Berapa Harga Medali Emas di Olimpiade 2024 Kalau Dijual?

blog_10

LAINNYA

Aug 01 2024, 05.34

Hadiah yang paling didambakan di Olimpiade yaitu medali emas ternyata hanya sedikit mengandung emas. Benda ini memiliki berat 529 gram, tetapi hanya enam gram yang terbuat dari emas  atau sekitar 1,3% dari total berat medali. Sedangkan sisanya adalah perak murni. Bagian emas hanya terdiri dari lempengan yang diletakkan di atas inti perak.

Hingga Olimpiade Stockholm 1912, medali emas hampir seluruhnya terbuat dari emas. Namun, kebijakan penghematan uang pasca-Perang Dunia I membuat jumlah emas yang digunakan untuk membuat medali menurun. Ini mulai diterapkan pada Olimpiade 1920 di Antwerp.

Namun, medali perak masih sepenuhnya terbuat dari perak, sedangkan medali perunggu adalah campuran tembaga, timah, dan seng. Oxford Economics memperkirakan nilai medali emas Olimpiade Paris mencapai €950 atau sekitar Rp16 juta.

Perkiraan ini sejalan dengan nilai pasar emas 24 karat dan perak sterling saat ini per gram. Namun, medali Paris 2024 dihiasi dengan detail yang dapat meningkatkan nilainya secara signifikan di masa depan: sepotong besi dari kerangka asli Menara Eiffel, ditempatkan di tengah-tengah medali, yang menampilkan logo Paris 2024.

Potongan-potongan besi ini diambil dari menara ikonik ini selama berbagai proyek renovasi dan modernisasi selama bertahun-tahun dan kemudian diawetkan oleh pihak berwenang. Keputusan untuk mengaitkan hadiah Olimpiade dengan simbol ibu kota Prancis diambil oleh komite atlet, yang diketuai oleh legenda biathlon Prancis, Martin Fourcade.

Laman Euronews menulis, Paris 2024 mengerjakan desainnya bersama Chaumet, rumah perhiasan dan jam tangan mewah Prancis yang telah berusia lebih dari dua abad dan berbasis di Paris.

Oxford Economics mengatakan, nilai medali emas Olimpiade akan meningkat dari tahun ke tahun, mencapai sekitar €1.500 pada 2032, saat Australia menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas di Brisbane.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Penutupan Olimpiade Diwarnai Aksi Tom Cruise Lompat dari Atap Stadion

LAINNYA

Aug 12 2024, 06.53

Tom Cruise telah lama menjadi penggemar dan pendukung Olimpiade.


Generic placeholder image

Bulutangkis Gagal Pertahankan Tradisi Emas Olimpiade

LAINNYA

Aug 04 2024, 14.37

Gregoria Mariska Tunjung terhenti di babak semifinal.


Generic placeholder image

Jumlah Penonton Olimpiade Paris Naik 79% Berkat Snoop Dogg

LAINNYA

Aug 03 2024, 21.53

Snoop Dogg, yang bergabung dalam acara lari obor Olimpiade, telah menghasilkan banyak hal menarik di media sosial.


Generic placeholder image

Tom Cruise Dikabarkan Akan Lakukan Aksi Skydive di Acara Penutupan Olimpiade

LAINNYA

Aug 02 2024, 06.43

Cruise diharapkan dapat memainkan peran penting dalam transisi simbolis dari Paris ke Olimpiade Los Angeles 2028 dengan aksi yang megah.


Generic placeholder image

Efek Olimpiade, Wisatawan Enggan Berlibur di Paris

EKONOMI & BISNIS

Jul 12 2024, 06.58

Maskapai Delta Airlines berpotensi merugi 100 juta dolar AS.


Copyright Katadata 2022