Tips Wawancara Kerja di Sektor Jasa Keuangan

blog_10

EKONOMI & BISNIS

May 17 2023, 05.04

Sektor jasa keuangan dan asuransi termasuk bidang yang selalu diminati para pencari kerja di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah tenaga kerja di jasa keuangan dan asuransi pada 2021 tercatat sebanyak 1,6 juta pekerja dengan pertumbuhan 2,56 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). 

Karir di bidang keuangan sangat beragam dan memiliki potensi perkembangan yang luas. Nah, untuk bisa berkesempatan bekerja di bidang finance, seperti pekerjaan di bidang lainnya, Anda perlu melakukan persiapan menyeluruh, mulai dari CV hingga interview. Jangan sampai CV tidak relevan dengan posisi spesifik di bidang finance. 

Bekerja di posisi finance, memerlukan berbagai keterampilan spesifik di antaranya pemahaman bisnis dan ekonomi, kemampuan analisis, kemampuan akuntansi, serta kemampuan mengoperasikan perangkat lunak.

Setelah yakin dengan keterampilan yang diperlukan, Anda dapat mengajukan lamaran pekerjaan sembari mempersiapkan wawancara kerja. Persiapan untuk wawancara tidak hanya meliputi menyiapkan dokumen, kesehatan, dan pakaian yang sesuai. Simak tips wawancara kerja di sektor keuangan.

Pelajari posisi yang ingin dilamar
Cari tahu dan pelajari mengenai posisi yang ingin dilamar. Pahami betul job description dan kriteria yang diberikan oleh perekrut. Saat wawancara kerja, perekrut akan memberikan pertanyaan mengenai posisi yang dilamar.

Kenali perusahaan tujuan
Selain mempelajari posisi yang diinginkan, Anda juga sebaiknya mempelajari perusahaan yang membuka lowongan tersebut. Pahami visi dan misi perusahaan tersebut. Pastikan Anda memahami perusahaan tersebut bergerak di bidang apa dan kegiatan apa saja yang dijalankan. Cari tahu mengenai budaya kerja di perusahaan itu. 

Anda juga dapat mempelajari kondisi umum sektor industri dari perusahaan yang dilamar. Wawancara adalah kesempatan bagi kandidat untuk menilai bisnis dan perannya. Jadi jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan yang membantu Anda dalam karier ke depannya.

Latihan wawancara kerja
Dengan melakukan latihan wawancara kerja, Anda dapat mengevaluasi berbagai hal penting saat wawancara. Contohnya intonasi saat menjawab pertanyaan, bahasa tubuh, dan lain-lain. Saat latihan, Anda dapat belajar cara memperkenalkan diri saat interview dengan profesional. Sebelum melakukan latihan wawancara kerja, Anda perlu membuat daftar pertanyaan.

Jadikan Anda sebagai nilai tambah
Dalam proses wawancara, sebaiknya fokus pada nuansa pencapaian sendiri dan bagaimana pengaruhnya di perusahaan sebelumnya. Jadikan diri Anda nilai tambah, terutama dalam hal memamerkan soft skill. Perusahaan mencari kandidat dengan keseimbangan keterampilan teknis dan pribadi yang baik.

Percaya diri
Tampil percaya diri ketika wawancara. Tapi, ada garis tipis antara menyajikan pengalaman dan tampil terlalu percaya diri. Jadi, pastikan Anda menunjukkan kepada perekrut bahwa Anda memiliki kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan.

Penulis : M. Rofiyandi

Editor : Sapto Pradityo


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

45% Perempuan Pernah Mengalami Perlakuan Tidak Menyenangkan di Kantor

LAINNYA

Jun 03 2024, 13.47

Hal ini menjadi krusial karena memiliki dampak signifikan terhadap individu, perusahaan, dan masyarakat secara keseluruhan.


Generic placeholder image

Dapatkah Pekerjaan Anda Melindungi Otak dari Demensia? Ini Penjelasannya

GAYA HIDUP

May 20 2024, 11.12

Pekerjaan yang melibatkan stimulasi mental, termasuk di bidang pendidikan dan teknik, dapat membantu membangun cadangan kognitif.


Generic placeholder image

Gen Z Sering Langgar Aturan Perusahaan Dibandingkan Generasi Lainnya

LAINNYA

May 17 2024, 07.20

Pelanggaran tersebut juga tidak luput dari perhatian para pekerja lain.


Generic placeholder image

Karyawan Tipe Ini Rentan Mengalami Kelelahan

GAYA HIDUP

May 15 2024, 08.21

Menemukan pekerjaan yang membuat Anda bersemangat memang menyenangkan, tetapi kegembiraan itu tidak seharusnya menentukan harga diri Anda.


Generic placeholder image

Membuat Otak Bekerja Keras Bisa Mencegah Masalah Memori di Masa Depan

GAYA HIDUP

Apr 19 2024, 14.22

Melibatkan otak secara aktif dalam profesi Anda dapat menurunkan risiko mengalami masalah memori dan kognitif seiring bertambahnya usia.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022