Studi: Memiliki Hewan Peliharaan Bisa Kurangi Risiko Demensia

blog_10

GAYA HIDUP

Dec 27 2023, 11.11

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 55 juta orang di seluruh dunia menderita demensia dan hampir 10 juta kasus baru setiap tahunnya. Penyakit Alzheimer adalah bentuk demensia yang paling umum, yang saat ini menjadi penyebab kematian nomor 7.

Gejala awal demensia meliputi pelupa, bingung, lupa waktu, salah menilai jarak, merasa cemas, perubahan kepribadian, perilaku yang tidak sesuai dan banyak lagi.

Para peneliti dari Universitas Sun Yat-sen di Guangzhou, Cina, menemukan bahwa kepemilikan hewan peliharaan dapat dikaitkan dengan tingkat demensia yang lebih lambat.

Studi yang dipublikasikan di JAMA Network Open, menentukan bahwa memiliki hewan peliharaan membuat perbedaan dalam ingatan verbal dan kefasihan di antara orang dewasa yang tinggal sendiri.

Penulis studi tersebut, profesor Ciyong Lu, mengatakan dalam studi tersebut bahwa tingkat penurunan memori verbal dan kefasihan yang lebih lambat terlihat pada mereka yang tinggal sendirian, tetapi tidak pada mereka yang tinggal bersama orang lain.

"Kepemilikan hewan peliharaan mengimbangi hubungan antara tinggal sendiri dan penurunan tingkat memori verbal dan kefasihan verbal," kata Lu dikutip dari laman New York Post.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 7.900 partisipan yang berusia di atas 50 tahun, dengan sekitar 35% di antaranya memiliki hewan peliharaan dan 27% di antaranya tinggal sendiri.

Dalam penelitian tersebut, Lu mengatakan bahwa mereka yang tinggal sendirian dengan hewan peliharaan menunjukkan tingkat yang lebih lambat dalam mengembangkan tanda-tanda demensia.

"Temuan ini menunjukkan bahwa kepemilikan hewan peliharaan dapat dikaitkan dengan penurunan kognitif yang lebih lambat di antara orang dewasa yang lebih tua yang tinggal sendirian," kata Lu.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

90% Jemaah Haji Indonesia yang Dirawat di Klinik Mengalami Demensia

LAINNYA

Jun 16 2024, 17.49

Demensia adalah kondisi sindrom penyakit gangguan otak yang bersifat jangka panjang/kronis.


Generic placeholder image

Melahirkan Bayi dengan Berat Badan Rendah Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

GAYA HIDUP

Jun 13 2024, 16.03

Para peneliti menemukan bahwa individu yang melahirkan bayi dengan berat kurang dari 5,5 pon berisiko lebih tinggi mengalami masalah memori dan kognitif di kemudian hari.


Generic placeholder image

Dapatkah Pekerjaan Anda Melindungi Otak dari Demensia? Ini Penjelasannya

GAYA HIDUP

May 20 2024, 11.12

Pekerjaan yang melibatkan stimulasi mental, termasuk di bidang pendidikan dan teknik, dapat membantu membangun cadangan kognitif.


Generic placeholder image

Memelihara Kucing Bisa Meredakan Stres dan Tingkatkan Kesehatan Mental

GAYA HIDUP

May 11 2024, 15.51

Studi menunjukkan anak-anak yang tumbuh besar bersama hewan peliharaan di rumah berisiko lebih kecil untuk terkena alergi.


Generic placeholder image

Studi: Duduk Sepanjang Hari Tanpa Istirahat Meningkatkan Risiko Kematian

GAYA HIDUP

May 08 2024, 07.10

Juga menimbulkan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kondisi metabolisme dan banyak lagi.


Copyright Katadata 2022