Tantangan Indonesia sebagai Negara Rawan Bahaya di Hari Kemanusiaan Sedunia

blog_10

LAINNYA

Aug 18 2023, 18.21

19 Agustus diperingati sebagai Hari Kemanusiaan Sedunia. Perserikatan Bangsa-Bangsa mengingatkan bahwa tahun ini akan menjadi tahun dengan jumlah korban pegiat kemanusiaan yang tinggi.

20 tahun setelah serangan mematikan terhadap PBB di Irak, pegiat kemanusiaan tetap berkomitmen untuk membantu, #ApapunYangTerjadi (#NoMatterWhat), meskipun risikonya semakin besar.

Sepanjang tahun ini, 62 pegiat kemanusiaan tewas dalam krisis di seluruh dunia, 84 terluka dan 33 diculik, menurut data sementara dari tim peneliti Aid Worker Security Database pada Humanitarian Outcomes. Jumlah kematian tahun lalu mencapai 116.

Sudan Selatan menempati peringkat tertinggi dalam hal ketidakamanan selama beberapa tahun berturut-turut. Empat puluh serangan terhadap pegiat kemanusiaan dan 22 kematian dilaporkan pada 10 Agustus.

Sudan berada di urutan kedua, dengan 17 serangan terhadap pegiat kemanusiaan dan 19 kematian dilaporkan sepanjang tahun ini. Jumlah tersebut melampaui jumlah yang tidak terdata sejak puncak konflik Darfur antara 2006 dan 2009.

Korban pekerja kemanusiaan lainnya tercatat di Republik Afrika Tengah, Mali, Somalia dan Ukraina. Tahun lalu, 444 pegiat kemanusiaan diserang. Tahun sebelumnya, terdapat 460 penyerangan, mengakibatkan 141 kematian.

Hari Kemanusiaan Sedunia tahun ini juga menandai 20 tahun sejak serangan bom bunuh diri tahun 2003 di markas besar PBB di Canal Hotel di Baghdad, Irak, yang menewaskan 22 staf PBB. Sekitar 150 orang lagi – pegiat kemanusiaan lokal dan internasional yang membantu merekonstruksi Irak – juga terluka pada hari kelam itu.

Tantangan yang dihadapi Indonesia sebagai negara rawan bahaya akan tetap ada. Modal sosial untuk bekerja sama (gotong royong) adalah kunci untuk lebih meningkatkan ketahanan bangsa terhadap bencana dalam berbagai skala dan besaran. 

Konflik sosial, peristiwa cuaca ekstrem, dan risiko iklim terkait lainnya serta dampak residual dari pandemi COVID-19 akan terus membutuhkan pendekatan holistik dan terkoordinasi dari komunitas kemanusiaan, mitra pemerintah, masyarakat sipil, dan komunitas rentan.

Terlepas dari tantangan keamanan dan akses, semua lapisan pegiat kemanusiaan berkampanye tahun ini untuk menyoroti komitmen berkelanjutan mereka untuk memberikan komunitas yang mereka layani, tidak peduli siapa, di mana pun,  #NoMatterWhat.

Dalam menghadapi kebutuhan urusan kemanusiaan yang meroket, PBB dan mitranya bertujuan untuk membantu hampir 250 juta orang dalam krisis di seluruh dunia – 10 kali lebih banyak daripada 2003.

Peringatan Hari Kemanusiaan Sedunia menyoroti pentingnya kerjasama multipihak dalam upaya kemanusiaan untuk terus beradaptasi menghadirkan dunia yang lebih baik.

Peringatan Hari Kemanusiaan Sedunia pada tahun ini diselenggarakan bersama oleh UN OCHA, bekerja sama dengan badan-badan PBB lainnya di Indonesia, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Kementerian Sosial dengan dukungan pemangku kepentingan pemerintah lainnya, LSM, organisasi lintas agama,  dan bekerja sama dengan PT Integrasi Transit Jakarta.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Rekor Jumlah Penonton di Piala Dunia Perempuan 2023

LAINNYA

Aug 22 2023, 07.33

Jumlah penonton final Piala Dunia Perempuan 2023 lebih banyak dibandingkan penonton final Wimbledon 2023.


Generic placeholder image

Pengiklan Terbesar di Dunia Mulai Beralih ke AI, Hemat Biaya 20 Kali Lipat

EKONOMI & BISNIS

Aug 21 2023, 08.50

Nestle dan Unilever akan mulai beralih ke AI untuk mempromosikan produk mereka ke pasar.


Generic placeholder image

Pulau di Skotlandia Dijual dengan Harga Rp30 Miliar

LAINNYA

Aug 18 2023, 08.57

Harga ini dianggap relatif rendah karena kebanyakan rumah di London harganya jauh lebih mahal.


Generic placeholder image

IBM Buat Prototipe Chip yang Hemat Energi

TEKNOLOGI DIGITAL

Aug 16 2023, 08.20

Prototipe ini dapat menghasilkan chip AI yang lebih efisien dan lebih sedikit menguras baterai untuk smartphone.


Generic placeholder image

Peneliti Temukan Mikroplastik di dalam Jantung Manusia

LAINNYA

Aug 16 2023, 07.23

Mikroplastik dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan rongga tubuh lainnya.


Copyright Katadata 2022