Batu Ginjal Terbesar di Dunia Berhasil Diangkat

blog_10

GAYA HIDUP

Jun 16 2023, 09.15

Sebuah batu ginjal seukuran jeruk bali berhasil dikeluarkan dari seorang pasien di Sri Lanka, tepatnya di Rumah Sakit Angkatan Darat Kolombo. Batu ginjal dengan bobot 801 gram itu diklaim sebagai yang terbesar di dunia.

Dilansir dari CNN International, batu ginjal itu memiliki panjang 13.372 sentimeter (5,26 inci) dan berat 801 gram (1,76 lbs).

Sebelumnya, rekor tersebut dipecahkan oleh batu ginjal di India, dengan panjang 13 sentimeter, dan batu ginjal di Pakistan (dengan berat 620 gram), menurut Guinness World Records.

Pasien tersebut diidentifikasi sebagai Canistus Coonge yang berusia 62 tahun, yakni seorang pensiunan tentara. Dia telah mengalami sakit di perut sejak 2020 dan obat-obatan tidak membantu meredakan sakitnya.

Apa itu batu ginjal? 
Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, batu ginjal atau istilah medisnya adalah nefrolitiasis, merupakan terbentuknya materi padat dan keras yang menyerupai batu pada ginjal.

Batu tersebut berasal dari garam dan mineral di dalam ginjal. Masalah kesehatan ini bisa muncul di sepanjang saluran urine. Batu ginjal muncul karena limbah yang berada di dalam darah membentuk kristal dan menumpuk di bagian ginjal. Zat kimia yang bisa membentuk batu dan menyumbat saluran ginjal adalah asam oksalat dan kalsium. 

Seiring berjalannya waktu, kedua zat tersebut bisa semakin keras hingga seperti batu. Setelah terbentuk atau memadat, batu bisa menetap di ginjal atau berjalan ke arah saluran kemih. 

Terkadang, batu yang kecil dapat keluar melalui urine tanpa menimbulkan rasa sakit. Namun, batu yang terlalu besar dapat mengganggu aliran urine di ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra dan hal ini kadang menimbulkan rasa sakit.

Pencegahan batu ginjal
Cara terbaik untuk mencegah terbentuknya batu ginjal adalah dengan menurunkan risiko terjadinya kondisi ini. Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah:

1. Banyak minum air putih yaitu 2-3 liter setiap hari, terutama saat cuaca panas.
2. Berkonsultasi dengan dokter jika harus mengonsumsi suplemen kalsium atau vitamin.
3. Mengurangi konsumsi makanan yang menyebabkan asam urat tinggi.
4. Menurunkan berat badan atau menjaga berat badan agar tetap ideal.
5. Tidak mengonsumsi makanan tinggi kalsium secara berlebihan, seperti keju, susu sapi, dan yogurt.
6. Membatasi asupan garam.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Studi Ungkap Wanita Kehilangan Lebih Banyak Tahun Hidup Pasca Serangan Jantung

GAYA HIDUP

Jul 12 2024, 08.52

Wanita mengalami kehilangan harapan hidup lebih besar daripada pria, dan efeknya lebih signifikan pada mereka yang mengalami gangguan fungsi jantung setelah serangan jantung.


Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Copyright Katadata 2022