Studi: Tidur Nyenyak Bikin Jantung Tenang

blog_10

GAYA HIDUP

Feb 27 2024, 06.36

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research mengungkapkan, tidur nyenyak dapat memberikan efek menenangkan pada jantung.

Para peneliti di University of Liége di Belgia dan University of Fribourg di Swiss menganalisis aktivitas listrik di jantung untuk memahami bagaimana tubuh bereaksi terhadap rangsangan eksternal saat tidur.

Mereka menemukan bahwa detak jantung orang berubah sebagai respons terhadap mendengar berbagai jenis kata bahkan ketika sedang tidur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan-pesan relaksasi yang diputar saat tidur membantu memperlambat detak jantung orang, sementara mendengar kata-kata netral tidak berpengaruh.

Saat terjaga, jantung manusia berdetak dengan kecepatan istirahat 60 hingga 100 detak per menit, tetapi saat tidur, kecepatan tersebut harus turun menjadi hanya 40 hingga 50 bpm. Ergo, para peneliti studi menafsirkan detak jantung yang menurun sebagai cerminan dari tidur yang lebih nyenyak.

"Kami tetap berhipotesis bahwa otak dan tubuh tetap terhubung bahkan ketika kita tidak dapat berkomunikasi sepenuhnya, termasuk saat tidur. Informasi otak dan tubuh perlu diperhitungkan untuk mendapatkan pemahaman penuh tentang bagaimana kita berpikir dan bereaksi terhadap lingkungan kita," kata Athena Demertzi, kepala Laboratorium Penelitian Fisiologi Kognisi di ULiége, dikutip dari laman New York Post.

Penelitian sebelumnya oleh tim Belgia-Swiss telah menunjukkan bahwa kata-kata yang menenangkan meningkatkan durasi tidur nyenyak dan kualitas tidur, sementara penelitian terbaru menambahkan dukungan pada hipotesis mereka dengan memasukkan aktivitas jantung dan otak ke dalam temuan.

"Sebagian besar penelitian tentang tidur berfokus pada otak dan jarang sekali menyelidiki aktivitas tubuh," ujar profesor ULiége, Christina Schmidt.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan orang dewasa untuk tidur setidaknya tujuh jam per malam, tetapi yang lebih penting daripada menghitung jam adalah memastikan bahwa waktu tersebut dihabiskan dengan baik  dalam tidur yang berkualitas.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Mendengarkan Kata Menenangkan Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

GAYA HIDUP

Feb 28 2024, 14.18

Kata-kata santai meningkatkan durasi tidur nyenyak dan kualitas tidur, serta menunjukkan bahwa kita dapat secara positif mempengaruhi tidur menggunakan kata-kata yang bermakna.


Generic placeholder image

Empat Tips Mendapatkan Tidur yang Nyenyak

GAYA HIDUP

Feb 28 2024, 05.35

Yang paling utama adalah tidur selama tujuh sampai sembilan jam per malam.


Generic placeholder image

Perlu Tahu, Ini 4 Kebiasaan Pengganggu Kualitas Tidur yang Harus Dihindari

GAYA HIDUP

Jan 03 2024, 16.48

Sekitar 50 hingga 70 juta orang Amerika Serikat mengalami gangguan tidur.


Generic placeholder image

Ingin Tidur Nyenyak, Cobalah Makan Pisang

GAYA HIDUP

Dec 05 2023, 14.29

Magnesium dan potasium yang dimiliki pisang berfungsi untuk mengendurkan otot yang dapat membantu menenangkan otak.


Copyright Katadata 2022