Peneliti Temukan Mikroplastik di dalam Jantung Manusia

blog_10

LAINNYA

Aug 16 2023, 07.23

Tim ilmuwan dari Rumah Sakit di Anzhen, Beijing Cina menemukan mikroplastik yang biasanya ada di dalam kemasan makanan dan cat ditemukan dalam jantung manusia untuk pertama kalinya.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Amrtican Chemical Society menyebutkan, til imluwan di RS tersebut menganalisis jaringan jantung dari 15 pasien yang menjalani operasi kardiovaskular.

Mikroplastik, yang lebarnya kurang dari 5 milimeter - atau seukuran penghapus pensil, dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan rongga tubuh lainnya. 

Dokter Kun Hua, Xiubin Yang dan tim mereka ingin menyelidiki apakah partikel-partikel ini dapat masuk ke dalam sistem kardiovaskular manusia melalui paparan tidak langsung dan langsung.

Para peneliti mengumpulkan dan menganalisis jaringan jantung pasien serta sampel darah dari setengah partisipan. Mereka mendeteksi puluhan hingga ribuan potongan mikroplastik di sebagian besar sampel jaringan dan menemukan sampel plastik di semua sampel darah.

Sembilan jenis plastik ditemukan dalam lima jenis jaringan jantung. Penelitian ini juga menemukan bukti yang menunjukkan bahwa beberapa mikroplastik secara tidak sengaja masuk ke dalam tubuh pasien selama operasi.

Plastik yang ditemukan di tiga bagian jantung yang berbeda termasuk poli (metil metakrilat), plastik yang biasa digunakan sebagai alternatif kaca yang tahan pecah. Partikel-partikel ini tidak dapat dikaitkan dengan paparan yang tidak disengaja selama operasi.

Polietilena tereftalat, yang digunakan dalam wadah pakaian dan makanan, serta polivinil klorida (PVC), yang tersebar luas di bingkai jendela, pipa drainase, cat, dan banyak lagi, juga ditemukan. 

"Deteksi MP in vivo [mikroplastik] mengkhawatirkan, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki bagaimana MP masuk ke jaringan jantung dan efek potensial dari MP [mikroplastik] pada prognosis jangka panjang setelah operasi jantung," ungkap tim peneliti, dikutip dari laman New York Post.

Tahun lalu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa manusia mengonsumsi sekitar 5 gram partikel plastik kecil setiap minggu, atau kira-kira seberat kartu kredit Anda.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Rekor Jumlah Penonton di Piala Dunia Perempuan 2023

LAINNYA

Aug 22 2023, 07.33

Jumlah penonton final Piala Dunia Perempuan 2023 lebih banyak dibandingkan penonton final Wimbledon 2023.


Generic placeholder image

Pengiklan Terbesar di Dunia Mulai Beralih ke AI, Hemat Biaya 20 Kali Lipat

EKONOMI & BISNIS

Aug 21 2023, 08.50

Nestle dan Unilever akan mulai beralih ke AI untuk mempromosikan produk mereka ke pasar.


Generic placeholder image

Tantangan Indonesia sebagai Negara Rawan Bahaya di Hari Kemanusiaan Sedunia

LAINNYA

Aug 18 2023, 18.21

Sepanjang tahun ini, 62 pegiat kemanusiaan tewas dalam krisis di seluruh dunia.


Generic placeholder image

Pulau di Skotlandia Dijual dengan Harga Rp30 Miliar

LAINNYA

Aug 18 2023, 08.57

Harga ini dianggap relatif rendah karena kebanyakan rumah di London harganya jauh lebih mahal.


Generic placeholder image

IBM Buat Prototipe Chip yang Hemat Energi

TEKNOLOGI DIGITAL

Aug 16 2023, 08.20

Prototipe ini dapat menghasilkan chip AI yang lebih efisien dan lebih sedikit menguras baterai untuk smartphone.


Copyright Katadata 2022