Apple Berhasil Kalahkan Samsung di Pasar Ponsel, Ini Rahasianya

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jan 28 2024, 13.39

Ketika Apple mengumumkan iPhone pada 2007, Steve Jobs menyebutnya sebagai produk revolusioner dalam kategori handset yang perlu diciptakan kembali. 

Hampir dua dekade dan 42 model kemudian, iPhone adalah salah satu ponsel paling populer di dunia. Menurut penelitian Demand Sage, Apple telah menjual lebih dari 2,3 miliar unit iPhone dan memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif. iPhone asli dirilis pada Juni 2007 dan dijual secara eksklusif dengan AT&T dengan harga 499 dolar AS.

"Para investor optimis mengenai dampak yang dapat ditimbulkan oleh Apple. Data awal yang keluar dari AT&T adalah kekecewaan dari beberapa hari pertama penjualan. Saya ingat berbicara dengan para investor setelah akhir pekan pertama itu, dan kesan umum yang muncul adalah bahwa produk ini, menurut salah satu investor, akan mati pada saat diluncurkan,” kata Gene Munster dari Deepwater Asset kepada CNBC.

Apple menjual 1,4 juta iPhone pada tahun 2007 dengan 80% dari penjualan tersebut terjadi pada kuartal keempat. Pada tahun yang sama Nokia, pembuat Nokia 3310 yang ikonik, menjual 7,4 juta ponsel pada kuartal 4 saja. 

"Nokia dipandang sebagai perusahaan yang tak terbendung, tak terkalahkan," kata reporter teknologi CNBC, Kif Leswing.

"Komunitas investor sebagian besar menganggap ini sebagai sesuatu yang akan menjadi pasar yang jauh lebih sulit untuk ditembus oleh Apple," kata Munster. 

Keadaan mulai berubah untuk Apple pada 2008 ketika meluncurkan App Store. Hal ini membantu memacu gelombang baru perusahaan teknologi modern seperti Uber dan menempatkan Apple di depan para pesaingnya.

"App Store memungkinkan ponsel Anda menjadi lebih dari itu," kata Munster. "Itulah bagiannya, wawasan itu, yang tidak disadari oleh produsen ponsel lain."

Apple mengalami peningkatan penjualan unit iPhone pada tahun-tahun setelah App Store. Perusahaan ini mencapai tonggak penting yaitu lebih dari 50 juta unit terjual pada 2011, dengan bantuan iPhone 4s. Perusahaan ini menjual 72 juta unit pada tahun itu. Pada 2015, Apple menjual lebih dari 200 juta unit iPhone setiap tahunnya. 

"Saya rasa tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa iPhone telah menetapkan standar yang diikuti oleh hampir semua ponsel sejak saat itu. App Store adalah hal yang sangat besar dan Android pada dasarnya mengikuti model tersebut dengan Play Store,” ujar Marc Weber dari Computer History Museum.

Satu dekade setelah peluncuran iPhone, Apple adalah perusahaan publik AS pertama yang mencapai kapitalisasi pasar sebesar 1 triliun dolar AS dan sekarang menjadi salah satu perusahaan paling menguntungkan di dunia. 

Apple baru-baru ini melampaui Samsung, salah satu pesaing terbesarnya, sebagai pemimpin ponsel pintar dunia untuk pertama kalinya. Menurut data dari International Data Corp, Apple menguasai lebih dari 20% pangsa pasar global, posisi yang dipegang Samsung sejak 2010.

"Ada periode dari 2008 hingga 2015 di mana Apple perlu khawatir tentang apa yang akan dilakukan Samsung dengan Android. Pangsa pasar mereka sebenarnya menurun secara global," kata Weber

"Namun, Apple telah menjadi ahlinya dalam membangun ekosistem. Saya tidak dapat membayangkan skenario di mana Samsung dapat membangun serangkaian produk yang akan mengganggu ekosistem Apple,” jelas Weber.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Generic placeholder image

Gandeng OpenAI, Apple Hadirkan ChatGPT di iPhone

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 11 2024, 07.10

Produsen iPhone ini berusaha meyakinkan investor bahwa mereka tidak kalah dalam pertarungan AI dengan Microsoft.


Generic placeholder image

Apple Pangkas Harga Jual iPhone, Penjualan Langsung Meningkat

EKONOMI & BISNIS

Jun 08 2024, 07.09

Pada kuartal pertama, Apple kehilangan posisi teratas di pasar ponsel pintar negara tersebut karena pengirimannya turun 19%.


Generic placeholder image

Pengguna iPhone di 92 Negara Terancam Serangan Spyware

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 12 2024, 14.00

Serangan atau peretasan ini bukanlah aktivitas kejahatan siber biasa atau malware.


Generic placeholder image

Apple Beberkan Strategi Kecerdasan Buatan pada Konferensi WWDC

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 27 2024, 14.00

Apple berinvestasi secara signifikan dalam kecerdasan buatan (AI).


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022