Hasil Jajak Pendapat: Orang yang Menikah Jauh Lebih Bahagia

blog_10

GAYA HIDUP

Feb 10 2024, 12.07

 Orang dewasa yang sudah menikah dilaporkan jauh lebih bahagia dibandingkan mereka yang berada dalam status hubungan lainnya. Hal itu terungkap dari sebuah jajak pendapat Gallup.

"Dengan cara apa pun Anda menganalisis data-data tersebut, kami melihat keuntungan yang cukup besar dan menonjol dari menikah dalam hal bagaimana orang mengevaluasi kehidupan mereka," kata penulis jajak pendapat Jonathan Rothwell, ekonom utama di Gallup, dikutip dari laman CNN.

Dari 2009 hingga 2023, lebih dari 2,5 juta orang dewasa di Amerika Serikat ditanyai bagaimana mereka menilai kehidupan mereka saat ini, dengan nilai nol sebagai nilai terburuk dan 10 sebagai nilai tertinggi. Kemudian para peneliti bertanya kepada responden tentang tingkat kebahagiaan mereka dalam lima tahun mendatang.

Untuk dianggap berkembang, seseorang harus memberi nilai tujuh atau lebih tinggi pada kehidupan mereka saat ini dan masa depan mereka yang diantisipasi sebagai delapan atau lebih tinggi, menurut survei tersebut.

Selama periode survei, orang-orang yang sudah menikah secara konsisten melaporkan tingkat kebahagiaan mereka lebih tinggi daripada rekan-rekan mereka yang belum menikah, mulai dari 12% hingga 24% lebih tinggi tergantung pada tahun, menurut data.

Kesenjangan ini tetap ada bahkan ketika para peneliti menyesuaikan faktor-faktor seperti usia, ras, etnis, jenis kelamin, dan pendidikan. Pendidikan adalah prediktor kuat untuk kebahagiaan, tetapi data menunjukkan bahwa orang dewasa yang sudah menikah dan tidak bersekolah di sekolah menengah menilai kehidupan mereka lebih baik daripada orang dewasa yang belum menikah dan memiliki gelar sarjana.

"Hal-hal seperti ras, usia, jenis kelamin, dan pendidikan memang penting. Namun, pernikahan tampaknya lebih penting daripada hal-hal tersebut dalam hal ukuran menjalani kehidupan terbaik," kata Bradford Wilcox, profesor sosiologi dan direktur National Marriage Project di University of Virginia yang mengulas dan menyunting penelitian Gallup Poll.

"Kita adalah hewan sosial. Dan seperti yang dikatakan Aristoteles, kita terprogram untuk terhubung," tambah Wilcox.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Pengalaman Masa Kecil yang Positif Terkait dengan Pengurangan Risiko Kecemasan

GAYA HIDUP

Apr 29 2024, 17.34

Pengalaman buruk dapat meningkatkan risiko depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan signifikan lainnya.


Generic placeholder image

Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Ini Prinsip Hidup Masyarakat Finlandia

LAINNYA

Mar 22 2024, 08.17

Sebagian besar kepuasan mereka juga berasal dari cara lembaga-lembaga di negara Finlandia yang sangat memperhatikan warganya.


Generic placeholder image

Ahli Harvard Sebut Uang Bisa Membeli Kebahagian

GAYA HIDUP

Oct 16 2023, 13.59

Arthur menjelaskan, uang memang tidak saja tidak bisa memberi Anda kebahagiaan, tapi uang bisa berdampak positif pada kesejahteraan.


Copyright Katadata 2022