Penyesalan Umum yang Dialami Orang Sebelum Meninggal, Diungkap Mantan Pekerja Rumah Sakit

blog_10

LAINNYA

Jun 26 2024, 14.21

Penulis buku “The Top Five Regrets of the Dying” yang terbit pada tahun 2011, dan penduduk asli Australia bernama Bronnie Ware menghabiskan delapan tahun sebagai pekerja rumah sakit dan merawat orang-orang dengan penyakit serius yang seringkali berakibat fatal.

Setelah menjalin hubungan dekat dengan banyak pasien, dia menyadari bahwa para pasien sering kali berharap bisa membuat lebih banyak keputusan untuk diri mereka sendiri, alih-alih berusaha menyenangkan orang-orang di sekitar mereka.

Ware mengatakan, mayoritas pasien yang ia temui dan sedang berhadapan dengan kematian kerap memiliki satu penyesalan yang paling umum, yaitu mereka berharap mempunyai keberanian untuk menjalani kehidupan yang jujur ​​pada diri sendiri, bukan kehidupan yang diharapkan orang lain.

“Ketika orang menyadari bahwa hidup mereka hampir berakhir dan melihat ke belakang dengan jelas, mudah untuk melihat berapa banyak impian yang tidak terpenuhi. Kebanyakan orang tidak mencapai bahkan setengah dari impian mereka dan harus mati karena mengetahui bahwa itu disebabkan oleh pilihan yang telah mereka buat, atau tidak buat,” tulis Ware dalam postingan blognya, dikutip dari laman CNBC Make It, Rabu (26/6/24).

Melihat banyaknya penyesalan yang dialami oleh pasien, Ware mengungkapkan beberapa tips mengatasi penyesalan di awal kehidupan.

1. Pekerjaan hidup adalah menemukan pekerjaan hidup
Konsep “hidup secara autentik” mungkin terdengar mudah, namun akan sulit jika tidak benar-benar tahu apa yang Anda inginkan dalam hidup, atau  tidak merasa nyaman dengan diri sendiri, kata Ware pada podcast “Happy Place” tahun lalu.

“Ada banyak tekanan untuk mencari tahu apa yang ingin Anda lakukan. Namun kutipan dari Buddha yang selalu saya sukai adalah: Pekerjaan hidup Anda adalah menemukan pekerjaan hidup Anda,” katanya.

Menurut dia, Anda dapat memulai dengan menuliskan aktivitas sehari-hari dan memberi peringkat pada skala satu hingga 10, berdasarkan kepentingan dan seberapa besar kepuasan yang diberikan kepada Anda. Latihan ini memberi pemahaman yang lebih baik tentang apa yang Anda sukai dan apa yang paling banyak dilakukan.

2. Berikan izin pada diri sendiri untuk ‘memperlambat’
Sangat mudah untuk panik jika Anda belum mengetahui kehidupan Anda di usia 20-an, 30-an atau lebih. Namun menemukan minat Anda adalah sebuah maraton, bukan lari cepat, kata Ware.

“Bagi sebagian orang, butuh waktu seumur hidup untuk mengetahui apa yang sebenarnya ingin Anda lakukan di sini. Namun, menurut saya, yang terpenting adalah memberi diri Anda izin untuk memperlambat diri dan menyesuaikan diri dengan diri sendiri, dan itu membutuhkan banyak keberanian,” ujar dia.

“Anda hanya perlu meminta izin dari diri sendiri untuk mengatakan, ‘Saya tahu saya punya semua tanggung jawab ini, tetapi ini sangat penting bagi saya. Dan jika saya bisa lebih menghargai diri sendiri, saya akan menunjukkan diri saya dengan lebih baik kepada semua orang yang saya hormati,’” Ware menambahkan.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Copyright Katadata 2022