Inilah Tiga Hal yang Ingin Dilakukan Wisatawan pada 2024
GAYA HIDUP
Dec 03 2023, 20.21
Seiring dengan meningkatnya hasrat berlibur ke luar negeri, 64% wisatawan global mengungkapkan keinginan mengurangi pengeluaran pribadi untuk memprioritaskan perjalanan wisata pada 2024. Menurut survei Hilton baru-baru ini, hal tersebut berlaku untuk Gen Z dan milenial.
Laporan tren terbaru Hilton, yang menampilkan wawasan global dari lebih dari 10.000 wisatawan di sembilan negara, menyelidiki preferensi perjalanan yang berbeda di seluruh generasi, mulai dari Gen Z hingga baby boomer.
Laporan ini juga menyoroti tema yang sama: 2024 akan menjadi tahun yang penuh dengan pengalaman yang menghubungkan para pelancong satu sama lain dan juga dengan budaya lain. Mulai dari menikmati sajian makanan dan minuman yang unik hingga mengisi ulang tenaga dengan fasilitas tidur dan relaksasi yang inovatif, para pelancong akan mencari petualangan baru di tahun depan.
Dikutip dari laman USA Today, berikut adalah tiga cara yang direncanakan oleh setiap generasi untuk menikmati tempat-tempat baru pada 2024 dan seterusnya.
1. Menikmati makanan dan minuman yang manis dan gurih
Pada 2024, para pelancong berencana untuk berbelanja secara royal, termasuk makanan dan minuman dari seluruh dunia. Hampir setengah (49%) responden sangat antusias untuk memprioritaskan pengalaman bersantap ketika menyusun anggaran untuk perjalanan.
Selain itu, 86% wisatawan dari berbagai generasi menyatakan ketertarikannya untuk menikmati hidangan lokal dan regional dan 82% lainnya menyatakan bahwa mereka menghargai kenyamanan restoran hotel yang sangat baik.
Namun, jiwa petualang Gen Z dan generasi milenial lebih dari sekadar menjelajahi kuliner lokal, karena mereka juga mencari keseruan di bar. Sekitar tiga perempat dari Gen Z dan milenial mencari bar hotel yang unik selama perjalanan mereka - dan mereka mencari lebih dari sekadar koktail biasa.
Gerakan zero-proof juga terus mendapatkan momentum di seluruh generasi secara global dengan para pelancong yang menjadi lebih kreatif dalam mencari koktail, seperti memilih minuman dan koktail yang rendah atau tidak beralkohol.
2. Mendambakan koneksi satu sama lain dan dengan warisan budaya
Keinginan untuk terhubung kembali dengan keluarga dan teman diperkirakan akan mendorong hampir setengah (45%) dari rencana perjalanan pada 2024, melampaui batas-batas generasi.
Di semua kelompok usia, 2 dari 5 wisatawan ingin belajar tentang budaya atau destinasi yang berbeda, sementara 32% dari generasi milenial dan 26% dari Gen Z ingin terhubung dengan merangkul warisan budaya mereka sendiri.
"Setiap tahun, kami berusaha memahami pergeseran kebutuhan wisatawan dan, terlepas dari semua perubahan teknologi di sekitar kita, kami terus melihat kekuatan hubungan langsung dengan keluarga dan teman sebagai pendorong utama perjalanan. Kami berupaya memberikan pengalaman menginap terbaik setiap saat dan memastikan merek kami terus berkembang untuk memungkinkan para tamu menciptakan kenangan dan koneksi yang tak terlupakan,” kata Matt Schuyler, chief brand officer Hilton.
3. Mempercepat petualangan saat bepergian
Memasuki 2024, industri perhotelan mengantisipasi peningkatan minat terhadap destinasi yang menawarkan aktivitas unik di alam dan komunitas lokal. Dengan banyaknya wisatawan yang mencari pengalaman luar ruangan yang tak terlupakan, kegiatan yang memacu adrenalin diperkirakan akan mendominasi rencana perjalanan, dengan hampir separuh dari semua usia memprioritaskan pengalaman eksplorasi pada liburan mereka berikutnya.
2 dari 5 Gen Z mengatakan bahwa sangat penting bagi mereka untuk merasakan sesuatu yang baru saat bepergian, dan lebih dari setengahnya menyatakan bahwa penjelajahan adalah prioritas utama untuk anggaran perjalanan mereka.