Tips Mengatasi Kurang Tidur Selama Bulan Puasa

blog_10

GAYA HIDUP

Mar 17 2024, 17.54

Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 8 jam setiap harinya. Namun, di bulan puasa, Anda perlu bangun lebih awal untuk makan sahur. Hal ini membuat waktu tidur saat puasa sedikit bergeser, yang dapat menyebabkan Anda jadi kurang tidur.

Mendapatkan tidur yang cukup merupakan hal yang penting, agar tubuh tetap fit dan bugar ketika berpuasa. Tidur yang cukup pun bisa menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kinerja otak, serta memperbaiki suasana hati.

Dikutip dari laman Alodokter, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak kekurangan tidur selama bulan puasa:

1. Tidur lebih cepat

Mengingat ketika puasa kamu harus bangun lebih pagi untuk santap sahur, maka guna menghindari kurang tidur, Anda perlu tidur lebih cepat di malam harinya. Jadi, setelah salat tarawih, menyelesaikan tugas rumah, dan makan malam, sebaiknya segeralah tidur. Sebagai contoh, bila Anda terbiasa tidur pukul 22.00, cobalah untuk tidur satu jam lebih awal. 

2. Sempatkan tidur siang

Bila memungkinkan, sempatkan waktu untuk tidur siang selama maksimal 20 menit. Selain bisa mengatasi kurang tidur saat puasa, tidur siang juga akan membuat Anda lebih berstamina untuk kembali menjalani aktivitas.

3. Perhatikan pola makan

Selektif dalam memilih makanan saat berbuka puasa turut memengaruhi kualitas tidur. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari konsumsi makanan tinggi kalori, terlalu manis atau pedas, serta gorengan yang mengandung banyak minyak saat berbuka.

Pasalnya, makanan-makanan tersebut bisa membuat sistem pencernaan bekerja ekstra untuk mengolahnya dan hal itu berisiko membuat Anda sulit tidur atau bahkan tidur jadi tidak nyenyak.

4. Kurangi asupan kafein

Di waktu berbuka dan sahur, Anda dianjurkan untuk mengurangi asupan kafein, seperti kopi dan teh. Pasalnya, kafein bisa membuat Anda lebih terjaga, tidak mengantuk, dan menghambat produksi hormon yang mengatur tidur, yaitu hormon melatonin.

5. Rutin berolahraga

Berolahraga saat puasa memang dianjurkan. Namun, ada baiknya Anda memilih jenis olahraga yang cocok dilakukan saat puasa dan tidak membuat Anda mudah haus, seperti berjalan kaki, jogging, atau yoga.

Olahraga saat puasa bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, mulai dari mengontrol kadar gula darah tetap stabil, memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, termasuk meningkatkan kualitas tidur.

 

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kualitas Tidur Warga Amerika Menurun akibat Stres yang Meningkat

GAYA HIDUP

Apr 21 2024, 12.40

Hampir setengah dari seluruh orang Amerika, 49%, melaporkan sering mengalami stress.


Generic placeholder image

Kapan Waktu yang Tepat untuk Gosok Gigi saat Berpuasa?

GAYA HIDUP

Apr 06 2024, 13.13

Waktu terbaik untuk gosok gigi saat puasa justru bukan saat tengah berpuasa.


Generic placeholder image

Empat Manfaat Air Mineral bagi Kesehatan Tubuh Saat Berpuasa

GAYA HIDUP

Apr 04 2024, 22.01

Konsumsi air mineral yang cukup dapat membuat kesehatan saluran cerna tetap terjaga.


Generic placeholder image

Sepuluh Tradisi Ramadan yang Unik dan Indah dari Berbagai Negara di Seluruh Dunia

GAYA HIDUP

Apr 01 2024, 12.59

Mesir terkenal dengan lentera-lentera berwarna-warni serta berkilauan, yang dinyalakan pada sore dan malam hari.


Generic placeholder image

Enam Mitos tentang Puasa yang Tidak Benar

GAYA HIDUP

Apr 01 2024, 10.06

Salah satu mitos tentang puasa yang tidak benar adalah puasa bisa memicu stres.


Copyright Katadata 2022