TikTok Raup 10 Miliar Dolar AS dari Belanja Konsumen Global

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Dec 19 2023, 12.23

Platform berbagi video TikTok  menjadi aplikasi pertama yang bukan merupakan game mobile yang menghasilkan 10 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 155 triliun dari belanja konsumen global. TikTok diperkirakan akan menjadi aplikasi dengan pendapatan tertinggi di sepanjang sejarah.

Empat aplikasi lainnya yang diidentifikasi oleh penyedia intelijen aplikasi data.ai telah mencapai tonggak sejarah tersebut adalah game: Candy Crush Saga dari Activision Blizzard, Honor of Kings dari Tencent, Monster Strike dari Mixi, dan Clash of Clans dari Supercell.

Candy Crush adalah game dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa dengan lebih dari 12 miliar dolar AS atau lebih dari Rp180 triliun dalam pembelanjaan pengguna seumur hidup. Jumlah tersebut didasarkan pada pendapatan yang diperoleh dari Google Play dan iOS App Store milik Apple. Namun TikTok diperkirakan akan menjadi lebih besar dari game populer tersebut.

"TikTok siap untuk menjadi aplikasi mobile dengan pendapatan tertinggi yang pernah ada - mendekati angka 15 miliar dolar AS pada 2024. Konsumen menghabiskan lebih dari 11 juta dolar AS per hari untuk memberikan tip kepada pembuat konten favorit mereka, mendorong TikTok melewati game seluler paling menguntungkan di dunia hingga saat ini," kata Lexi Sydow, kepala wawasan di data.ai, dilansir dari laman CNN

"TikTokers siap untuk menghabiskan 40 jam kerja setiap bulannya di aplikasi ini pada akhir 2024, [yang meningkat] 22% dari 2023," tambah Sydow.

Pengeluaran tersebut berasal dari pembelian koin dalam aplikasi TikTok, yang dapat digunakan untuk membeli hadiah bagi para influencer di platform tersebut. Hadiah-hadiah ini memberikan penghargaan kepada para kreator untuk konten mereka dan dapat diuangkan serta TikTok mempertahankan 50% dari pembayaran.

Menurut data.ai, pembelian dalam aplikasi yang paling populer di TikTok tahun ini adalah paket 1.321 koin seharga 19,99 dolar AS, yang mencapai seperempat dari pendapatan dalam aplikasi. Selain belanja dalam aplikasi, aplikasi video pendek yang sangat populer ini juga memiliki sumber pendapatan lain seperti iklan dan e-commerce.

Data.ai mengungkapkan, aplikasi kencan Tinder dan platform video YouTube adalah aplikasi terdekat berikutnya dengan pencapaian 10 miliar dolar AS. Mereka membuntuti TikTok dengan selisih antara 2 hingga 3 miliar dolar AS pada tahun ini.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Menonton Konten TikTok Berdampak Negatif terhadap Kepuasan Citra Tubuh

GAYA HIDUP

Aug 12 2024, 19.00

Media sosial hanya memperburuk masalah citra tubuh bagi kaum muda.


Generic placeholder image

Akun TikTok CNN Diambilalih Peretas, Ini Komentar TikTok

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 05 2024, 06.01

Malware ini memungkinkan peretas untuk mengambil alih akun tanpa korban harus mengklik tautan apa pun.


Generic placeholder image

TikTok Uji Coba Pengguna Bisa Unggah Video Sampai 60 Menit

TEKNOLOGI DIGITAL

May 17 2024, 11.38

TikTok telah meningkatkan batas tersebut selama beberapa tahun terakhir.


Generic placeholder image

61% Pengguna TikTok Langsung Belanja saat Melihat Konten Komersial yang Menarik

EKONOMI & BISNIS

May 03 2024, 08.15

Konsumen tidak terlalu peduli dengan siapa yang merekomendasikan tapi kepada informasi yang dikomunikasikan dalam konten itu.


Generic placeholder image

Dipakai untuk Penelitian, TikTok Tarik Fitur Pelacakan Tagar

TEKNOLOGI DIGITAL

Jan 12 2024, 13.19

TikTok mengonfirmasi mengenai adanya perubahan tersebut.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022