Studi: Jus Wortel Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Kurangi Peradangan

blog_10

GAYA HIDUP

Dec 19 2023, 06.26

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari University of Southern Denmark mengungkapkan, jus wortel dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. 

Para peneliti mempertimbangkan senyawa bioaktif falcarinol (FaOH) dan falcarindiol (FaDOH) yang ditemukan dalam jus wortel, yang dapat mempengaruhi peradangan.

Empat belas sukarelawan sehat berusia antara 20 dan 55 tahun menjalani tes darah sebelum dan satu jam setelah mengonsumsi jus.

Para sukarelawan mengonsumsi 30 gram bubuk wortel kering yang dibekukan dan dicampur dengan 500 mililiter air keran. Studi ini menunjukkan hasil yang menjanjikan setelah konsumsi, yang membuat para peneliti percaya bahwa asupan jus wortel dapat bermanfaat bagi penderita penyakit tertentu seperti diabetes dan kanker.

"Sebaliknya, asupan jus wortel mempengaruhi sitokin pro dan antiinflamasi dalam sampel plasma yang dirangsang LPS satu jam setelah asupan jus dibandingkan dengan tanpa asupan jus," demikian laporan penelitian tersebut dikutip dari laman New York Post.

Asupan wortel memiliki efek akut pada reaktivitas di beberapa bagian sistem kekebalan tubuh bawaan, dan senyawa bioaktif dalam wortel yang dapat menjelaskan efek ini kemungkinan besar adalah oksilipin asetilenik seperti FaOH dan FaDOH.

Ahli gizi dan ahli diet terdaftar Ilana Muhlstein, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, menyebut penelitian ini sangat menarik.

"Wortel adalah sumber makanan No. 1 untuk beta karoten, yang merupakan prekursor vitamin A yang penting untuk sistem kekebalan tubuh kita," kata Muhlstein.

Muhlstein menambahkan bahwa serat dalam wortel dapat berfungsi sebagai prebiotik, yang dapat membantu kesehatan usus dan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

"Serat juga dapat bermanfaat bagi kontrol gula darah, yang selanjutnya dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh," kata dia.

Para penulis studi mencatat dalam sebuah diskusi tentang temuan ini bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi dampak jus wortel pada fungsi kekebalan tubuh dan peradangan.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Polusi Udara Mempengaruhi Kehidupan Bahkan Sebelum Pembuahan

GAYA HIDUP

Jul 10 2024, 10.52

Temuan ini dibuat setelah tim peneliti menganalisis 3.659 transfer embrio beku dari 1.836 pasien di Perth, Australia, selama delapan tahun.


Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Copyright Katadata 2022