Tips Negosiasi Gaji yang Baik dan Benar

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Dec 12 2023, 16.09

Cara paling mudah mendapatkan gaji lebih tinggi adalah dengan melakukan negosiasi saat interview kerja. Namun, saat melakukan interview kerja, kenyataanya bukan hal yang mudah untuk menjawab pertanyaan terkait tawaran gaji dari perekrut, atau bahkan mengucapkan gaji berapa yang Anda harapkan. 

Padahal, Anda perlu menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat agar mendapat gaji yang sesuai, mengingat nego gaji adalah hal yang penting.

Maka dari itu, agar proses nego gaji tidak lagi menjadi sulit, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar proses tersebut menjadi efektif dan dapat kamu terapkan.

1. Riset
Lakukan riset untuk mengetahui rata-rata gaji di industri atau posisi dan level pekerjaan yang Anda minati. Proses riset ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang nilaimu dan memperkuat argumenmu selama negosiasi berlangsung.

2. Tetapkan rentang gaji
Tentukan gaji yang realistis berdasarkan riset untuk memenuhi kebutuhan dan batasan yang masuk akal dan berdasarkan faktor-faktor seperti pengalaman, keterampilan, serta prestasi kerja yang pernah Anda dapatkan. 

Menetapkan target yang realistis akan membantumu menjaga ekspektasi yang sehat dan mempersiapkan argumen-argumen yang kuat selama negosiasi.

3. Tunjukkan prestasi
Fokus pada nilai dan keterampilan yang akan ditawarkan ke perusahaan. Karena itu, penting bagi Anda juga untuk dapat menunjukkan bukti-bukti prestasi yang telah kamu capai selama bekerja di perusahaan.

4. Siapkan argumen dan tampil percaya diri
Persiapkan argumen yang mendukung tuntutan gaji, contoh tentang bagaimana Anda dapat berkontribusi. Kemudian, ketika bernegosiasi, tampilkan sikap yang percaya diri dan yakin terhadap nilai yang kamu miliki sebagai karyawan. 

Kepercayaan diri akan membuat kamu terlihat sebagai karyawan yang bernilai dan menunjukkan bahwa kamu serius dalam memperjuangkan kenaikan gaji serta menungkatkan karir.

5. Tetap sopan dan profesional
Tetaplah sopan, profesional, dan bersikap positif selama proses negosiasi. Jangan takut untuk menyampaikan apa yang kamu inginkan dengan jelas dan dengan alasan yang rasional.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

45% Perempuan Pernah Mengalami Perlakuan Tidak Menyenangkan di Kantor

LAINNYA

Jun 03 2024, 13.47

Hal ini menjadi krusial karena memiliki dampak signifikan terhadap individu, perusahaan, dan masyarakat secara keseluruhan.


Generic placeholder image

Dapatkah Pekerjaan Anda Melindungi Otak dari Demensia? Ini Penjelasannya

GAYA HIDUP

May 20 2024, 11.12

Pekerjaan yang melibatkan stimulasi mental, termasuk di bidang pendidikan dan teknik, dapat membantu membangun cadangan kognitif.


Generic placeholder image

Gen Z Sering Langgar Aturan Perusahaan Dibandingkan Generasi Lainnya

LAINNYA

May 17 2024, 07.20

Pelanggaran tersebut juga tidak luput dari perhatian para pekerja lain.


Generic placeholder image

Karyawan Tipe Ini Rentan Mengalami Kelelahan

GAYA HIDUP

May 15 2024, 08.21

Menemukan pekerjaan yang membuat Anda bersemangat memang menyenangkan, tetapi kegembiraan itu tidak seharusnya menentukan harga diri Anda.


Generic placeholder image

Membuat Otak Bekerja Keras Bisa Mencegah Masalah Memori di Masa Depan

GAYA HIDUP

Apr 19 2024, 14.22

Melibatkan otak secara aktif dalam profesi Anda dapat menurunkan risiko mengalami masalah memori dan kognitif seiring bertambahnya usia.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022