Harga Spot Iklan 30 Detik di Super Bowl 2024 Mencapai Rp100 Miliar

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Feb 10 2024, 20.36

Super Bowl bukan saja ajang yang dinanti oleh para pecinta American Football, tapi juga oleh perusahaan besar di dunia. Mereka rela mengeluarkan uang dalam jumlah fantastis untuk spot iklan pendek dengan durasi 30 detik.

Mau tahu berapa uang yang harus disiapkan untuk satu spot iklan di Super Bowl tahun ini yang akan digelar 12 Februari nanti? Angkanya di sekitar 6,5 juta hingga 7 juta dolar AS atau sekitar Rp100 miliar. Padahal, berdasarkan data dari Cornell, harga spot iklan di Super Bowl 2014 hanya 4 juta dolar AS atau sekitar Rp60 miliar.

Lonjakan harga ini menunjukkan seberapa besar pengiklan bersedia membayar untuk menjangkau jutaan orang sekaligus. Padahal, jumlah penonton televisi cenderung menurun seiring meningkatnya platform streaming.

"Super Bowl memberikan kesempatan langka ini, yang memungkinkan para pengiklan untuk menyampaikan pesan mereka kepada jutaan pemirsa secara bersamaan," kata Jura Liaukonyte, seorang profesor pemasaran di Cornell University SC Johnson College of Business dilansir dari laman FoxSports.

Dalam hal periklanan, Super Bowl benar-benar merupakan pertandingan besar. Ini karena ajang itu disaksikan sekitar 100 juta orang sehingga menjadi tempat yang paling pas untuk beriklan.

Liaukonyte menambahkan, iklan yang diputar di Super Bowl akan lebih mudah diingat dan lebih efektif karena disaksikan oleh jutaan pemirsa.

“Kemungkinan alasan perusahaan bersedia membayar mahal untuk iklan adalah karena adanya laba atas investasi sekunder. Anda membayar untuk iklan Super Bowl sekali, tetapi Anda mendapatkan pemirsa, liputan media, dan obrolan di media sosial secara gratis," kata Liaukonyte 

"Peningkatan obrolan dan liputan media ini dimulai sebelum Super Bowl dan berlanjut selama beberapa hari setelah Super Bowl,” ujar dia.

Liaukonyte juga mengatakan bahwa meskipun pemirsa biasanya melewatkan iklan saat menonton TV, ada bukti yang menunjukkan efek sebaliknya selama Super Bowl.

Menurut Liaukonyte, jumlah penonton Super Bowl mulai menurun pada 2015, namun mulai meningkat lagi tahun lalu. Tahun ini, jumlah penonton diperkirakan akan lebih tinggi lagi, karena efek Taylor Swift yang akan tampil di halftime.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Taylor Swift Boyong Tiga Penghargaan Nickelodeon Kid’s Choice

LAINNYA

Jul 14 2024, 16.05

Timothée Chalamet meraih penghargaan Aktor Film Terfavorit untuk perannya sebagai Willy Wonka dalam Wonka.


Generic placeholder image

Taylor Swift Dijadikan Nama Kota di Jerman

LAINNYA

Jul 04 2024, 06.37

Taylor Swift akan menggelar konser selama tiga hari di salah satu kota di Jerman.


Generic placeholder image

Efek Konser Taylor Swift, Bank of England Akan Tunda Penurunan Suku Bunga

EKONOMI & BISNIS

Jun 16 2024, 15.15

Eras Tour memberikan tambahan 1 miliar poundsterling atau lebih dari Rp20 triliun kepada perekonomian Inggris.


Generic placeholder image

Taylor Swift Pesan 250 Sepatu dari Rumah Mode Mewah untuk Konser Eras Tour

LAINNYA

May 25 2024, 17.28

Pelantun lagu Blank Space ini telah bekerja sama dengan rumah mode mewah ini sejak Reputation Tour 2018.


Generic placeholder image

Sambut Eras Tour, Kota Musik Liverpool Berubah Menjadi Taylor Town

LAINNYA

May 22 2024, 05.18

Konser Taylor Swift dorong perekonomian Inggris sekitar Rp20 triliun.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022