Tempat Ini Tawarkan Wisata Religi Seperti di Mekkah dan Madinah

blog_10

LAINNYA

Feb 12 2024, 14.15

Tempat manasik haji Firdaus Fatimah Zahra merupakan salah satu destinasi wisata religi di Jawa Tengah yang ramai dikunjungi, terutama saat bulan haji, karena bangunan di tempat ini menawarkan suasana yang terinspirasi dari Mekkah dan Madinah.

Firdaus Fatimah Zahra adalah milik PT. Fatimah Zahra yang didirikan oleh H. Achmad Aidy Chariri, dan merupakan satu organisasi yang bergerak di bidang ibadah haji dan umroh. Dulunya, tempat ini hanya untuk manasik haji dan umroh jamaah Fatimah Zahra sendiri, namun sekarang biro umroh lain banyak yang melakukan manasik di sini. Bahkan, masyarakat umum semakin banyak yang datang untuk berwisata. 

Lokasi persis Firdaus Fatimah Zahra ini ada di Jalan Muntal, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Gunungpati, Semarang, dan merupakan tempat manasik haji termegah di Jawa Tengah, yang dibangun di atas tanah seluas sekitar 3 hektar.

Tempat manasik eksklusif ini merupakan miniatur Kota Mekkah dan Madinah yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya, agar para pengunjung dapat merasakan pengalaman berada di Tanah Suci Mekkah, seolah-olah melaksanakan ibadah haji dan umroh yang sebenarnya.

Saat mengunjungi Firdaus Fatimah Zahra ini, para pengunjung akan masuk melalui pintu gerbang besar yang megah. Terus masuk ke dalamnya, para pengunjung diharuskan berbaris antri seperti di bandara, dan usai pengecekan tiket masuk, para pengunjung akan berada di dalam replika Bandara King Abdul Azis, yang di dalamnya disediakan ruang tunggu, mushola, toilet, dan kafe makanan halal yang semuanya dibuat benar-benar mirip dengan aslinya.

Saat sudah berada di dalam, para pengunjung akan dipandu oleh pemandu manasik yang akan menjelaskan segala replika yang ada di dalamnya, dan apa yang semestinya dilakukan oleh para pengunjung.

Firdaus Fatimah Zahra dilengkapi dengan gedung pertemuan Achmad Aidy Chariri, replika Tugu Jam Masjidil Haram, replika Masjidil Haram, replika Hajar Aswad, replika Maqom Ibrahim, replika Hijr Ismail, replika Masjid Nabawi, replika tempat Sai, replika bandara King Abdul Azis dan imigrasi Arab Saudi. 

Selain itu, ada pula replika kota-kota di Arab Saudi, replika Padang Arafah, perkemahan Mina, Jamarat Mina, replika kebun kurma, replika Jabal Rahmah, dan replika Raudhah.

Tak hanya menyuguhkan replika Masjidil Haram, Firdaus Fatimah Zahra juga menyediakan toko-toko souvenir dan oleh-oleh khas Negeri Raja Salman tersebut, mulai dari mukena, peralatan minum dari tembaga khas milik orang-orang Arab, hingga buah kurma dan kismis. Disediakan pula kafetaria yang menjual makanan Arab dan Indonesia.

Firdaus Fatimah Zahra buka dari jam 08.00-16.00 WIB, dengan tarif masuk bervariasi, dari Rp40.000, Rp45.000 dan Rp50.000 per orang. Yang menarik, tiket masuk ke tempat manasik eksklusif ini berbentuk buku paspor bersampul ungu, yang di dalamnya terdapat gambar replika-replika Kota Mekkah dan Madinah disertai penjelasannya.

Penulis : Dewi Mariya Ulfah

Editor : Maidian Reviani


RELATED ARTICLES AND VIDEOS

Generic placeholder image

Intip Kemegahan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dan Kisah di Baliknya

LAINNYA

Feb 15 2024, 10.45

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo tak pernah sepi pengunjung yang selalu berdatangan setiap hari dari seluruh penjuru Tanah Air.


Generic placeholder image

Danau Toba, Pesona Menawan Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

LAINNYA

Feb 03 2024, 09.51

Danau yang megah ini dikelilingi oleh banyak pulau, terletak di bagian tengah Sumatera bagian utara.


Generic placeholder image

Enam Kota Tua di Indonesia yang Unik dan Nyaman untuk Liburan

LAINNYA

Jan 11 2024, 11.43

Kota tua kekayaan negara yang menyimpan banyak pengetahuan untuk dipelajari.


Generic placeholder image

Lima Destinasi Wisata di Malang yang Layak Dikunjungi

GAYA HIDUP

Dec 27 2023, 06.02

Lima destinasi wisata ini punya keunikan sendiri dan yang pasti Instagrammable.


Copyright Katadata 2022