Menikmati Keindahan Hutan Mycelia, Perpaduan Unsur Alam, Seni dan Teknologi

blog_10

GAYA HIDUP

Jul 19 2024, 07.00

Setiap daerah di Indonesia memiliki daya tarik wisata unggulannya masing-masing, begitupun dengan Kota Bandung di  Jawa Barat. Selain terkenal memiliki berbagai macam kuliner yang lezat, Bandung juga memiliki destinasi wisata yang menarik dikunjungi. 

Satu di antaranya yang sukses menarik banyak perhatian wisatawan adalah Hutan Mycelia yang berada di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kalau biasanya wisata di Bandung menonjolkan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah, Hutan Mycelia sedikit berbeda. Pasalnya, Hutan Mycelia menawarkan wisata malam di kawasan Cikole yang menggabungkan unsur alam, seni, dan teknologi. 

Perlu waktu sekitar 50 menit perjalanan untuk sampai ke tempat wisata terpopuler satu ini. Namun, suasana magis di sekitar hutan, seakan langsung menghilangkan rasa lelah akibat perjalanan panjang. Anda akan disambut udara sejuk khas pegunungan, berpadu dengan permainan cahaya yang unik.

Apabila Anda mencari destinasi wisata yang unik dan estetik, maka Hutan Mycelia adalah pilihannya. Pasalnya, destinasi wisata satu ini menawarkan suasana yang artistik layaknya masuk ke negeri dongeng atau dunia peri. Ini berkat adanya pepohonan rindang, deretan bebatuan, serta bangunan unik mirip jamur dan iringan audio yang membuat suasana layaknya berada di negeri dongeng.

Dikutip dari laman Kemenparekraf, nama Mycelia merujuk pada jaringan jamur yang banyak ditemukan di hutan-hutan. Jangan heran apabila Anda menemukan banyak jamur di destinasi wisata popuuler ini. Mulai dari tayangan animasi tentang jamur, hingga patung dekorasi jamur yang lucu dan menggemaskan.

Daya tarik destinasi wisata Hutan Mycelia tidak hanya menawarkan suasana hutan yang magis saja. Area ini juga dikenal sebagai wisata alam dengan menyelipkan instalasi video mapping satu-satunya di Lembang. Anda bisa menemukan enam titik yang menggunakan video mapping sebagai sarana bercerita tentang jamur. Contohnya: Rumah Ras Jalar, Rumah Ras Jaga, Rumah Ras Tata, Rumah Ras Daur, Rumah Ras Semai, dan Portal Air Terjun. 

Di sini, Anda tidak hanya berwisata dan dibuat kagum dengan dekorasi jamur-jamur di dalam hutan saja. Tapi, juga berkesempatan wisata edukasi mengenal dunia jamur secara mendalam. Jalan-jalan di hutan Mycelia tidak akan membosankan, karena Anda bisa belajar lewat pencahayaan warna-warni dan elemen audio visual, yang membuat kegiatan belajar terasa lebih menyenangkan.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ibu Kota Pindah ke IKN, Jakarta Bisa Jadi Ikon Kota Global

LAINNYA

Jul 22 2024, 07.55

Salah satu peluang Jakarta saat ini bisa dilihat dari sisi pariwisata.


Generic placeholder image

Tempat Ini Tawarkan Wisata Religi Seperti di Mekkah dan Madinah

LAINNYA

Feb 12 2024, 14.15

Tempat manasik eksklusif ini merupakan miniatur Kota Mekkah dan Madinah yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya.


Generic placeholder image

Danau Toba, Pesona Menawan Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

LAINNYA

Feb 03 2024, 09.51

Danau yang megah ini dikelilingi oleh banyak pulau, terletak di bagian tengah Sumatera bagian utara.


Generic placeholder image

Enam Kota Tua di Indonesia yang Unik dan Nyaman untuk Liburan

LAINNYA

Jan 11 2024, 11.43

Kota tua kekayaan negara yang menyimpan banyak pengetahuan untuk dipelajari.


Generic placeholder image

Lima Destinasi Wisata di Malang yang Layak Dikunjungi

GAYA HIDUP

Dec 27 2023, 06.02

Lima destinasi wisata ini punya keunikan sendiri dan yang pasti Instagrammable.


Copyright Katadata 2022