi. Hal ini tentunya tidak lepas dari koordinasi intensif yang dilakukan oleh LPS dan OJK dengan seluruh pemegang saham BIMJ dan seluruh stakeholder. Dukungan pimpinan LPS dan pimpinan OJK yang sangat kuat menjadi salah satu kunci keberhasilan penyehatan BIMJ. 

“Kami mengharapkan BIMJ dapat kembali menjalankan fungsi ekonominya sebagai Bank Perekonomian Rakyat bagi masyarakat di Kabupaten Indramayu dan sekitarnya. Kami juga mengharapkan seluruh unsur pemegang saham, pengurus, dan pegawai BIMJ dapat melakukan inovasi dan terobosan yang diperlukan agar BIMJ lebih maju lagi dan menjadi kebanggaan masyarakat Indramayu,” pungkas Didik.

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

182 Pelari Internasional dari 22 Negara Ikut LPS Monas Half Marathon 2024

GAYA HIDUP

Jun 28 2024, 20.49

LPS berharap event ini juga mendorong perekonomian melalui efek multipliernya.


Generic placeholder image

Cetak Sejarah, LPS Berhasil Sehatkan BPR Indramayu Jabar

EKONOMI & BISNIS

Jun 13 2024, 19.08

Sebelumnya, BPR Indramayu Jabar masuk kategori Bank Dalam Resolusi (BDR).


Generic placeholder image

Izin Usaha Dicabut, LPS Bayar Klaim Simpanan 29 Ribu Nasabah BPR Jepara Artha

EKONOMI & BISNIS

May 31 2024, 05.21

Nasabah BPR Jepara Artha dan nasabah bank di seluruh Indonesia tidak perlu khawatir menabung di bank.


Generic placeholder image

Ini Alasan LPS Buka Kantor Perwakilan di Makassar

EKONOMI & BISNIS

May 18 2024, 09.40

LPS menunjuk Fuad Zaen menjadi Kepala Kantor Perwakilan LPS III yang berlokasi di Makassar.


Generic placeholder image

LPS Kucurkan Klaim Simpanan Nasabah 10 BPR yang Dilikuidasi

EKONOMI & BISNIS

Apr 30 2024, 22.14

Sejak Januari hingga April terdapat 10 BPR/BPRS yang dicabut izin usahanya oleh OJK kemudian dilikuidasi oleh LPS.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022