Paus Fransiskus Izinkan Influencer Online Menjadi Orang Suci

blog_10

LAINNYA

May 24 2024, 13.51

Carlos Acutis yang meninggal pada 2006 di usia 15 tahun akan menjadi santo milenial pertama. Acutis adalah remaja yang lahir di London dan mendapat julukan pembawa pengaruh Tuhan dengan menyebarkan ajaran gereja Katolik secara online.

Kanonisasi Acutis dilakukan setelah Paus Fransiskus mengaitkan mukjizat kedua baginya. Kanonisasi merupakan sebuah proses yang melibatkan pembuktian bahwa kandidat telah menjalani kehidupan dengan kebajikan heroik sehingga layak untuk dinyatakan sebagai santo atau santa.

Dilansir dari laman Euronews, Acutis diyakini berperan dalam pemulihan seorang siswa di Florence yang mengalami pendarahan otak karena trauma kepala. Peristiwa itu menandai langkah pertama menuju kesuciannya pada 2020.

Sebelumnya, Acutis dikreditkan dengan mukjizat untuk menyembuhkan seorang anak Brasil dengan penyakit bawaan. Acutis meninggal di Monzo setelah didiagnosis menderita leukemia. 

Acutis mendapat pengakuan karena meluncurkan sebuah situs web yang mendokumentasikan setiap mukjizat Ekaristi yang dilaporkan, yang membuatnya mendapat julukan “Pemberi Pengaruh Tuhan” setelah kematiannya.

Kesucian dimungkinkan setelah seseorang memiliki dua mukjizat dalam namanya. Mereka biasanya diselidiki selama beberapa bulan. Paus Fransiskus mengesahkan kanonisasi beberapa orang, termasuk Beato Giuseppe Allamano, Marie-Léonie Paradis dari Quebec, Kanada, dan Elena Guerra. 

Ia juga menyetujui kanonisasi delapan biarawan Fransiskan dan tiga orang awam Maronit yang dibunuh di Damaskus, Suriah, pada 860. Hingga kini, tanggal Acutis akan dikanonisasi belum ditetapkan.

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Paus Fransiskus: Jangan Biarkan Algoritma Menentukan Nasib Manusia

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 15 2024, 13.02

Tidak ada mesin yang boleh memilih untuk mengambil nyawa manusia.


Generic placeholder image

Pesan Paus Fransiskus terkait Konflik Bersenjata dan Perdamaian

LAINNYA

May 19 2024, 14.00

Upaya untuk memaksakan visi yang seragam hanya akan menumbuhkan frustrasi dan kekerasan.


Copyright Katadata 2022