Tujuh Obat Alami Mengatasi Sariawan Membandel

blog_10

GAYA HIDUP

Aug 08 2023, 15.19

Sariawan di sekitar mulut bisa menyerang siapa pun dan jika sudah terjadi sangat membuat tidak nyaman para penderita. Pasalnya, gangguan ini menimbulkan rasa perih dan membuat penderita menjadi sulit berbicara hingga makan. 
 
Sariawan biasanya hilang setelah satu sampai dua minggu, bahkan tanpa pengobatan. Ada banyak faktor yang bisa membuat sariawan. Diantaranya seperti lidah tergigit, terkena sikat gigi, infeksi virus atau jamur, alergi makanan, menurunnya sistem kekebalan tubuh, cedera, hingga kekurangan nutrisi tertentu. 
 
Nah, jika Anda sedang mengalaminya sekarang, bisa coba beberapa cara untuk menyembuhkan sariawan tersebut secara alami. Berikut adalah cara menyembuhkan sariawan secara alami tanpa obat dilansir dari berbagai sumber.
 
1. Kumur air garam
Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menenangkan, sehingga dijadikan obat rumahan paling efektif untuk mengatasi berbagai masalah mulut. 

Menggunakan larutan garam untuk berkumur diyakini efektif untuk mengurangi peradangan, meredakan nyeri, sekaligus mempercepat proses penyembuhan jaringan yang terkena sariawan.
 
2. Teh chamomile
Chamomile diketahui mengandung senyawa anti radang dan antiseptik, yaitu azulene dan levomenol, yang mana dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. 

Anda dapat merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat. Kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut selama kurang lebih 5 menit sebanyak 3–4 kali sehari.
 
3. Madu
Madu memiliki sifat anti radang dan antibakteri, sehingga bisa untuk dijadikan obat sariawan alami. Oleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3–4 kali sehari hingga sariawan sembuh. Pakailah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.
 
4. Minyak kelapa
Minyak kelapa jadi salah satu obat sariawan alami karena mengandung asam laurat yang tinggi, sehingga bersifat antimikroba. Anda dapat mengoleskan sedikit minyak kelapa ke luka sariawan. Lakukan 3-4 kali dalam sehari hingga sariawan membaik.
 
5. Minum air putih yang banyak
Air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain membantu proses pencernaan, mengkonsumsi air putih juga bisa mencegah mulut kering. Pilihlah air mineral dengan kadar pH normal. 
 
6. Konsumsi buah dan sayur tinggi vitamin C
Vitamin C atau asam askorbat berfungsi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mendorong produksi sel darah putih. Anda perlu meningkatkan asupan harian dalam bentuk suplemen atau makanan buah dan sayur tinggi vitamin C untuk mempercepat penyembuhan sariawan.
 
7. Yoghurt
Yoghurt adalah minuman probiotik dengan kandungan kultur bakteri baik yang bermanfaat menghentikan pertumbuhan jamur Candida albicans secara berlebih. Merujuk dari Healthline, penyebab paling umum sariawan karena adanya pertumbuhan infeksi jamur berlebih dari jenis jamur Candida albicans.
 
Jamur tersebut memang hidup dalam mulut. Namun, saat sistem kekebalan tubuh seseorang sedang tidak seimbang maka jumlah jamur tersebut meningkat dan menyebabkan sariawan.
 
Maka dari itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut wajib dilakukan supaya terhindar dari sariawan. Rajinlah menyikat gigi dengan sikat gigi berkualitas baik dan berbulu sikat lembut agar tidak melukai jaringan lunak dalam mulut.

Kemudian, terapkan pola makan sehat dan cukupi nutrisi harian dan cukupi kebutuhan vitamin. Hindari konsumsi berlebih makanan pemicu sariawan seperti makanan pedas dan asam.

Namun, jika Anda mengalami sariawan yang besar, sangat menyakitkan dan berlangsung lama tanpa penyembuhan, datanglah ke dokter atau dokter gigi untuk mendapat penanganan.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Studi Ungkap Wanita Kehilangan Lebih Banyak Tahun Hidup Pasca Serangan Jantung

GAYA HIDUP

Jul 12 2024, 08.52

Wanita mengalami kehilangan harapan hidup lebih besar daripada pria, dan efeknya lebih signifikan pada mereka yang mengalami gangguan fungsi jantung setelah serangan jantung.


Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Copyright Katadata 2022