Fitur AI di Ponsel Pintar, Upaya Samsung Kalahkan Apple

blog_10

TEKNOLOGI DIGITAL

Feb 05 2024, 15.19

Samsung terus melakukan inovasi untuk bisa mengalahkan Apple di pasar telepon seluler. Salah satunya dengan mengeluarkan smartphone premium terbaru yang memiliki beberapa fungsi artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Ponsel baru ini akan memiliki terjemahan suara dua arah secara real-time dari panggilan telepon langsung, yang dilakukan dalam dua bahasa yang berbeda, yang menurut perusahaan, seri Galaxy S24 adalah ponsel pintar pertama yang menawarkannya.

Tersedia dalam 13 bahasa yang berbeda, fungsi AI pada perangkat tersebut ditawarkan melalui pelatihan AI generatif Samsung.

Samsung juga menawarkan fungsi "circle-to-search", di mana dengan melingkari bagian mana pun dari sebuah gambar di layar akan mencarinya secara otomatis di Google. 

Fitur lainnya adalah terjemahan AI, dan mengubah nada pesan menjadi santai, formal, bisnis atau media sosial.

AI di perangkat mengacu pada fungsi AI generatif yang diunduh ke setiap perangkat pengguna setelah dilatih, yang tidak perlu terhubung ke cloud.

Perusahaan seperti Qualcomm dan Samsung menggembar-gemborkan AI di perangkat sebagai yang lebih aman untuk informasi pribadi, karena tidak perlu mengirim data ke cloud untuk digunakan.

Menurut perkiraan penyedia data Canalys hanya lima persen dari ponsel pintar yang dikirim pada tahun ini, yang akan memiliki kemampuan AI, tetapi jumlah ini akan meningkat menjadi 45 persen pada tahun 2027 mendatang.

“Dalam jangka panjang, AI generatif pada perangkat pasti akan berdampak signifikan pada pasar ponsel pintar, terutama dalam hal pengalaman pengguna", kata Jene Park, Analis Senior di Counterpoint, dikutip dari Channel News Asia.

“Namun, hal ini mungkin tidak akan langsung mempengaruhi pembelian smartphone, karena butuh waktu untuk fungsi AI generatif untuk menggabungkan lebih banyak data dan lebih baik untuk meningkatkan nilai bagi konsumen,” tambah Park.

Apple mengungguli Samsung dalam pengiriman smartphone pada tahun 2023 lalu. 

Menurut penyedia data International Data Corporation, Apple sukses menggeser Samsung untuk pertama kalinya sejak 2010 karena permintaan untuk perangkat premium, yaitu segmen yang didominasi Apple, yang telah melampaui pertumbuhan pasar.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Ini Penyebab iPhone Kembali Kalah Bersaing dengan Samsung

EKONOMI & BISNIS

Apr 16 2024, 05.26

Konsumen di Cina mulai beralih dari iPhone ke smartphone buatan lokal.


Generic placeholder image

Apple Berhasil Kalahkan Samsung di Pasar Ponsel, Ini Rahasianya

EKONOMI & BISNIS

Jan 28 2024, 13.39

Apple menguasai lebih dari 20% pangsa pasar global, posisi yang dipegang Samsung sejak 2010.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Mar 08 2022

 Jun 28 2022

 Aug 24 2022

Copyright Katadata 2022