15 Menit Awal Bekerja Ternyata Penentu Mood Sepanjang Hari

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Feb 12 2024, 07.49

Tahukah Anda bahwa 15 menit pertama di hari kerja merupakan penentu dari suasana hati selama satu hari. Bayangkan, jika Anda datang terlambat atau bertengkar dengan pasangan saat sedang dalam perjalanan, maka peristiwa ini dapat mengaburkan produktivitas kerja Anda.

Amy Morin, seorang psikoterapis dan penulis "13 Hal yang Tidak Dilakukan Orang Kuat Secara Mental” mengatakan, menggunakan 15 menit pertama untuk membingkai ulang pola pikir dapat terbukti membantu memulai hari kerja Anda.

"Anda dapat mengerjakan daftar tugas Anda dalam urutan yang masuk akal dan membantu Anda menangani tugas yang paling mendesak. Jika tidak, Anda mungkin membuang waktu berjam-jam untuk menjawab email dan menangani permintaan masuk yang tidak begitu penting,” kata Amy seperti dilansir dari Fox Business.

Amy pun membagikan apa saja tips harian untuk meningkatkan produktivitas di 15 menit awal hari kerja Anda. Berikut tipsnya:

1. Tinjau kalender
Lihat jadwal hari itu dan identifikasi pertemuan apa pun yang mungkin memerlukan persiapan lanjutan

2. Mengamati tantangan
Luangkan waktu sejenak untuk merefleksikan diri pada tantangan pribadi atau profesional apa pun yang dapat menghalangi produktivitas. "Buat rencana untuk mengatasi tantangan ini, jika hanya untuk hari itu," katanya.

3. Menahan diri dari terjebak pada satu tugas
Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melirik email dan peringatan baru. Namun, Marcum menyarankan untuk segera berhati-hati dalam melakukan tugas tertentu.

4. Prioritaskan tugas
Mulailah dengan menuliskan semua tugas yang ada, dan kemudian nilai mana dari tugas-tugas itu yang paling penting.

"Kembangkan jadwal yang memastikan tugas paling penting akan diselesaikan terlebih dahulu. Dari sana, cobalah untuk mengerjakan hanya satu tugas pada satu waktu, daripada melakukan banyak tugas,” ujarnya.

Menurutnya, pikirkan tentang apa yang perlu Anda capai pada hari kerja tertentu. Misalnya, apakah Anda memiliki tugas kecil, rapat, atau proyek jangka panjang. Ia menegaskan, menetapkan prioritas dapat membuat keputusan apa yang harus ditangani dalam urutan apa sedikit lebih mudah untuk dipahami.

"Penting untuk mengetahui diri Anda dengan baik untuk mengetahui tugas mana yang harus Anda lakukan pada jam berapa," kata dia.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Cara Menjawab Pertanyaan ‘Ceritakan Tentang Diri Anda’ Saat Interview Kerja

EKONOMI & BISNIS

Feb 21 2024, 07.25

Ini adalah salah satu pertanyaan wawancara kerja yang paling umum, tapi memerlukan perhatian khusus untuk merangkai jawabannya.


Generic placeholder image

Lima Cara Menyeimbangkan Kehidupan dan Pekerjaan

GAYA HIDUP

Feb 16 2024, 12.10

Sangat penting untuk menerapkan efisiensi waktu, agar kehidupan sehari-hari dan pekerjaan bisa seimbang.


Generic placeholder image

Tips Menolak Tawaran Pekerjaan yang Baik dan Sopan

EKONOMI & BISNIS

Feb 13 2024, 09.38

Alasan utama mengapa kandidat menolak tawaran pekerjaan adalah karena mereka telah menerima paket gaji yang lebih baik.


Generic placeholder image

Studi Ungkap Diskriminasi Usia di Tempat Kerja Terus Meningkat

LAINNYA

Feb 12 2024, 08.08

Sekitar satu dari lima orang Amerika berusia 65 tahun ke atas masih bekerja.


Generic placeholder image

Kesalahan Ini yang Kerap Dimasukkan ke Resume Pekerjaan

EKONOMI & BISNIS

Feb 02 2024, 14.31

Hal lain yang harus dihindari adalah mencantumkan baris yang menyatakan peran apa yang Anda lamar.


Event Akan Datang

View all events

 Apr 28 2024, 00.00

Related Events

 Apr 05 2022, 00.00

 Sep 07 2022, 00.00

 Mar 21 2023, 00.00

Copyright Katadata 2022