Menparekraf: Indonesia Punya 2.562 Perusahaan Startup, Potensi Cetak Lapangan Kerja Baru

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jun 01 2024, 10.55

Indonesia memiliki 2.562 perusahaan startup atau rintisan. Karena itu, ekosisitem perusahaan rintisan harus diperkuat. Salah satunya melalui program IndoBisa (Indonesia Business Startup Matching) 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meyakini, program kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Amvesindo (Asosiasi Modal Ventura Indonesia) ini bisa memperkuat ekosistem startup di Indonesia. 

Menurut dia, penguatan ekosistem startup di Indonesia sangat penting dan menjanjikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kita optimistis, kita thinking positive. Tapi pada suatu saat nanti lapangan pekerjaan yang berkualitas, lingkungan hidup yang berkelanjutan, maupun akses terhadap pendidikan dan kesehatan yang baik akan di solusikan oleh para startup ini," kata Sandiaga dilansir dari laman Kemenparekraf.

Sandiaga mengungkapkan, penguatan ekosistem startup ini sangat penting. Selain menghadirkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, Sandiaga meyakini kehadiran startup di Indonesia juga mampu mempercepat penguatan pemahaman dan penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang sedang berkembang pesat.

"Apakah artificial Intelligence akan mengambil lapangan kerja? Menurut saya tidak, karena justru startup ini akan menciptakan lapangan kerja yang baru," kata Sandiaga.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Rizki Handayani, menambahkan bagi startup yang berminat mengikuti program ini bisa mendaftarkan diri pada 31 Mei—31 Juli 2024 di laman indobisa-kemenparekraf.fundhubid.com.

Peserta yang telah terdaftar kemudian akan dikurasi menjadi 100 startup terpilih untuk kemudian dikurasi lagi menjadi 30 startup terbaik untuk diberikan kesempatan pitching dengan modal ventura dan mendapatkan akses pasar.

"Program ini dibagi menjadi dua track. Track satu mempertemukan antara startup dengan modal ventura untuk mendapatkan pembiayaan dan kemudian pada track dua, Kemenparekraf berkolaborasi dengan komponen mitra memberikan kesempatan untuk menawarkan solusi mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh corporate," kata Rizki.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Pelabuhan Perikanan di Jembrana Diubah Jadi Destinasi Wisata Bahari

EKONOMI & BISNIS

Jul 15 2024, 07.01

Pengembangan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata seperti negara-negara tetangga yang sukses memperkenalkan wisata bahari.


Generic placeholder image

Telkom Akan Kembangkan AI yang Aman dan Memberikan Dampak Positif

TEKNOLOGI DIGITAL

Jul 09 2024, 06.57

Salah satu contoh pengembangan AI oleh Telkom adalah fitur bernama BigVision dalam produk BigBox.


Generic placeholder image

Pesan Perdamaian dalam Festival Pesona Danau Limboto 2024

LAINNYA

Jun 25 2024, 05.23

Pesan-pesan perdamaian ini disuguhkan dalam pementasan sendratari.


Generic placeholder image

Pemerintah Ajak Masyarakat Liburan di Dalam Negeri Lewat Kampanye Libur Telah Tiba

LAINNYA

Jun 22 2024, 09.39

Kampanye ini untuk mendorong lebih banyak wisawatawan nusantara untuk berwisata di dalam negeri pada saat momen liburan.


Generic placeholder image

BTN Jakarta International Marathon Diikuti 15 Ribu Peserta dari 32 Negara

LAINNYA

Jun 21 2024, 07.24

BTN JAKIM juga telah memperoleh lisensi dari asosiasi atletik dunia, World Athletics.


Event Akan Datang

View all events

 Aug 07 2024, 00.00

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022