Survei: Milenial Dibesarkan dalam Keluarga yang Berbicara tentang Uang

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Dec 01 2023, 06.31

Survei yang dilakukan Forbes Advisor mengungkapkan, hampir tiga perempat generasi milenial, yang lahir antara 1981 dan 1996, tumbuh dalam keluarga yang berbicara tentang uang. Sebaliknya, hanya 41% generasi boomer yang  pernah berbicara dengan orang tua mereka tentang keuangan.

Survei Forbes Advisor dan survei lainnya menunjukkan fenomena bahwa semakin muda usia Anda, semakin besar kemungkinan Anda dibesarkan dalam keluarga yang berbicara tentang uang.

Jajak pendapat Forbes, yang dilakukan terhadap 2.000 orang dewasa pada  September lalu menemukan bahwa generasi boomer adalah yang paling kecil kemungkinannya untuk berasal dari keluarga yang mendiskusikan keuangan (41%), diikuti oleh Generasi Z (55%), Generasi X (57%), dan generasi milenial (73%).

Survei terbaru lainnya, yang dilakukan oleh Northwestern Mutual, menemukan bahwa orang Amerika Serikat belajar tentang keuangan di usia yang semakin muda. Generasi Boomers, rata-rata pertama kali membicarakan masalah keuangan keluarga pada usia 22 tahun. 

Generasi X pertama kali membahas keuangan pada usia 20 tahun, generasi milenial pada usia 18 tahun, dan Gen Z pada usia 15 tahun. Survei tersebut dilakukan terhadap 2.740 orang Amerika pada  Februari dan Maret.

"Orang-orang berbicara tentang uang di usia yang lebih muda, yang menurut saya sangat fenomenal," kata Chad Lewis, seorang penasihat keuangan pribadi Northwestern Mutual yang berbasis di luar Chicago, dikutip dari laman USA Today.

Lewis, seorang milenial berusia 36 tahun, telah berbicara dengan orang tuanya tentang uang sejak SMP.

Survei Forbes menunjukkan bahwa tren keuangan keluarga telah mencapai puncaknya di kalangan milenial. Jika demikian, maka generasi milenial mungkin harus berterima kasih kepada orang tua mereka yang merupakan generasi boomer.

Beberapa pakar bisnis berteori bahwa generasi boomer memperjuangkan pengajaran keuangan kepada anak-anak milenial mereka karena orang tua mereka tidak banyak mengajarkan tentang uang.

Generasi boomer sebagian besar tumbuh dalam rumah tangga yang dikepalai oleh anggota Generasi Terbesar dan Generasi Senyap, yang lahir antara tahun 1901 dan 1945.

Menurut beberapa perkiraan, generasi Boomer menguasai hampir $80 triliun aset. Sebagian besar dari kekayaan tersebut akan diwariskan kepada anak-anak generasi milenial, yang berpotensi menjadi transfer kekayaan terbesar dalam sejarah Amerika. Menurut para ahli, kekayaan tersebut memberikan motivasi bagi generasi boomer untuk mengajarkan anak-anak mereka tentang uang.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Literasi Keuangan Perempuan Penting bagi Perekonomian Keluarga dan Negara

EKONOMI & BISNIS

Jun 27 2024, 10.38

OJK mendorong para perempuan menjadi duta-duta literasi keuangan di masyarakat.


Generic placeholder image

Terlanjur Pinjam Uang ke Rentenir? Begini Tips Menghadapinya

EKONOMI & BISNIS

May 20 2024, 16.45

Terdapat risiko besar meminjam kepada rentenir, biasanya akan dikenakan persentase bunga yang cukup besar.


Generic placeholder image

Jumlah Milenial yang Mengidap Kanker Kolorektal Terus Meningkat

GAYA HIDUP

Mar 06 2024, 19.48

Kanker ini merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada pria di bawah 50 tahun.


Generic placeholder image

Generasi Milenial Berpotensi Menjadi Generasi Terkaya

EKONOMI & BISNIS

Mar 02 2024, 11.25

Kekayaan ke generasi muda akan sangat membantu dalam meningkatkan investasi yang berkelanjutan.


Generic placeholder image

Generasi Milenial Lebih Suka Menghabiskan Malam di Rumah

EKONOMI & BISNIS

Jan 12 2024, 07.39

Hal tersebut karena meningkatnya biaya hidup.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022