15 Menit Awal Bekerja Ternyata Penentu Mood Sepanjang Hari

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Feb 12 2024, 07.49

Tahukah Anda bahwa 15 menit pertama di hari kerja merupakan penentu dari suasana hati selama satu hari. Bayangkan, jika Anda datang terlambat atau bertengkar dengan pasangan saat sedang dalam perjalanan, maka peristiwa ini dapat mengaburkan produktivitas kerja Anda.

Amy Morin, seorang psikoterapis dan penulis "13 Hal yang Tidak Dilakukan Orang Kuat Secara Mental” mengatakan, menggunakan 15 menit pertama untuk membingkai ulang pola pikir dapat terbukti membantu memulai hari kerja Anda.

"Anda dapat mengerjakan daftar tugas Anda dalam urutan yang masuk akal dan membantu Anda menangani tugas yang paling mendesak. Jika tidak, Anda mungkin membuang waktu berjam-jam untuk menjawab email dan menangani permintaan masuk yang tidak begitu penting,” kata Amy seperti dilansir dari Fox Business.

Amy pun membagikan apa saja tips harian untuk meningkatkan produktivitas di 15 menit awal hari kerja Anda. Berikut tipsnya:

1. Tinjau kalender
Lihat jadwal hari itu dan identifikasi pertemuan apa pun yang mungkin memerlukan persiapan lanjutan

2. Mengamati tantangan
Luangkan waktu sejenak untuk merefleksikan diri pada tantangan pribadi atau profesional apa pun yang dapat menghalangi produktivitas. "Buat rencana untuk mengatasi tantangan ini, jika hanya untuk hari itu," katanya.

3. Menahan diri dari terjebak pada satu tugas
Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melirik email dan peringatan baru. Namun, Marcum menyarankan untuk segera berhati-hati dalam melakukan tugas tertentu.

4. Prioritaskan tugas
Mulailah dengan menuliskan semua tugas yang ada, dan kemudian nilai mana dari tugas-tugas itu yang paling penting.

"Kembangkan jadwal yang memastikan tugas paling penting akan diselesaikan terlebih dahulu. Dari sana, cobalah untuk mengerjakan hanya satu tugas pada satu waktu, daripada melakukan banyak tugas,” ujarnya.

Menurutnya, pikirkan tentang apa yang perlu Anda capai pada hari kerja tertentu. Misalnya, apakah Anda memiliki tugas kecil, rapat, atau proyek jangka panjang. Ia menegaskan, menetapkan prioritas dapat membuat keputusan apa yang harus ditangani dalam urutan apa sedikit lebih mudah untuk dipahami.

"Penting untuk mengetahui diri Anda dengan baik untuk mengetahui tugas mana yang harus Anda lakukan pada jam berapa," kata dia.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

45% Perempuan Pernah Mengalami Perlakuan Tidak Menyenangkan di Kantor

LAINNYA

Jun 03 2024, 13.47

Hal ini menjadi krusial karena memiliki dampak signifikan terhadap individu, perusahaan, dan masyarakat secara keseluruhan.


Generic placeholder image

Dapatkah Pekerjaan Anda Melindungi Otak dari Demensia? Ini Penjelasannya

GAYA HIDUP

May 20 2024, 11.12

Pekerjaan yang melibatkan stimulasi mental, termasuk di bidang pendidikan dan teknik, dapat membantu membangun cadangan kognitif.


Generic placeholder image

Gen Z Sering Langgar Aturan Perusahaan Dibandingkan Generasi Lainnya

LAINNYA

May 17 2024, 07.20

Pelanggaran tersebut juga tidak luput dari perhatian para pekerja lain.


Generic placeholder image

Karyawan Tipe Ini Rentan Mengalami Kelelahan

GAYA HIDUP

May 15 2024, 08.21

Menemukan pekerjaan yang membuat Anda bersemangat memang menyenangkan, tetapi kegembiraan itu tidak seharusnya menentukan harga diri Anda.


Generic placeholder image

Membuat Otak Bekerja Keras Bisa Mencegah Masalah Memori di Masa Depan

GAYA HIDUP

Apr 19 2024, 14.22

Melibatkan otak secara aktif dalam profesi Anda dapat menurunkan risiko mengalami masalah memori dan kognitif seiring bertambahnya usia.


Event Akan Datang

View all events

 Aug 07 2024, 00.00

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022