Pertama Kali dalam Sejarah, Apple Kuasai Pangsa Pasar Ponsel di Cina

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Jan 27 2024, 05.42

Untuk kali pertama di sepanjang sejarah, Apple menjadi menjadi vendor ponsel pintar terbesar di Cina berdasarkan pengiriman. Menurut International Data Corporation (IDC), pangsa pasar pembuat iPhone di Cina mencapai 17,3% pada 2023, sebuah rekor tertinggi untuk perusahaan di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Pengiriman smartphone Apple secara keseluruhan turun 2,2% dari tahun ke tahun pada 2023, sementara pasar secara keseluruhan turun 5%. Pengiriman adalah perangkat yang dikirim Apple ke penjual pihak ketiga dan tidak sama dengan penjualan langsung. Namun, mereka merupakan indikasi permintaan.

"Naiknya Apple ke posisi teratas pada 2023, terutama mengingat persaingan baru dari Huawei dan sentimen belanja yang lemah, menandai kesuksesan yang luar biasa bagi Apple," kata Arthur Guo, analis riset senior di IDC China, dilansir dari laman CNBC.

"Apple mencapai hal ini berkat promosi harga yang tepat waktu di saluran pihak ketiganya, yang mendorong permintaan,” kata Guo.

Banyak platform penjualan online di Cina menawarkan diskon untuk iPhone 15 pada kuartal keempat. Bahkan bulan ini, Apple melakukan langkah langka dengan menawarkan diskon di seluruh jajaran iPhone 15 di situs webnya sendiri di Cina untuk menjaga momentum.

Pasar ponsel pintar Cina telah terpukul karena lingkungan ekonomi yang tidak menentu di negara tersebut dan belanja konsumen yang lemah. Pada 2023, Honor, spin-off dari perusahaan Cina Huawei, menduduki posisi kedua dengan pangsa pasar 16,8%, diikuti oleh Vivo, Huawei, dan kemudian Oppo.

Salah satu perubahan terbesar pada tahun 2023 adalah kembalinya Huawei ke peringkat lima besar di Tiongkok selama kuartal keempat, setelah lebih dari dua tahun berada di luar kelompok utama.

Huawei pernah menjadi produsen ponsel pintar terbesar di Cina dan dunia. Namun, bisnis handset raksasa teknologi Cina ini dilumpuhkan oleh sanksi AS yang membuatnya terputus dari teknologi utama seperti semikonduktor dan perangkat lunak.

Namun, tahun lalu, Huawei memulai debutnya dengan sebuah ponsel yang mengandung semikonduktor yang canggih, diproduksi oleh pembuat chip terbesar di Cina, SMIC. Ini merupakan kejutan besar mengingat sanksi Amerika Serikat telah dirancang untuk menghentikan hal ini.

Ponsel baru itu, Mate 60, telah membantu Huawei meraih keuntungan besar di Cina. Pengiriman Huawei tumbuh 36% dari tahun ke tahun pada kuartal Desember dan menguasai 13,9% pangsa pasar. Huawei juga menyingkirkan produsen elektronik Cina, Xiaomi, dari posisi lima besar.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kalahkan Microsoft dan Apple, Nvidia Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

EKONOMI & BISNIS

Jun 19 2024, 06.45

Nilai pasar Nvidia hanya membutuhkan waktu 96 hari untuk naik dari 2 triliun dolar AS menjadi 3 triliun dolar AS.


Generic placeholder image

Hadirkan Fitur AI Terbaru, Saham Apple Langsung Melonjak

EKONOMI & BISNIS

Jun 12 2024, 05.22

Saham Apple naik 7,3 persen dan berakhir pada 207,15 dolar AS.


Generic placeholder image

Gandeng OpenAI, Apple Hadirkan ChatGPT di iPhone

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 11 2024, 07.10

Produsen iPhone ini berusaha meyakinkan investor bahwa mereka tidak kalah dalam pertarungan AI dengan Microsoft.


Generic placeholder image

Apple Pangkas Harga Jual iPhone, Penjualan Langsung Meningkat

EKONOMI & BISNIS

Jun 08 2024, 07.09

Pada kuartal pertama, Apple kehilangan posisi teratas di pasar ponsel pintar negara tersebut karena pengirimannya turun 19%.


Generic placeholder image

Pengguna iPhone di 92 Negara Terancam Serangan Spyware

TEKNOLOGI DIGITAL

Apr 12 2024, 14.00

Serangan atau peretasan ini bukanlah aktivitas kejahatan siber biasa atau malware.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022