Jam Kerja 4 Hari dalam Seminggu Memiliki Manfaat untuk Karyawan

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jan 09 2024, 12.53

Saat ini banyak perusahaan yang telah menerapkan empat hari kerja dalam seminggu dan melihatnya sebagai manfaat besar bagi perusahaan dan karyawan itu sendiri.

Dilansir dari laman CNBC Make It, Procurify yang berbasis di Vancouver, merupakan salah satu perusahaan yang melakukan kebijakan pengurangan waktu kerja dalam seminggu. Mereka menganggap hal itu adalah solusi untuk menghemat biaya selama pandemi.

Selain hemat biaya, salah satu pendiri dan CEO Procurify Aman Mann menuturkan, kebijakan pemangkasan hari kerja hanya empat hari dalam seminggu tujuannya adalah untuk membantu staf melewati masa ekonomi sulit dan mengurangi kelelahan.

Para atasan dan pekerja sepakat bahwa empat hari kerja dalam seminggu memiliki manfaat besar bagi produktivitas, semangat kerja, tingkat stres, dan keseimbangan kehidupan kerja, menurut eksperimen global baru-baru ini .

Mayoritas pekerja dan pencari kerja, 81% juga mendukung empat hari kerja dalam seminggu, dan 1 dari 3 orang akan berhenti dari pekerjaan mereka saat ini demi pekerjaan yang jadwalnya dipersingkat.

Secara keseluruhan, Mann optimis bahwa empat hari kerja dalam seminggu akan menjadi standar baru dalam dunia bisnis. Karena semakin banyak perusahaan yang menggunakan kecerdasan buatan untuk bekerja lebih efisien. 

Mann yakin jam kerja tidak akan terlalu ditentukan oleh jumlah jam tertentu dan lebih banyak tentang “tujuan tepat yang dapat kita selesaikan sebagai sebuah tim.”

Dikutip pada laman Business News Daily, Saundra Dalton-Smith, dokter dan penulis Sacred Rest: Recover Your Life, Renew Your Energy, Restore Your Sanity juga menuturkan, stres yang berlebihan menyebabkan para pekerja berganti-ganti pekerjaan yang baru dan tentu tidak mengeluarkan solusi.

"Saat ini begitu banyak orang yang merasa tidak berada dalam posisi yang stabil, sehingga mereka beralih ke pekerjaan baru. Kemudian, mereka menemukan diri mereka dalam situasi yang sama (stres),” kata Dalton-Smith.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Menghindari 10 Irisan Bacon Seminggu Bisa Memperpanjang Umur

GAYA HIDUP

Jul 08 2024, 08.39

Hasil studi terbaru yang diterbitkan dalam Lancet Planetary Health, perubahan pola makan kecil ini berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.


Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Survei: 73% Pekerja Pernah Alami Perlakuan Tidak Menyenangkan

LAINNYA

Jun 25 2024, 13.15

Survei dilakukan terhadap 1.412 pekerja secara online dengan responden tersebar diseluruh wilayah Indonesia.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Generic placeholder image

Kasus Kanker Penis Meningkat di Seluruh Dunia! Kenali Gejalanya

GAYA HIDUP

Jun 24 2024, 18.54

Para peneliti juga mengamati peningkatan insiden kanker penis standar usia di 15 negara.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022