MBI Kucurkan Rp93,9 Miliar untuk Optimalkan Penggunaan Energi Terbarukan

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Sep 01 2024, 18.20

Saat ini semakin banyak perusahaan menunjukkan komitmen kuat terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam operasi bisnis mereka. 

Salah satu perusahaan yang juga mendorong upaya keberlanjutan ini adalah Multi Bintang Indonesia, yang secara konsisten mengedepankan inisiatif hijau untuk mencapai target keberlanjutan global.

Corporate Affairs Director Multi Bintang Indonesia, Bambang Chriswanto, menjelaskan bahwa perusahaan telah mengambil langkah-langkah signifikan untuk mewujudkan visinya, "Brew a Better World." 

Multi Bintang Indonesia menargetkan penggunaan 100% energi terbarukan di seluruh lini produksinya, dengan memanfaatkan fasilitas biomassa di Brewery Sampangagung sejak 2018 dan di Brewery Tangerang sejak 2022. Langkah ini tidak hanya mengurangi ketergantungan pada energi fosil, tetapi juga secara signifikan menekan emisi gas rumah kaca dalam proses pembuatan bir.

Selain itu, Multi Bintang Indonesia juga telah memasang panel surya di kedua brewery tersebut, yang mampu menghasilkan energi sebesar 3.387 MWh per tahun. Energi yang dihasilkan dari panel surya ini akan memenuhi 18% kebutuhan listrik di Fasilitas Brewery Sampangagung dan 19% di Fasilitas Brewery Tangerang pada tahun 2024.

Bambang  menekankan pentingnya investasi yang berkelanjutan untuk mendukung program-program lingkungan dan sosial. 

“Hingga akhir tahun 2023, Multi Bintang Indonesia telah mengalokasikan Rp 93,9 miliar untuk program-program tersebut sebagai bagian dari komitmen 'Brew a Better World'. Kami akan terus berinvestasi dan terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan,” kata Bambang, Jumat (30/8/24).

Dengan inisiatif-inisiatif ini, Multi Bintang Indonesia tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri bir yang bertanggung jawab, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian SDG, khususnya dalam mengatasi tantangan perubahan iklim dan mengurangi dampak lingkungan dari operasinya.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Multi Bintang Indonesia Perkuat Pengelolaan Sampah di Mojokerto

EKONOMI & BISNIS

Aug 30 2024, 22.55

Program TPS3R ini tidak hanya berfokus pada pengelolaan sampah, tetapi juga memperkuat aspek sosial ekonomi dan pemberdayaan di Dusun Sampang Agung.


Generic placeholder image

Sentra Edukasi Bambu: Inisiatif Konservasi Air dan Pemberdayaan Ekonomi di Mojokerto

EKONOMI & BISNIS

Aug 30 2024, 06.17

Sebelum ini, banyak petani menganggap bambu sebagai tanaman yang tidak memiliki nilai ekonomi.


Generic placeholder image

2.000 Bibit Mangrove Serap 58 Ribu Kg CO2 Selama 8 Tahun

LAINNYA

Aug 25 2023, 16.02

Mangrove merupakan tanaman yang dikenal memiliki manfaat untuk mengikat karbon.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022