Berapa Banyak Olahraga Untuk Cegah Obesitas? Studi Katakan Tergantung Pada Genetika

blog_10

GAYA HIDUP

Apr 02 2024, 13.11

Tingkat aktivitas fisik yang diperlukan untuk mencegah obesitas bergantung pada risiko genetik seseorang, demikian temuan sebuah studi baru.

Dilansir dari Medical Daily, jumlah langkah harian yang diperlukan untuk seseorang dengan risiko genetik lebih tinggi terhadap obesitas lebih banyak dibandingkan mereka yang memiliki risiko genetik sedang atau rendah, menurut penelitian yang dipublikasikan di Jama Network.

Untuk memperkirakan hubungan antara risiko genetik indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi dan tingkat aktivitas fisik yang diperlukan untuk mengurangi kejadian obesitas, peneliti menggunakan data genetik dari All of Us Research Program (AoURP). Risiko genetik dari BMI yang lebih tinggi diukur sebagai skor risiko poligenik (PRS) dan aktivitas fisik diukur dalam jumlah langkah harian.

Hasilnya menunjukkan bahwa PRS yang lebih tinggi dan jumlah langkah harian yang lebih rendah masing-masing berhubungan dengan peningkatan risiko obesitas.

Individu dalam PRS persentil ke-75 perlu berjalan sekitar 2.280 langkah ekstra setiap hari agar risikonya sebanding dengan persentil ke-50. Sementara itu, mereka yang berada di persentil ke-25 dapat melakukannya dengan jumlah langkah lebih sedikit sebanyak 3.660 langkah.

“Genetika Anda bukanlah takdir Anda sehubungan dengan risiko obesitas. Kami menunjukkan bahwa risiko genetik yang tinggi terhadap obesitas dapat diatasi dengan tingkat aktivitas yang lebih tinggi, yang menurut saya merupakan pesan yang memberdayakan,” kata penulis utama, Evan Brittain, dari Vanderbilt University, Pusat Medis di Nashville, Tennessee, dikutip pada Selasa (2/4/23).

Namun, sebagian besar pedoman aktivitas fisik mengikuti pendekatan 'satu ukuran untuk semua' tanpa mempertimbangkan risiko genetik. 

“Salah satu pesan utama dari penelitian ini adalah bahwa risiko obesitas dan seberapa banyak aktivitas yang diperlukan untuk mencegahnya sangat bervariasi di seluruh spektrum genetik. Oleh karena itu, pedoman kesehatan masyarakat mungkin meremehkan jumlah aktivitas yang diperlukan untuk mencegah obesitas pada individu dengan obesitas. risiko genetik yang lebih tinggi,” kata Brittain.

Para peneliti berharap temuan mereka akan membawa masyarakat lebih dekat ke masa depan di mana rekomendasi aktivitas disesuaikan dengan individu berdasarkan latar belakang genetik mereka.

“Pasien dan dokter mereka semakin mendapatkan akses terhadap informasi genetik yang mungkin memiliki kepentingan klinis. Di masa depan, saya menduga dokter akan dapat memanfaatkan informasi ini untuk memberikan 'resep' yang lebih personal untuk aktivitas mencegah obesitas dan penyakit kronis lainnya. dikaitkan dengan perilaku menetap," jelas Brittain.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Paparan Cahaya Terang di Malam Hari Tingkatkan Risiko Diabetes

GAYA HIDUP

Jul 02 2024, 22.20

Peneliti menemukan bahwa paparan cahaya antara pukul 12:30 dan 6 pagi, terkait dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 67%.


Generic placeholder image

Wanita Lebih Sering Insomnia, Berikut Tips Tidur Sehat Bagi Segala Usia

GAYA HIDUP

Jun 27 2024, 14.18

40% wanita lebih mungkin mengalami insomnia dibandingkan pria.


Generic placeholder image

Pengangkatan Ovarium Dini Dapat Mempengaruhi Kesehatan Otak Wanita

GAYA HIDUP

Jun 25 2024, 09.39

Penelitian ini melibatkan 22 peserta yang menjalani ooforektomi bilateral pramenopause (PBO) – pengangkatan kedua ovarium – sebelum usia 40 tahun.


Generic placeholder image

Kasus Kanker Penis Meningkat di Seluruh Dunia! Kenali Gejalanya

GAYA HIDUP

Jun 24 2024, 18.54

Para peneliti juga mengamati peningkatan insiden kanker penis standar usia di 15 negara.


Generic placeholder image

Latihan Ini Dapat Mempertahankan Kekuatan Kaki Pada Pensiunan

GAYA HIDUP

Jun 20 2024, 10.02

Massa dan fungsi otot rangka menurun secara alami seiring bertambahnya usia, yang memengaruhi mobilitas dan otonomi.


Copyright Katadata 2022