Cara BCA Membuat Nasabah Setia dan Memiliki Hubungan Emosional
EKONOMI & BISNIS
May 02 2024, 14.19
Komunikasi yang ringan dan menghibur merupakan salah satu cara yang dilakukan Bank Central Asia untuk memenuhi kebutuhan informasi dari nasabah. Komunikasi yang diberikan tidak melulu yang normatif tetapi juga harus edukatif.
Deputi Presiden Direktur BCA Armand Hartono mengungkapkan, selama ini BCA selalu menjadikan nasabah sebagai produk yang paling penting. Karena itu, setiap nasabah mempunyai keluhahan atau masalah maka BCA akan mencarikan solusinya.
“Salah satu contohnya terkait scam dan fraud. Kami tahu kalau menjadi korban scam atau fraud itu bisa membuat Anda sangat dongkol. Karena itu, BCA bekerja sama dengan komunitas hiburan, aktor dan juga aktris untuk mengedukasi masyarakat agar tidak menjadi korban fraud dan juga scam,” kata Armand saat menjadi pembicara di Asia Pasific Media Forum 2024 di Bali, Kamis (1/5/2024).
BCA membuat video edukasi terkait fraud yang diberi judul: Don’t Know, Kasih No yang dibintangi aktor kawakan Indro. Menurut Armand, nasabah membutuhkan informasi yang sangat terkait dengan perilaku mereka sehari-hari.
Kata Armand, BCA juga selalu berupaya untuk menghibur dan membuat nyaman nasabah. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah ketika berada di Bank.
“Ketika netizen memuji pelayanan Satpam di BCA dan menjadi trending topic, itu sebenarnya merupakan cara kami untuk membuat nasabah tetap setia dan nyaman serta memiliki hubungan emosional. Kami juga menganggap Satpam adalah bagian dari keluarga besar BCA,” jelas Armand.
Armand menambahkan, BCA juga mempunyai misi untuk bisa terus bertahan menghadapi disruspi dan segala ketidakpastian bersama-sama dengan nasabah.
“Yang paling penting dalam kehidupan adalah kehidupan itu sendiri. Prioritas kami adalah untuk selalu bisa bertahan di dalam semua kondisi. Bagaimana Anda bisa bertahan? Jangan hidup sendirian. Apabila Anda ingin berjalan jauh maka jalan lah bersama-sama,” ungkap Armand.
Dia menjelaskan, ada banyak hal yang tidak bisa dikontrol seperti bencana alam. Namun, ada hal yang bisa dikontrol yaitu People, Process dan Teknologi. Armand berprinsip ketidakpastian justru membuat hidup semakin indah.
“Kami di BCA itu harus gesit dalam menghadapi segala hal termasuk disrupsi. Di BCA, menjadi gesit itu contohnya adalah mengorganisir tim kecil dan bekerja bersama-sama. Selain itu, kami juga selalu mendukung ide-ide baru, mengizinkan tim untuk mencoba ide-ide baru dan belajar dari pengalaman,” kata Armand.