Ilmuwan: Bentuk Tubuh Dapat Membuat Seseorang Berisiko Terkena Kanker Kolorektal

blog_10

Apr 24 2024, 15.54

Bentuk tubuh ternyata bisa menempatkan sesorang pada risiko kanker kolorektal yang lebih tinggi. Hal tersebut diperingatkan oleh para ilmuwan.

Dilansir dari Newsweek, kanker kolorektal adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker di Amerika Serikat, menurut American Cancer Society, dengan sekitar 150.000 kasus baru diproyeksikan untuk tahun 2024. Secara keseluruhan, risiko seumur hidup untuk mengembangkan jenis kanker ini juga kira-kira 1 dari 23 untuk pria dan 1 dari 25 untuk wanita, meskipun para ilmuwan telah mengidentifikasi beberapa faktor yang dapat meningkatkan peluang kita untuk mengembangkan penyakit ini.

Banyak faktor terkait gaya hidup telah dikaitkan dengan kanker kolorektal, termasuk diet kaya daging merah dan olahan, merokok, minum banyak, dan obesitas. Tapi ternyata cara tubuh kita cenderung menambah berat badan juga berdampak.

Diketahui babwa tipe tubuh ada yang berbentuk "apel" dan "pir", yakni sebuah istilah yang banyak digunakan untuk menggambarkan distribusi lemak di sekitar tubuh. Tentu saja ada tipe tubuh lain juga, seperti jam pasir, segitiga terbalik dan penggaris. Masing-masing dari ini cukup jelas, tetapi kategori mana yang Anda cocokkan tergantung pada genetika, gaya hidup, jenis kelamin, dan usia Anda.

Sayangnya, banyak penelitian telah menemukan bahwa bentuk tubuh apel khususnya, yaitu satu dengan pinggang lebih besar dan pinggul lebih sempit, dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Asosiasi ini bertahan bahkan di antara mereka yang memiliki BMI yang sehat.

Sekarang, penelitian baru menunjukkan bahwa distribusi lemak pinggang-berat dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal kita juga.

"Bentuk tubuh terutama ditentukan oleh kombinasi faktor lingkungan dan genetik," Heinz Freisling, seorang ahli epidemiologi di Badan Internasional untuk Penelitian Kanker, mengatakan kepada Newsweek.

Freisling menuturkan, penentu lain dari tipe tubuh dapat berupa hormon, metabolisme, atau faktor lain yang belum diketahui.

“Meskipun kecenderungan genetik kita terhadap tipe tubuh tertentu tidak dapat diubah, kita dapat bertindak berdasarkan faktor lingkungan," katanya.

"Sebagai contoh, kita tahu bahwa merokok tembakau mendukung akumulasi lemak di sekitar pinggang. Menjadi aktif secara fisik, kurang menetap, dan makan makanan seimbang membantu menjaga berat badan yang sehat,” ia menambahkan.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances, Freisling dan rekan menemukan bahwa individu yang tinggi dengan tipe tubuh obesitas pusat, yaitu bentuk apel yang tinggi, lebih mungkin untuk mengembangkan kanker kolorektal. Obesitas umum juga dikaitkan dengan peningkatan risiko.

Studi ini menganalisis data dari 329.828 peserta dari Inggris. Biobank, database biomedis yang menyelidiki kontribusi genetika dan lingkungan masing-masing terhadap perkembangan berbagai penyakit, untuk menyelidiki hubungan antara tipe tubuh dan risiko kanker ini.

Selanjutnya, tim menyisir data genetik dari 460.198 peserta untuk menentukan apakah ada varian genetik spesifik yang terkait dengan salah satu dari jenis tubuh ini.

Secara keseluruhan, temuan mereka menunjukkan bahwa secara umum obesitas dan obesitas sentral, individu berbentuk apel berada pada risiko lebih tinggi terkena kanker kolorektal, meskipun mekanisme genetik yang mendukung jenis tubuh ini dan faktor risiko potensial kemungkinan memiliki asal biokimia yang berbeda.

"Salah satu temuan menarik dari penelitian kami adalah bahwa tipe tubuh ini tampaknya mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan, atau khususnya kolorektum, melalui proses sistemik daripada lokal," kata Freisling.

"Kami menemukan bahwa lebih banyak bentuk tubuh yang umumnya gemuk dikaitkan dengan gen yang diekspresikan secara berlebihan di daerah otak tertentu, sementara lebih banyak bentuk tubuh yang tinggi dan gemuk secara terpusat terutama dikaitkan dengan gen yang diekspresikan secara berlebihan di jaringan [lemak]. Jelas, ini menunjukkan bahwa kesehatan pencernaan setidaknya sebagian dapat berasal dari otak dan jaringan [lemak],” ia menambahkan.

Namun, hasil ini masih observasional dan tubuh manusia datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Tetapi penelitian ini merupakan langkah penting untuk mengenali pentingnya keragaman genetik dan tipe tubuh ketika mempertimbangkan analisis risiko kanker.

Penulis : Maidian Reviani