Makanan Ini Dapat Bantu Kurangi Kembung Perut

blog_10

GAYA HIDUP

Mar 27 2024, 15.23

Kembung merupakan tanda ketidaknyamanan pada tubuh. Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, masalah pencernaan, menstruasi, kehamilan, obat-obatan, stres, serta kondisi medis merupakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan masalah ini. 

Akshita Reddy, ahli gizi di Rumah Sakit Athreya, Bengaluru mengatakan, kembung bisa disebabkan oleh produksi gas berlebih, gangguan pergerakan otot sistem pencernaan, atau peningkatan kepekaan terhadap gas di lambung dan usus.

Cara untuk meredakan gejala kembung memerlukan perubahan gaya hidup tertentu, karena perubahan pola makan merupakan bagian penting dalam mengurangi kemungkinan terulangnya kembali penyakit ini. 

Menurut Reddy, konsumsi sayuran bisa menjadi salah satu solusi untuk dimasukkan ke dalam makanan harian. Berikut sayur-sayuran yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin oleh mereka yang sedang berjuang dengan kondisi tersebut, seperti dilansir dari The Indian Express.

Mentimun dan seledri 
Kandungan air yang tinggi dan mengandung serat, mentimun dan seledri meningkatkan hidrasi, yang terutama diperlukan untuk memperlancar pencernaan.

Jahe
Dikenal mengandung zingibain atau protease, jahe tidak hanya meningkatkan cita rasa makanan tetapi juga membantu pemecahan protein makanan. Sayuran akar ini dikenal karena beberapa khasiat penyembuhan dan detoksifikasi. Ini meningkatkan peristaltik, mengurangi peradangan, dan mendukung pencernaan yang sehat.

Bayam
Sayuran berdaun hijau ini enak dan kaya nutrisi penting termasuk magnesium, yang membantu mengurangi retensi cairan, salah satu penyebab kembung. Magnesium juga merangsang pergerakan usus dengan mengendurkan otot-otot usus.

Teh hijau 
Ganti teh atau kopi biasa Anda dengan minuman ini. Kandungan kafein alami dari teh hijau berperan sebagai pencahar ringan, mendorong pergerakan dan keteraturan saluran pencernaan, sehingga membantu mencegah kembung.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Studi Ungkap Wanita Kehilangan Lebih Banyak Tahun Hidup Pasca Serangan Jantung

GAYA HIDUP

Jul 12 2024, 08.52

Wanita mengalami kehilangan harapan hidup lebih besar daripada pria, dan efeknya lebih signifikan pada mereka yang mengalami gangguan fungsi jantung setelah serangan jantung.


Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Copyright Katadata 2022