Efek Perubahan Iklim, Tinggi Gunung Mont Blanc Menyusut 2 Meter

blog_10

LAINNYA

Oct 09 2023, 07.43

Gunung tertinggi di Prancis, Mont Blanc, telah menyusut lebih dari dua meter dalam dua tahun terakhir. Kepala geometer di departemen Haute-Savoie di Prancis tenggara.Jean des Garets mengatakan, penurunan 2,22 meter ini bisa jadi disebabkan oleh curah hujan yang lebih rendah selama musim panas. 

Puncak berbatu gunung ini memiliki ketinggian 4.792 meter di atas permukaan laut. Namun lapisan es dan saljunya yang tebal bervariasi ketinggiannya dari tahun ke tahun, tergantung pada angin dan cuaca.

Para peneliti telah mengukurnya setiap dua tahun sekali sejak 2001, dengan harapan dapat mengumpulkan informasi tentang dampak perubahan iklim di Pegunungan Alpen.

"Kami mengumpulkan data untuk generasi mendatang. Kami di sini bukan untuk menafsirkannya. Orang-orang seharusnya tidak menggunakan pengukuran ketinggian "untuk mengatakan hal yang tidak benar,” kata Garets dikutip dari laman Channel News Asia.

Puncak tertinggi Mont Blanc yang tercatat adalah pada 2007, yaitu 4.810,90 m Penurunan satu meter diukur pada 2021 dibandingkan pada 2017. 

"Ketinggian Mont Blanc telah berfluktuasi sejak dahulu kala," kata para ahli geometri.

Dalam setahun, angin musim dingin yang kencang biasanya mengikis lebih banyak salju dibandingkan musim panas, yang berarti puncaknya lebih tinggi saat musim gugur dimulai dibandingkan awal musim semi.

"Kami telah belajar banyak dari kampanye pengukuran ini. Kami tahu bahwa puncak gunung terus berubah ketinggian dan posisinya, dengan perubahan hingga lima meter," kata des Garets.

Pencairan yang lebih cepat telah diamati di gletser Alpen sebagai akibat dari perubahan iklim. Gletser di Eropa yang sebagian besar berada di ketinggian yang lebih rendah dibandingkan tempat lain di dunia sangat rentan terhadap pemanasan global. 

Menurut data ilmiah, gletser kehilangan sekitar sepertiga volumenya antara 2000 dan 2020. Tahun lalu, para ahli glasiologi meyakini bahwa hingga 7 persen massa gletser yang tersisa mungkin telah lenyap.

Penulis : Doddy Rosadi

Editor : Doddy Rosadi


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Indonesia Hadapi Tantangan Perubahan Iklim Melalui Pemanfaatan Energi Panas Bumi

LAINNYA

Jul 11 2024, 07.41

Transisi energi menuju energi terbarukan juga telah muncul sebagai solusi penting dalam menghadapi tantangan global yang mendesak.


Generic placeholder image

Program K3 Nasional dan Budaya K3 Penting untuk Antisipasi Dampak Perubahan Iklim

LAINNYA

Apr 25 2024, 14.06

Perubahan iklim tidak berdiri sendiri dan bisa memengaruhi pekerja dan juga bisnis.


Generic placeholder image

Kondisi Hutan Hujan Amazon di Brasil Mendekati Titik Kritis

LAINNYA

Feb 15 2024, 18.21

47 persen luas hutan hujan Amazon terancam kekeringan dan kebakaran.


Generic placeholder image

2023, Suhu Bumi Terpanas dalam 125 Ribu Tahun Terakhir

LAINNYA

Jan 01 2024, 20.41

Organisasi Meteorologi Dunia memperkirakan periode lima tahun 2023-2027 akan menjadi periode lima tahun terpanas yang pernah tercatat.


Generic placeholder image

Mengatasi Dampak Krisis Iklim dengan Kecerdasan Buatan

TEKNOLOGI DIGITAL

Nov 28 2023, 14.40

ClimateAi, sedang mengembangkan platform AI untuk mengevaluasi seberapa rentan tanaman terhadap kenaikan suhu dalam dua dekade mendatang.


Copyright Katadata 2022