Ingin Tidur Nyenyak, Cobalah Makan Pisang

blog_10

GAYA HIDUP

Dec 05 2023, 14.29

Pisang memiliki banyak manfaat mulai dari meningkatkan energi hingga mengurangi rasa kembung. Namun, ada satu manfaat pisang yang belum banyak diketahui orang. Ternyata pisang bisa membuat Anda tidur nyenyak.

Makan pisang tepat sebelum tidur dapat membantu orang mendapatkan tidur yang berkualitas. Informasi itu dirilis Sleep Charity, yang memberikan tips bagi mereka yang berharap bisa istirahat malam yang lebih baik.

Menurut yayasan yang berbasis di Inggris ini, pisang dapat membantu Anda tertidur lebih cepat berkat kandungan magnesium dan potasium yang tinggi. Magnesium dan potasium berfungsi untuk mengendurkan otot serta triptofan yang dapat membantu menenangkan otak.

Buah ini juga bekerja mirip dengan melatonin, yang digunakan banyak orang untuk mendapatkan istirahat yang lebih baik.

Pisang juga memiliki manfaat lebih dari sekadar kualitas tidur berkat daftar panjang nutrisi, seperti kalium, vitamin C, vitamin B6, serat, dan banyak lagi, yang beberapa di antaranya membantu meningkatkan tingkat energi.  Secara khusus, kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko hipertensi.

Pisang memang hanya memiliki sedikit protein dan tidak mengandung lemak, namun kaya akan karbohidrat, air, serat, dan antioksidan. Menurut FoodData Central dari Departemen Pertanian AS, satu buah pisang ukuran sedang mengandung 1 gram protein, 29 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 112 kalori. Dikutip dari laman Sky News, salah satu manfaat terbaik dari pisang adalah kandungan seratnya yang tinggi, yang dapat melancarkan pencernaan.

Pektin, serat yang ditemukan pada pisang matang dan mentah juga dapat membantu melunakkan feses dan mencegah sembelit dan berpotensi mengurangi risiko kanker usus besar.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Tidur Dapat Membantu Orang Mengatasi Perasaan Kesepian

GAYA HIDUP

Jun 04 2024, 20.50

Kesepian dinyatakan sebagai masalah kesehatan masyarakat.


Generic placeholder image

Makanan Ini Bisa Membuat Anda Tidur Nyenyak

GAYA HIDUP

Mar 26 2024, 21.49

Pisang sangat membantu untuk tidur karena mengandung magnesium.


Generic placeholder image

Mendengarkan Kata Menenangkan Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

GAYA HIDUP

Feb 28 2024, 14.18

Kata-kata santai meningkatkan durasi tidur nyenyak dan kualitas tidur, serta menunjukkan bahwa kita dapat secara positif mempengaruhi tidur menggunakan kata-kata yang bermakna.


Generic placeholder image

Empat Tips Mendapatkan Tidur yang Nyenyak

GAYA HIDUP

Feb 28 2024, 05.35

Yang paling utama adalah tidur selama tujuh sampai sembilan jam per malam.


Copyright Katadata 2022