Studi: Diet Mediterania Tingkatkan Kesuburan Pria

blog_10

GAYA HIDUP

Dec 25 2023, 16.35

Sebuah studi terbaru dari Italia mengungkapkan bahwa diet Mediterania dapat memberikan efek menguntungkan pada kesuburan pria. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Science ini mengeksplorasi berbagai penyebab ketidaksuburan pria. Studi ini menunjukkan dengan tepat bagaimana pola makan memainkan peran penting dalam meningkatkan kapasitas reproduksi pria.

Para peneliti menyarankan bahwa diet yang tepat untuk pria harus mencakup beragam bahan penting, mirip dengan yang ditemukan dalam diet Mediterania.

“Diet Mediterania melibatkan sejumlah besar sayuran dan buah-buahan yang kaya akan zat detoksifikasi dan antioksidan," kata para peneliti dalam sebuah diskusi tentang temuan tersebut, dilansir dari laman New York  Post.

Penelitian ini melibatkan 50 pria kurang subur yang diberikan rencana nutrisi khusus yang terdiri dari 80% makanan organik. Rencana nutrisi itu juga memperkenalkan biji-bijian dan pilihan beban glikemik rendah (yang memiliki dampak minimal pada kadar gula darah), daging yang diberi makan rumput dan makanan laut yang ditangkap di alam liar, dan asupan harian sayuran hijau dan buah-buahan merah.

Selain itu, mereka juga menghilangkan karbohidrat olahan dan lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Para pria, yang berusia 35 hingga 45 tahun, mengikuti diet ini selama tiga bulan dan dievaluasi antara November 2020 dan Oktober 2021.

Ternyata, para pria yang bertahan dengan pola makan yang terinspirasi dari Mediterania mengalami peningkatan kadar testosteron yang signifikan.

"Kontribusi pria terhadap kesuburan pasangan adalah penting dan temuan penelitian ini menggarisbawahi pentingnya variasi diet dan penyertaan makanan organik dalam mencapai tujuan ini," tulis para peneliti.

Meskipun ukuran penelitian terbatas, para peneliti mengatakan bahwa temuan ini menekankan pentingnya mengonsumsi makanan berkualitas untuk kesehatan fisik dan psikologis.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Berikut Daftar Kulit Buah dan Sayuran Terbaik untuk Dimakan

GAYA HIDUP

May 06 2024, 11.03

Banyak kulit buah dan sayuran kaya akan nutrisi tambahan seperti kalium dan magnesium, serta dapat meningkatkan nilai gizi.


Generic placeholder image

Ingin Diet? Perhatikan Asupan Kalori Daripada Waktu Makan

GAYA HIDUP

Apr 22 2024, 16.43

Makan dengan batasan waktu, juga dikenal sebagai puasa intermiten.


Generic placeholder image

Makanan Rendah Karbohidrat yang Berbahan Dasar Daging Bisa Menaikkan Berat Badan

GAYA HIDUP

Dec 28 2023, 08.01

Mereka yang menerapkan diet rendah karbohidrat tidak sehat sebagai strategi utama, rata-rata mengalami kenaikan berat badan sekitar 2,3 kg.


Generic placeholder image

Studi Ungkap Puasa Intermitten Paling Ideal 14 Jam, Ini Alasannya

GAYA HIDUP

Dec 11 2023, 10.10

Puasa intermiten atau membatasi konsumsi makanan Anda dalam jangka waktu tertentu adalah pendekatan yang populer untuk menurunkan berat badan.


Generic placeholder image

Empat Manfaat Beras Shirataki untuk Kesehatan

GAYA HIDUP

Sep 18 2023, 07.29

Beras shirataki merupakan jenis beras yang terbuat dari umbi tanaman konjac.


Copyright Katadata 2022