Berikut Daftar Kulit Buah dan Sayuran Terbaik untuk Dimakan

blog_10

GAYA HIDUP

May 06 2024, 11.03

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis buah dan sayuran yang kulitnya bisa dimakan langsung. Kulit yang merqp dibuang itu bisa dianggap harta karun karena memiliki nutrisi, vitamin, dan serat.

Dilansir dari laman Verrywell Health, Michelle Routhenstein, RD, Ahli Diet Kardiologi Preventif, mengatakan bahwa banyak kulit buah dan sayuran kaya akan nutrisi tambahan seperti kalium dan magnesium, serta dapat meningkatkan nilai gizi dari diet Anda

Kendati demikian, tidak semua kulit buah dan sayuran aman untuk dimakan. Misalnya, kulit mangga mengandung urushiol, senyawa yang sama yang ditemukan dalam poison ivy, yang dapat memicu reaksi alergi pada orang yang rentan. Kulit beberapa buah eksotis, seperti leci, mengandung racun yang bisa berbahaya jika tertelan.

Berikut adalah kulit buah dan sayuran yang dapat membantu Anda mendapatkan nutrisi ekstra dan mengurangi limbah makanan, menurut para ahli diet.

1. Kiwi

Routhenstein mengatakan kulit kiwi kaya akan serat dan menyediakan dosis ekstra nutrisi penting seperti vitamin E, C, dan polifenol.

Ada beberapa penelitian untuk mendukung klaim tentang manfaat kesehatan dari kulit kiwi. Sebuah studi tahun 2020 melihat efek dari makan tiga buah kiwi SunGold, yakni varietas dengan kulit halus dan daging berwarna emas, baik dengan dan tanpa kulit. Hasil menunjukkan makan kulit kiwi tampaknya menghasilkan peradangan yang lebih rendah dan efek menguntungkan pada kesehatan pencernaan.

2. Tomat
"Kulit tomat kaya akan antioksidan likopen, yang membantu meningkatkan kolagen dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, membuat kulit lebih halus dan awet muda," kata Wan Na Chun, RD, Pemilik One Pot Wellness yang berbasis di Indianapolis, mengatakan kepada Verywell.

Kulit tomat memiliki 2,5 kali lebih banyak likopen daripada pulpnya. Dalam hal mikronutrien, kulit tomat juga menawarkan banyak, termasuk seng, mangan, dan tembaga.

3. Jeruk
Makan kulit jeruk dianggap sebagai pilihan bergizi karena mengandung konsentrasi serat, vitamin, dan antioksidan yang tinggi. Kulitnya mengandung lebih banyak serat daripada buah di dalamnya, yang membantu pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus.

Selain itu, kulit jeruk kaya akan vitamin C dan berbagai bioflavonoid, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kulit jeruk juga memiliki antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan kesehatan kulit.

"Manfaat signifikan dari kulit jeruk adalah polifenol, seperti limonene yang ditemukan dalam lemon," Mandy Enright, RDN, mengatakan kepada Verywell.

Sebuah studi tahun 2020 juga menunjukkan senyawa spesifik dalam buah jeruk, yakni flavon polimetoksilasi dan flavanon, yang mungkin memiliki efek perlindungan terhadap demensia.

4. Kentang
"Kulit kentang adalah pembangkit tenaga nutrisi lainnya, mengandung kadar vitamin C, kalium, folat, magnesium, dan fosfor yang lebih tinggi dibandingkan dengan kentang yang dikupas," kata Chrissy Arsenault, RDN, Ahli Diet Terdaftar di Akademi Pelatih, kepada Verywell. "L

“Mereka juga menyediakan serat tambahan, berkontribusi pada kesehatan usus dan rasa kenyang,” ia menambahkan.

Kulit kentang juga mengandung banyak senyawa biofungsional. Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa ekstrak kulit kentang merangsang sintesis kolagen tipe I, efek yang mungkin memiliki manfaat anti-penuaan. Kulit kentang juga telah terbukti memiliki aktivitas antimikroba dan antioksidan.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa lihatlah warna kulit kentang dengan cermat. Kentang hijau mengandung solanin, racun alami yang dapat menyebabkan mual, sakit kepala, dan dalam kasus yang parah, masalah neurologis.

5. Wortel
Arsenault mengatakan bahwa kulit wortel adalah pembangkit tenaga nutrisi yang tidak boleh diabaikan.

“Kulit ini kaya akan serat, antioksidan seperti beta-karoten dan poliasetilen, dan fitonutrien bermanfaat lainnya. Beta-karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A, sangat penting untuk menjaga penglihatan, kulit, dan kekebalan yang sehat,” katanya.

Antioksidan dalam kulit wortel dapat membantu melindungi sel Anda dari kerusakan, berpotensi mengurangi risiko penyakit kronis dan bahkan kanker. Satu-satunya peringatan, pastikan untuk mencuci secara menyeluruh dengan pencuci sayuran sebelum mengkonsumsi.

6. Apel
Di antara berbagai kulit buah yang dapat dikonsumsi, kulit apel menonjol sebagai salah satu yang paling bermanfaat. Ini adalah sumber vitamin dan mineral yang bagus, terutama vitamin C dan kalium, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Kulit apel juga dikemas dengan konsentrasi serat yang tinggi, berkontribusi pada pencernaan dan manajemen berat badan yang lebih baik. Mereka juga mengandung antioksidan penting dan senyawa tanaman (seperti quercetin, katekin, dan asam klorogenat) yang dapat membantu mencegah penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan jantung.

7. Anggur

Kulit anggur adalah sumber antioksidan yang kaya, termasuk resveratrol, antosianin, dan flavonoid. Senyawa ini dikenal karena kemampuannya untuk melawan stres oksidatif dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Resveratrol, khususnya, telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mendukung kesehatan jantung dan menawarkan perlindungan terhadap jenis kanker tertentu.10 Selain itu, serat yang ditemukan dalam kulit anggur mempromosikan mikrobioma usus yang sehat.

8. Semangka
Semangka memiliki kulit yang penuh nutrisi dan dapat dimakan. Ini sedikit kurang manis dari dagingnya dan memiliki kerenyahan yang memuaskan.

Kulitnya mengandung citrulline, asam amino yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Ini juga dikemas dengan serat, yang meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Cangkang semangka juga dikemas dengan vitamin C dan B6, yang penting untuk sistem kekebalan yang kuat dan dapat mendukung fungsi otak.

Untuk memasukkan kulit semangka ke dalam makanan Anda, pertimbangkan untuk mengasinkannya atau menambahkannya ke tumis. Kulitnya juga dapat dicampur menjadi smoothie untuk meningkatkan nutrisi ekstra. Untuk pilihan yang lebih sederhana, Anda dapat memotong kulitnya dan menambahkannya ke salad. Langkah ini meningkatkan nutrisi dalam hidangan Anda dan membantu meminimalkan limbah makanan.

Sebelum makan, cuci semangka secara menyeluruh untuk menghilangkan pestisida atau kotoran dari kulit.

Penulis : Maidian Reviani

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Empat Dampak Negatif Minum Jus Buah yang Sering Dianggap Sehat

GAYA HIDUP

Apr 25 2024, 14.11

Kalori dalam jus buah lebih padat daripada buah utuh, karena sering kali dibutuhkan beberapa buah untuk menghasilkan segelas jus.


Generic placeholder image

Ingin Diet? Perhatikan Asupan Kalori Daripada Waktu Makan

GAYA HIDUP

Apr 22 2024, 16.43

Makan dengan batasan waktu, juga dikenal sebagai puasa intermiten.


Generic placeholder image

Makanan Rendah Karbohidrat yang Berbahan Dasar Daging Bisa Menaikkan Berat Badan

GAYA HIDUP

Dec 28 2023, 08.01

Mereka yang menerapkan diet rendah karbohidrat tidak sehat sebagai strategi utama, rata-rata mengalami kenaikan berat badan sekitar 2,3 kg.


Generic placeholder image

Studi: Diet Mediterania Tingkatkan Kesuburan Pria

GAYA HIDUP

Dec 25 2023, 16.35

Studi ini menunjukkan dengan tepat bagaimana pola makan memainkan peran penting dalam meningkatkan kapasitas reproduksi pria.


Generic placeholder image

Studi Ungkap Puasa Intermitten Paling Ideal 14 Jam, Ini Alasannya

GAYA HIDUP

Dec 11 2023, 10.10

Puasa intermiten atau membatasi konsumsi makanan Anda dalam jangka waktu tertentu adalah pendekatan yang populer untuk menurunkan berat badan.


Copyright Katadata 2022