Internet membuka peluang usaha sangat luas bagi mereka yang bisa memanfaatkannya. Internet menghapus batas geografi. Sebelum ada internet, pembeli toko atau warung hanya bisa berjualan kepada warga di sekitar. Namun dengan internet, pemilik usaha bisa menjual barangnya kepada siapa pun dan di mana pun.
Semakin tingginya aktivitas masyarakat dalam mengakses berbagai layanan di Internet menjadi angin segar karena aktivitas ini dapat membuka peluang masyarakat untuk lebih berdaya. Bagi Anda yang berminat membuka usaha daring, alangkah baiknya menyimak tips berikut ini:
1. Tentukan jenis bisnis
Menentukan bisnis yang ingin dijalankan adalah langkah awal yang sangat penting. Dengan mengetahui produk yang ingin dijual, akan mudah menentukan langkah-langkah selanjutnya. Ide bisnis dapat dicari berdasarkan hobi atau hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
2. Menyusun rencana bisnis
Business plan atau rencana bisnis adalah rencana atau bagian yang harus lakukan untuk dapat mencapai tujuan bisnis. Business plan dapat memuat
deskripsi bisnis yang lebih mendalam mengenai bisnis online, analisis pasar, produk dan layanan, rencana pemasaran, logistik dan rencana operasi, kebutuhan produksi, serta rencana keuangan.
3. Riset pasar
Riset pasar dapat diawali dengan mencari produk serupa yang juga dijual oleh kompetitor. Ketahui bentuk produk, harga di pasaran, hingga cara pelayana. Dari riset itu Anda dapat menganalisis menganalisis kelebihan, kekurangan, dan peluang dari produk yang akan dijual.
4. Target pelanggan
Dengan mengetahui siapa yang akan membeli produk, maka akan lebih mudah menentukan bentuk produk, cara pelayanan, hingga strategi promosi. Beberapa cara untuk menentukan segmentasi pelanggan, yaitu berdasarkan usia, gender, pekerjaan, pendapatan, gaya hidup, status sosial, serta minat atau hobi.
5. Platform untuk berjualan
Pada dasarnya, semua platform digital dapat dimanfaatkan untuk membangun usaha. Lebih banyak platform yang digunakan, akan menjangkau lebih banyak konsumen. Anda dapat mempertimbangkan penggunaan lokapasar atau marketplace berdasarkan kemudahan, layanan, karakter penggunanya dan lain-lain.
Maksimalkan fitur yang ada, seperti gambar, video, deskripsi, hingga rating dan kolom komentar. Anda bisa membangun kepercayaan pelanggan melalui kolom komentar. Anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk mendukung usaha.
6. Analisis usaha
Beberapa lokapasar menyediakan fasilitas analisis bisnis. Anda dapat mengetahui jenis produk yang diminati, waktu kunjungan, asal daerah pembeli, dan lain-lain. Dari situ Anda dapat melihat kelemahan dan kelebihan usaha daring sehingga dapat lebih mengembangkan usaha.
Sistem rekomendasi konten TikTok atau kita kenal dengan FYP, dan praktik pengumpulan data yang invasif disebutkan menimbulkan bahaya bagi pengguna anak muda.
Membagikan isi chat WhatsApp kepada rekan kerja, alih-alih sebagai bahan obrolan, hal ini justru akan dengan cepat membongkar aib dan permasalahan kita sendiri.