Rekor Jumlah Penonton di Piala Dunia Perempuan 2023

blog_10

LAINNYA

Aug 22 2023, 07.33

Untuk kali pertama, Spanyol menjadi juara di turnamen sepak bola Piala Dunia Perempuan 2023. Di partai pamungkas, Spanyol menundukkan Inggris dengan skor tipis 1-0.

Spanyol menjadi negara kedua setelah Jerman yang bisa menjadi juara Piala Dunia Perempuan dan juga Piala Dunia Laki-laki. Partai final antara Spanyol melawan Inggris disaksikan 12 juta penonton melalui tayangan BBCOne. Jumlah penonton tersebut mengalahkan jumlah penonton partai final turnamen tenis Wimbledon, Juli lalu yang hanya 11,3 juta penonton.

Di Spanyol, 8,8 juta penonton menyaksikan siaran langsung partai final dari televisi. Bukan itu saja, partai semifinal antara tuan rumah Australia melawan Inggris disaksikan 11,3 juta penonton. Ini adalah jumlah penonton terbesar dalam sebuah tayangan televisi di Australia.

Rata-rata jumlah penonton Piala Dunia 2023 adalah 7,13 juta per pertandingan. Sebuah jumlah yang fantastis mengingat selama ini  sepak bola perempuan kalah pamor dibandingkan sepak bola laki-laki.

Pengajar di Monash University Australia Thomas Heenan mengungkapkan, terjadi peningkatan jumlah penonton untuk pertandingan olahraga perempuan.

“Saya rasa pasar untuk pertandingan olahraga perempuan sudah ada. Piala Dunia 2023 menjadi bukti,” ujar Heenan dikutip dari Reuters.

Padahal, Piala Dunia Perempuan 2023 nyaris tidak ditayangkan di sejumlah negara Eropa. Ini karena terjadinya tarik  ulur terkait hak siar dengan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

FIFA mengancam tidak akan memberikan hak siar karena nominal yang diajukan di bawah harapan. Inggris dan Spanyol ternasuk negara yang mengajukan angka hak siar di bawah harapan FIFA.

Melalui negosiasi ulang yang berlangung ketat,, FIFA akhirnya memberikan hak siar Piala Dunia Perempuan 2023. Untuk kali pertama, hak siar Piala Dunia Perempuan berdiri sendiri dan tidak disatukan dengan hak siar Piala Dunia Laki-laki yang digelar di Qatar tahun lalu.

"Saya pikir kami harus bergulat dengan beberapa orang untuk mengambil kesepakatan TV. Yah, saya harap mereka mengucapkan 'Terima kasih!" kata Jill Ellis, pelatih di balik kampanye pemenang Piala Dunia 2015 dan 2019 Amerika Serikat.

Piala Dunia Perempuan 2023 yang sukses disaksikan jutaan penonton menjadi sebuah batu lompatan untuk meningkatkan pamor sepak bola perempuan.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Pengiklan Terbesar di Dunia Mulai Beralih ke AI, Hemat Biaya 20 Kali Lipat

EKONOMI & BISNIS

Aug 21 2023, 08.50

Nestle dan Unilever akan mulai beralih ke AI untuk mempromosikan produk mereka ke pasar.


Generic placeholder image

Tantangan Indonesia sebagai Negara Rawan Bahaya di Hari Kemanusiaan Sedunia

LAINNYA

Aug 18 2023, 18.21

Sepanjang tahun ini, 62 pegiat kemanusiaan tewas dalam krisis di seluruh dunia.


Generic placeholder image

Pulau di Skotlandia Dijual dengan Harga Rp30 Miliar

LAINNYA

Aug 18 2023, 08.57

Harga ini dianggap relatif rendah karena kebanyakan rumah di London harganya jauh lebih mahal.


Generic placeholder image

IBM Buat Prototipe Chip yang Hemat Energi

TEKNOLOGI DIGITAL

Aug 16 2023, 08.20

Prototipe ini dapat menghasilkan chip AI yang lebih efisien dan lebih sedikit menguras baterai untuk smartphone.


Generic placeholder image

Peneliti Temukan Mikroplastik di dalam Jantung Manusia

LAINNYA

Aug 16 2023, 07.23

Mikroplastik dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan rongga tubuh lainnya.


Copyright Katadata 2022