Mobil Listrik Buatan Prancis Dipilih Jadi Car of the Year 2024

blog_10

EKONOMI & BISNIS

Feb 26 2024, 20.23

Renault Scenic E-Tech meraih penghargaan bergengsi sebagai Car of the Year 2024, mengalahkan BMW dan Peugeot di posisi teratas dengan total 329 poin. Pemenang Car of the Year diumumkan pada pembukaan Geneva Motor Show, yang kembali ke arena internasional setelah empat tahun absen. 

SUV listrik asal Prancis ini bersaing ketat dengan BMW Seri 5 dan Peugeot 3008, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga, meninggalkan empat model lainnya yaitu BYD Seal, Kia EV9, Toyota C-HR, dan Volvo EX30.

Menurut hasil pemungutan suara, model Renault menjadi favorit di Turki, Hungaria, Prancis, Inggris, Spanyol, Belanda, Italia, Luksemburg, Belgia.

Karena sulitnya menggabungkan ukuran mobil keluarga dan tenaga yang dibutuhkan untuk didukung oleh mesin listrik sepenuhnya, segmen pasar ini masih memiliki ruang untuk berkembang. 

Renault Scenic E-tech disebut sebagai pesaing kuat Tesla Model Y dalam hal harga dan jarak tempuh. Ini karena model merek Prancis ini menawarkan jarak tempuh hingga 379 mil (610 km) dengan baterai listrik jarak jauhnya yang paling kuat. Harga awal di Prancis adalah 39.990 euro.

"Memenangkan penghargaan bergengsi 'The Car of the Year' merupakan kebanggaan bagi semua orang di Renault Group dan merek Renault," kata CEO Renault Fabrice Cambolive dilansir dari laman Euronews.

"Pengakuan ini menunjukkan bahwa kami telah membuat pilihan yang tepat: jarak tempuh yang memecahkan rekor, kelapangan yang luas dan mengundang, semuanya dengan jejak lingkungan yang dikelola dengan baik! Ketika Anda menambahkan kenikmatan berkendara dan peralatan 'voiture à vivre' seperti panoramic sunroof Solarbay baru atau sistem OpenR Link generasi terbaru dengan sistem Google yang terintegrasi, Scenic memiliki semua fitur yang tepat untuk mendukung posisinya di pasar mobil listrik Eropa,” tegas Cambolive.

Setelah empat tahun absen dari kalender acara internasional, terutama karena pandemi COVID-19, Geneva International Motor Show (GIMS) merayakan hari jadinya yang ke-100.  Ini bertepatan dengan ulang tahun ke-60 penghargaan Car of the Year yang berlangsung pada hari pembukaan pameran otomotif tersebut. 

"Setelah absen selama empat tahun, Geneva International Motor Show kembali hadir," kata Alexandre de Senarclens, Presiden penyelenggara Comité Permanent du Salon International de l'Automobile, yayasan nirlaba yang berbasis di Jenewa. 

"Kami sangat senang dapat menyambut kembali para produsen dan pengunjung di Palexpo dengan format yang inovatif. Kami merangkul perjalanan pembangunan kembali yang dinamis dan kewirausahaan, dan ambisi kami adalah membuat pameran ini terus berkembang dari tahun ke tahun,” kata Senarclens.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kembangkan Teknologi Baterei EV, Cina Siapkan Investasi Rp13 Triliun

TEKNOLOGI DIGITAL

Jun 01 2024, 11.21

Baterai ini lebih kecil kemungkinannya untuk terbakar atau meledak dibandingkan baterai konvensional.


Generic placeholder image

BUMN Mulai Pakai Mobil Listrik di Kawasan Industri

EKONOMI & BISNIS

May 31 2024, 05.14

Menteri BUMN Erick Thohir mewajibkan seluruh perusahaan BUMN menggunakan mobil listrik.


Generic placeholder image

Meski Harga Mahal, Masa Depan Mobil Listrik Masih Menjanjikan

EKONOMI & BISNIS

Apr 10 2024, 17.12

Rata-rata mobil listrik dijual dengan harga hampir 5.000 dolar AS lebih mahal daripada harga rata-rata mobil bensin.


Generic placeholder image

Hyundai Akan Pangkas Biaya EV dan Upayakan Peralihan Kendaraan ke SDV

TEKNOLOGI DIGITAL

Mar 22 2024, 06.34

Saat ini sedang terjadinya persaingan harga, karena penyerapan mobil listrik lebih lambat dari perkiraan.


Generic placeholder image

Euforia Mobil Listrik Menurun, Produsen Mobil Kurangi Produksi EV

EKONOMI & BISNIS

Mar 14 2024, 12.43

Pertumbuhan pasar mobil listrikk mulai melambat.


Event Akan Datang

View all events

Related Events

 Apr 05 2022

 Sep 07 2022

 Mar 21 2023

Copyright Katadata 2022