Mengaku Peduli Lingkungan, Tapi Nyatanya Gen Z Lebih Suka Belanja Fast Fashion

blog_10

EKONOMI & BISNIS

May 07 2024, 07.12

Laporan terbaru dari toko barang bekas online ThredUp mengungkapkan bahwa Generasi Z ternyata kecanduan fast fashion, meski mereka mengaku peduli terhadap lingkungan. Fast fashion merupakan istilah yang digunakan oleh industri tekstil untuk menggambarkan produksi berbagai model fesyen yang cepat berganti dalam waktu singkat. Tak hanya itu, industri ini cenderung menggunakan bahan baku berkualitas rendah yang tidak awet.

Dilansir dari Katadata.co.id, industri fast fashion juga sangat terkait dengan konsep ‘limbah fashion’. Keberadaan industri ini merupakan salah satu faktor utama dalam menciptakan polusi limbah mode yang berpotensi merusak ekosistem, termasuk pencemaran air, tanah, dan emisi gas rumah kaca yang dapat menyebabkan perubahan iklim. 

Kembali pada laporan ThredUp, seperti dilansir dari New York Post, meskipun mayoritas mengatakan mereka ingin berbelanja dengan lebih ramah lingkungan (65%), sepertiga dari mereka yang disurvei oleh ThredUp mengatakan mereka kecanduan fast fashion. 

Lottie Lashley (25) misalnya, mengatakan dia menggunakan belanja sebagai mekanisme untuk membantunya beradaptasi di tahun pertama kuliahnya. Mantan shopaholic asal London ini menghabiskan waktu senggangnya dengan menjelajahi situs-situs fast-fashion, dan menghabiskan sekitar $120 per bulan atau senilai Rp192 juta.

Generasi Z sekarang menganggap dirinya sebagai pecandu fast fashion yang telah mengalami reformasi setelah menyadari dampak lingkungan dari belanjanya, namun banyak dari rekan-rekan mereka belum melakukan reformasi meskipun ada klaim dari generasi tersebut yang memiliki kesadaran lingkungan.

Dibandingkan generasi lainnya, generasi Z lebih mungkin mengatakan bahwa krisis iklim adalah kekhawatiran utama mereka. Namun, mereka tetap menjadi pembeli fast fashion dalam jumlah besar meskipun dampak lingkungan dari industri ini sudah menjadi rahasia umum di kalangan generasi.

Perlu diketahui bahwa Industri fesyen, secara keseluruhan, merupakan konsumen air terbesar kedua dan bertanggung jawab atas 2% hingga 8% terhadap emisi karbon global. 

“Saya merasa ada semacam disonansi pada Gen Z ketika kita mengatakan bahwa kita peduli terhadap keberlanjutan, namun kemudian semua influencer Gen Z yang memengaruhi jutaan orang meminta kita untuk beralih ke merek-merek fast fashion yang hanya dipakai sebanyak tiga kali,” kata Estella Struck (22), pendiri agen pemasaran yang berfokus pada merek berkelanjutan, mengatakan kepada Business Insider, dikutip dari New York Post.

Data konsumen dalam laporan ini berasal dari survei terhadap 1.989 Gen Z Amerika (usia 16-25 tahun), dengan mengajukan pertanyaan
tentang perilaku belanja mereka pada musim kembali ke sekolah ini, serta hubungan dan persepsi mereka terhadap fast fashion.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Gen Z Sering Langgar Aturan Perusahaan Dibandingkan Generasi Lainnya

LAINNYA

May 17 2024, 07.20

Pelanggaran tersebut juga tidak luput dari perhatian para pekerja lain.


Generic placeholder image

Gen Z Tidur Lebih Cepat dan Lebih Lama

GAYA HIDUP

Feb 07 2024, 05.34

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan orang dewasa untuk tidur setidaknya selama tujuh jam setiap malam.


Generic placeholder image

Gen Z Suka Kurang Tidur Karena Masalah Uang

EKONOMI & BISNIS

Feb 06 2024, 16.56

Masalah keuangan mereka membuat mereka terjaga di malam hari.


Generic placeholder image

Gen Z Disebut Cenderung Impulsif Belanja Skincare

GAYA HIDUP

Jan 31 2024, 11.45

Gen Z banyak membeli skincare saat live shopping berlangsung.


Generic placeholder image

Mayoritas Gen Z Bergantung kepada Orang Tua untuk Dukungan Finansial

EKONOMI & BISNIS

Jan 29 2024, 05.42

Hampir 1 dari 5 orang dewasa berusia 30 hingga 34 tahun memiliki orang tua yang membantu membayar tagihan rumah tangga mereka.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022