Target BTN Jakarta International Marathon di 2025, Diikuti 20 Ribu Pelari

blog_10

LAINNYA

Jun 24 2024, 14.31

Jakarta Marathon yang digelar sejak 2013 bertransformasi menjadi Jakarta International Marathon. Tahun ini, BTN dipercaya menjadi sponsor utama. Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, perubahan wajah Jakarta Marathon ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran internasional tentang kota Jakarta.

“Karena itu rute yang steril merupakan prasyarat sebagaimana perlombaan internasional di kota-kota besar dunia lainnya. Sebab, pesertanya pun makin banyak. Tahun lalu, yang berpartisipasi 10 ribu pelari, sekarang membeludak hingga 15.000 orang. Peserta dari luar negeri cukup banyak, total ada 232 pelari. Mereka datang dari 30 negara. Peserta asing terbanyak dari Kenya dan Jepang, masing-masing 56 dan 48 pelari,” kata Nixon di Jakarta, Minggu (23/6/2024).

Menurut Nixon, BTN Jakarta International Maratahon 2024 sudah menjadi ajang bergengsi dan berkelas dunia. Hal ini lantaran Jakim sudah menyandang predikat World Athletics Label Road Races yang dilabelkan oleh oleh badan atletik dunia World Athletics. 

Dia berharap, BTN dapat melanjutkan dukungannya pada tahun depan untuk mencapai cita-cita Jakarta sebagai kota sports tourism yang mendunia. 

“Pada tahun depan, kami berharap pesertanya bisa mencapai lebih dari 20.000 orang. Seperti halnya di London Marathon dan New York Marathon yang pesertanya lebih dari 50.000 orang,” ujar Nixon. 

Sejumlah tokoh memeriahkan Jakim 2024 ini. Selain PJ Gubernur Jakarta Heru Budi dan manajemen BTN, pejabat negara yang ikut lari seperti Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, dan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. Adapula para selebritas nasional.

Untuk mengamankan maraton ini, tim aparat menerjunkan 1.207 personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi Jakarta. Dan sejak pukul 02:00 hingga 12:00, sebagian ruas jalan utama ditutup untuk kelancaran Jakim 2024. Warga yang hendak melintas diarahkan ke jalan-jalan alternatif. 

Di beberapa titik sepanjang rute maraton, para peserta mendapat dukungan semangat dari cheering guide. Mereka ada yang membawakan tarian dan nyanyian Betawi. Ada pula yang mempertontonkan pencak silat. Sorak-sorai juga datang dari komunitas-komunitas lari untuk menyemangati timnya. Tak sedikit pula teriakan- teriakan datang dari warga yang menonton. 

Mereka bertepuk tangan dan menyemangati setiap peserta yang melintas. Untuk meramaikan suasana, ada juga yang membawa balon tepuk hingga botol air mineral. Sorak-sorai makin bergemuruh mendekati garis finish di GBK Senayan. 

Pada ajang kali ini, para pelari dari Kenya hampir menyapu bersih semua juara kategori maraton. Geoffrey Kiprotich Birgen juara pertama kategori pria dan Sheila Jepkosgei Chesang di perempuan. Keduanya dari Kenya. Para pemenang yang naik podium memperebutkan total hadiah Rp 3 miliar.

Penulis : Muchamad Nafi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

BTN Jakarta International Marathon Diikuti 15 Ribu Peserta dari 32 Negara

LAINNYA

Jun 21 2024, 07.24

BTN JAKIM juga telah memperoleh lisensi dari asosiasi atletik dunia, World Athletics.


Copyright Katadata 2022