Tiga Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Melewati Pos Keamanan Bandara

blog_10

LAINNYA

Dec 23 2023, 06.51

Musim liburan Natal dan Tahun Baru 2024 sebentar lagi tiba. Jika Anda hendak berlibur naik pesawat, banyak hal yang perlu betul-betul diperhatikan, supaya tidak bermasalah dengan pihak kemanaan bandara dan tidak membuat Anda terlambat untuk masuk ke dalam pesawat.

Dilansir dari laman Reader's Digest, survei yang dilakukan USA Today Blueprint menunjukkan bahwa ada 59% dari semua pelancong telah membuat kesalahan di pos pemeriksaan Transportation Security Administration (TSA) dalam lima tahun terakhir.

USA Today Blueprint mensurvei 5.000 pelancong Amerika Serikat, yang semuanya telah mengambil setidaknya satu penerbangan dalam lima tahun terakhir. Jajak pendapat ini dilakukan antara 3 Oktober dan 9 Oktober 2023, termasuk sampel representatif dari semua 50 negara bagian.

Responden survei ditanyai 15 pertanyaan dalam tiga kategori: bagasi dan kemasan berlebih, kesiapsiagaan secara keseluruhan dan pos pemeriksaan TSA. Dari sana, pertanyaan juga berfokus pada topik termasuk online vs check-in langsung, alasan dihentikan oleh agen TSA, masalah bagasi dan proses deplaning. 

Selanjutnya, jawaban digunakan untuk menyusun skor Inefisiensi keseluruhan, yang menentukan negara bagian di mana pelancong paling dan paling tidak efisien, serta kesalahan paling umum di pos pemeriksaan TSA.

Hasil survei menunjukkan ada tiga kesalahan umum teratas yang sering dilakukan penumpang, sehingga mereka kerap tertahan di pos pemeriksaan TSA.

Kesalahan #1: Lupa melepas ikat pinggang dan sepatu

Melepas sabuk dan sepatu Anda telah menjadi aturan TSA selama 20 tahun lebih. Ini adalah kesalahan yang mudah dibuat dan pada kenyataannya, itu adalah yang paling umum dari kelompok itu. 

Survei menunjukkan 28% responden jajak pendapat mengakui bahwa mereka telah melakukannya. Padahal, itu dapat dipakai untuk menghabiskan waktu yang berharga selama di Bandara.

Ketika Anda lupa melepas sabuk dan sepatu, agen TSA akan mengirim Anda kembali ke konveyor untuk mengambil tempat atau plastik dan menempatkan barang-barang Anda di dalamnya, dan kemudian membuat Anda melalui seluruh proses lagi.

Kesalahan #2: Berjalan melalui X-Ray dengan ponsel, perhiasan atau kunci

Kesalahan ini berbagi posisi teratas dalam survei, dengan 28% pelancong lainnya lupa memasukkan barang-barang ini ke dalam tempat pemeriksaan sebelum mencoba berjalan melalui alat X-Ray yang full body. 

Alat tersebut kita ketahui untuk memperingatkan agen TSA terhadap barang logam dan non-logam yang dapat menimbulkan ancaman, tetapi terkadang barang-barang berbahaya, termasuk ini, dapat memicunya. 

Kesalahan #3: Tidak mengeluarkan elektronik dari barang bawaan

23% responden mengakui melakukan hal tersebut dan kesalahan ini mungkin yang terburuk dari kelompok itu. 

Perlu diingat bahwa agen TSA benar-benar perlu memeriksa laptop, tablet, dan e-reader untuk alasan keamanan. Sebagai permulaan, barang-barang ini dapat memblokir agen TSA untuk melihat barang-barang lain di dalam tas Anda, termasuk yang mungkin menimbulkan risiko tersembunyi di balik atau bahkan di dalamnya. 

Agen TSA juga ingin memastikan barang Anda adalah real deal dan bukan sesuatu yang lebih jahat. Itu sebabnya mereka mungkin meminta Anda untuk menyalakan laptop Anda untuk membuktikan bahwa itu adalah komputer yang asli dan berfungsi.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Survei: Nilai Transaksi QRIS Mencapai 3 Juta Rupiah dalam Satu Kali Pembayaran

EKONOMI & BISNIS

Jun 26 2024, 10.55

Survei dilakukan secara online terhadap total 1,092 responden.


Generic placeholder image

Survei: 73% Pekerja Pernah Alami Perlakuan Tidak Menyenangkan

LAINNYA

Jun 25 2024, 13.15

Survei dilakukan terhadap 1.412 pekerja secara online dengan responden tersebar diseluruh wilayah Indonesia.


Generic placeholder image

45% Perempuan Pernah Mengalami Perlakuan Tidak Menyenangkan di Kantor

LAINNYA

Jun 03 2024, 13.47

Hal ini menjadi krusial karena memiliki dampak signifikan terhadap individu, perusahaan, dan masyarakat secara keseluruhan.


Generic placeholder image

Survei: Cuti Melahirkan Pengaruhi Pilihan Tempat Kerja

EKONOMI & BISNIS

May 03 2024, 16.31

Pekerja menilai jika cuti yang memadai penting bagi kesejahteraan ibu dan bayi.


Generic placeholder image

Studi: Berhenti Merokok Sebelum 40 Tahun Dapat Hidup Panjang

GAYA HIDUP

Feb 13 2024, 09.46

Studi ini melibatkan sekitar 1,5 juta orang dewasa dari AS, Inggris, Kanada, dan Norwegia yang diikuti selama 15 tahun.


Copyright Katadata 2022