Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Jadi Karyawan Baru

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jul 26 2023, 14.06

Saat memasuki hari pertama kerja, banyak para karyawan baru yang merasa canggung dan bingung apa saja yang harus dilakukan. Padahal, memberikan kesan yang baik itu penting, sehingga tidak membuat Anda terlihat buruk di lingkungan pekerjaan.

Namun jangan khawatir akan hal ini, karena ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghadapi hari pertama bekerja di kantor baru. Dilansir dari media sosial Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, berikut hal yang wajib Anda perhatikan saat menjadi karyawan baru.

1. Pupuk rasa percaya diri
Percaya diri merupakan suatu hal yang harus Anda memiliki dan terus kembangkan. Sebab, jika tidak percaya diri maka semua kerjaan yang harus Anda lakukan akan terus bimbang dan tak kunjung selesai.

2. Usahakan datang tepat waktu
Minggu pertama adalah tentang kesan pertama, jadi penting untuk menunjukkan komitmen Anda dengan berada di kantor semaksimal mungkin. Banyak atasan yang menilai seorang pegawai dari kehadiran waktu saat datang. Datang tepat waktu akan menunjukkan semangat kerja yang kamu miliki.

3. Berpenampilan menarik dan sopan
Berpenampilan menarik dan sopan merupakan hal yang wajib Anda lakukan, karena seseorang dapat dinilai dari cara berpakaian. Bila Anda menarik dilihat, Anda akan mempunyai citra yang positif di kalangan kolega maupun atasan.

4. Coba beradaptasi dengan rekan kerja
Berusahalah untuk mengenal semua rekan kerja Anda. Semakin cepat Anda beradaptasi, semakin cepat pula Anda melakukan kerja sama yang efisien bersama rekan kerja. Siapkan pertemuan di luar kantor, seperti pergi ke kedai kopi atau makan siang untuk membangun hubungan.

5. Cari mentor yang bisa mengajarkan Anda agar lebih cepat berkembang
Mencari mentor yang dapat mengajarkan Anda agar dapat berkembang lebih cepat ini bisa berupa teman yang sudah berpengalaman.

Namun,bagi para fresh graduate sebaiknya tidak terlalu berharap pada banyak hal terbaik, karena dunia kerja terutama bagi level pemula tidak semudah yang dibayangkan.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Dapatkah Pekerjaan Anda Melindungi Otak dari Demensia? Ini Penjelasannya

GAYA HIDUP

May 20 2024, 11.12

Pekerjaan yang melibatkan stimulasi mental, termasuk di bidang pendidikan dan teknik, dapat membantu membangun cadangan kognitif.


Generic placeholder image

Penelitian: Bekerja Shift Malam Rentan Alami Diabetes dan Obesitas

GAYA HIDUP

May 13 2024, 07.41

Peserta shift malam juga tidak memiliki sinkronisasi dalam proses yang terlibat dalam produksi dan sensitivitas insulin.


Generic placeholder image

Tidak Meminta Kenaikan Gaji Jadi Salah Satu Penyesalan Saat Berkarir

EKONOMI & BISNIS

Mar 22 2024, 07.31

Lebih banyak orang yang mengatakan mereka menyesali pekerjaan mereka terlalu lama.


Generic placeholder image

60% Orang yang Melakukan Pekerjaan Berjam-jam Adalah Perempuan

EKONOMI & BISNIS

Mar 22 2024, 07.17

Bagi sebagian wanita, melakukan pekerjaan ganda lebih merupakan masalah pilihan daripada kebutuhan.


Generic placeholder image

Cara Menjawab Pertanyaan ‘Ceritakan Tentang Diri Anda’ Saat Interview Kerja

EKONOMI & BISNIS

Feb 21 2024, 07.25

Ini adalah salah satu pertanyaan wawancara kerja yang paling umum, tapi memerlukan perhatian khusus untuk merangkai jawabannya.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022