Enam Mitos tentang Puasa yang Tidak Benar

blog_10

GAYA HIDUP

Apr 01 2024, 10.06

Puasa tidak hanya semata-mata dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah saja. Faktanya, puasa sudah dibuktikan bermanfaat bagi kesehatan oleh banyak penelitian dan telah dijadikan salah satu metode diet yang disebut puasa intermiten.

Meski begitu, di balik banyaknya manfaat puasa, masih ada orang yang percaya berbagai anggapan salah tentang dampak berpuasa. Padahal, kebanyakan mitos tentang puasa tidak terbukti kebenarannya.

Dikutip dari laman alodokter, berikut ini adalah enam mitos puasa yang tidak benar:

1. Puasa mengganggu proses metabolisme tubuh

Banyak yang percaya jika makan dengan frekuensi sering bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Dari anggapan inilah puasa dinilai akan mengaktifkan mode kelaparan dan membuat proses metabolisme tubuh jadi lebih lambat.

Padahal, kenyataannya tidak demikian. Menjalani puasa dalam rentang waktu yang tepat dan tidak berlebihan justru bisa meningkatkan metabolisme. Peningkatan metabolisme tentunya akan meningkatkan pembakaran kalori dan lemak. Dengan begitu, bisa terjadi penurunan berat badan.

2. Olahraga saat puasa membuat tubuh jadi lemas

Anggapan ini tidaklah benar. Selama dilakukan dengan cara yang tepat, olahraga saat puasa justru bisa membuat tubuh lebih bugar dan fit, bahkan bisa membantu mengontrol berat badan.

Supaya tidak kelelahan dan mudah haus, pilihlah jenis olahraga dengan intensitas rendah, seperti berjalan kaki, bersepeda santai, atau yoga, dan jangan dilakukan secara berlebihan.

3. Puasa memicu stres dan susah fokus

Puasa dipercaya dapat meningkatkan kadar hormon stres, yaitu kortisol, dan membuat susah fokus akibat tidak adanya asupan karbohidrat. Namun faktanya, kedua anggapan ini tidaklah benar.

Puasa justru bisa menjaga kadar kortisol tetap normal, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, dan menjaga tekanan darah stabil. Jika dilakukan dengan cara yang tepat, puasa juga diketahui bisa menjaga kesehatan otak dan sistem saraf, hingga meningkatkan konsentrasi.

4. Puasa saat menyusui dapat mengganggu pertumbuhan bayi

Jika ibu menyusui dalam keadaan sehat, maka tidak ada salahnya untuk berpuasa. Jumlah ASI yang diproduksi juga tidak akan berkurang, kok.

Selama puasa, tubuh masih bisa menggunakan cadangan lemak guna memproduksi ASI. ASI yang diproduksi selama puasa juga diketahui tidak akan berkurang nilai gizinya, sehingga pertumbuhan bayi tidak akan terganggu. Jadi, ibu menyusui tidak perlu khawatir berlebihan.

5. Puasa bikin makan berlebihan

Tidak sedikit orang yang jadi makan berlebihan saat berbuka puasa. Akibatnya, banyak dari mereka yang merasakan perut kembung hingga mengeluhkan naiknya berat badan.

Padahal, penelitan membuktikan bahwa sebagian besar orang yang berpuasa justru memiliki jumlah asupan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa. Jadi, anggapan bahwa puasa bikin makan jadi berlebihan ini memang sangat tergantung pada masing-masing orang.

6. Sahur boleh dilewatkan

Anggapan satu ini merupakan salah besar. Faktanya, sahur penting untuk dilakukan, karena sahur merupakan bekalmu untuk menjalani puasa selama seharian penuh. Pilihlah menu sahur yang mengandung gizi seimbang, termasuk protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Kapan Waktu yang Tepat untuk Gosok Gigi saat Berpuasa?

GAYA HIDUP

Apr 06 2024, 13.13

Waktu terbaik untuk gosok gigi saat puasa justru bukan saat tengah berpuasa.


Generic placeholder image

Empat Manfaat Air Mineral bagi Kesehatan Tubuh Saat Berpuasa

GAYA HIDUP

Apr 04 2024, 22.01

Konsumsi air mineral yang cukup dapat membuat kesehatan saluran cerna tetap terjaga.


Generic placeholder image

Lima Menu Sahur yang Sehat dan Praktis untuk Ibu Hamil

GAYA HIDUP

Mar 31 2024, 05.46

Ibu hamil membutuhkan energi dan nutrisi lebih banyak agar tetap sehat dan janin bisa tumbuh dengan baik.


Generic placeholder image

Lima Manfaat Puasa bagi Kesehatan Otak Anda

GAYA HIDUP

Mar 28 2024, 08.56

Salah satu manfaat puasa adalah memperbaiki sel otak.


Generic placeholder image

Empat Tanda Anda Harus Segera Membatalkan Puasa

GAYA HIDUP

Mar 26 2024, 15.42

Jangan memaksakan diri untuk terus berpuasa dengan kondisi tubuh tidak memadai.


Copyright Katadata 2022